Inilah Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terdeteksi

Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Tidak Terbaca – Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Hardisk merupakan sebuah media yang fungsinya untuk menyimpan file di dalam komputer/Laptop. Sampai sekarang ini, Hardisk tersebut masih menjadi salah satu alat untuk penyimpanan data yang kerap kali digunakan oleh banyak orang jika dibandingkan dengan SSD.

Hal tersebut karena kapastas yang diberikan hardisk itu biasanya lebih besar serta harganya pun bisa diblang lebih terjangkau dibandingkan dengan SSD. Selama penggunaan Hardisk Anda pun pasti pernah mengalami bahwa hardisk yang digunakan kadang bermasalah. Salah satunya adalah tidak terbaca.

Namun jangan tergesa – gesa mengambil keputusan untuk membeli yang baru pasalnya bisa saja permasalan hardisk tersebut dapat diperbaiki dengan berbagai cara alternatif. Dibawah ini. namun sebelum itu kita harus tahu dulu apa saja penyebab hardisk tidak terbaca. Simak ulasannya hingga selesai.

Inilah Beberapa Penyebab Hardisk Eksternal Tidak Terbaca.

1 . Kabel Hardisk Rusak / Bermasalah

Hal yang kerap kali terjadi kenapa hardisk eksternal yang Anda miliki tidak terbaca itu adalah pada kabelnya. Nah Kabel USB tentunya sangat diperlukan untuk menghubungkan HDD ke Perangkat. Apabila kabelnya rusak ataupun bermasalah, maka bisa membuat HDD tersebut tidak dapat terbaca.

2 . Windos Tidak Mengenali Drive.

Selain itu bisa juga Windows atau perangkat Anda tidak mengenali HDD eksternal Anda ketika disambungkan. Ketika hal tersebut terjadi, umumnya terdapat pada pengaturan sistem yang memang salah.

3 .  Casing Hardisk Bermasalah / Longgar

Dalam casing terdapat port SATA dengan converter pada USB. Anda bisa membayangkannya apabila casing tersebut longgar. Yang dimana secara otomatis HDD yang Anda miliki tidak akan terdeteksi. Lebih luasnya lagi, bisa saja casing hardisk eskternal Anda yang bermasalah.

Cara Menghilangkan Garis Bawah Merah di Word Berbagai Versi

Terlebih lagi apabila Anda menggunakan hardisk atau casing hardiskmu dengan harga yang murah jika dibandingkan dengan hardisk pada umumnya.

4 . Listrik Mati ?

Mungkin beberapa diantara Anda mempertanyakan kenapa hardisk bisa rusak karena listrik mati ? namun faktanya memang benar. Bahwa ketika hardisk tersebut tiba – tiba tidak berjalan atau terbaca karena aliran listrik tiba – tiba mati, dapat membuat HDD rusak bahkan lebih parah lagi rusak permanen.

5 . Hardisk Sudah Tua / Lama

Penyebab hardisk tidak terbaca selanjutnya adalah karena hardisk itu sudah tua atau sudah lama Anda gunakan. Perlu Anda ketahui bahwa hardisk tersebut dapat rusak apabila tidak di rawat dengan baik dengan cara mengeceknya menggunakan antivirus atau menggunakan software pembersih secara berkala.

Namun selain itu, hardisk pun tentunya bsia rusak apabila sudah bertahun – tahun Anda gunakan. Lebih dari 5 tahun penggunaan bisa saja rusak apalagi tidak dirawat dengan baik.

6 . Terjatuh/ terbentur

Anda harus tahu bahwa hardisk itu merupakan sebuh komponen yang bisa dibilang rentan dengan guncangan. Apabila jatuh maupun terbentur dengan keras maka bisa membuat drivenya menjadi bad sector. Oleh karena itu, jagalah baik – baik hardisk eksternal yang Anda miliki, seberapapun kapasitasnya.

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Yang Tidak Terbaca

Diatas tadi adalah beberapa dari sekian banyak penyebab kenapa hardisk Anda sekarang tidak terbaca pada perangkat yang Anda gunakan. Untuk selanjutnya kita masuk ke beberapa cara memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terbaca. Simak ulasannya hingga selesai.

1 . Hardisk Tidak Terbaca Disebabkan Driver Bermasalah

Inilah Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terdeteksi

Perlu Anda ketahui bahwa sebuah driver yang tidak mendukung sistem operasi Windows sering kali membuat hardisk eksternal Anda tidak terdeteksi, walaupun HDDnya sudah disambungkan pada port USB. Nah untuk masalah tersebut simak caranya dibawah ini.

  • Pertama – tama yang harus Anda lakukan adalah yaitu klik kanan di My Computer, kemudian pilih Device Manager. Jika sudah menemukannya, Anda bisa langsung ketik Device Manager pada kolom pencarian di Start Menu
  • Apabila terdapat tanda seru di perangkat maupun device yang terhubung pada komputer. Maka bisa kita simpulkan bahwa ada yang salah pada drivernya. Oleh karena itu Anda dapat uninstal driver di hardiskmu kemudian pasang hardiskmu lagi supaya komputer menginstal dirvel yang baru.
Cara Mengembalikan Chat WhatsApp Yang Dihapus

2 . Mengganti Kabel USB

Inilah Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terdeteksi

Seperti yang sudah dikatakan pada poin penyebab hardisk tidak terbaca tadi bahwa kabel pun bisa menjadi salah satu pemicu kenapa hardisk yang Anda gunakan itu tidak terbaca. Hal tersebut karena USBnya bermasalah. Oleh karena itu jika mengalami masalah tidak terbaca Anda jangan tergesa – gesa membeli yang baru.

Selain itu perlu Anda tahu juga bahwa jenis kabel USB yang kerap kali digunakan pada hardisk tersebut ada dua macam. Untuk yang pertama adalah USB to USB atau male. Kemudian yang kedua adalah USB type C dengan ukuran tebal. Ketika kabel USB rusak, tentunya dapat mengganggu fungsi transfer data serta daya listrik.

Sehingga pada akhhirnya hal tersebutlah yang membuat data atau hardisk eksternal Anda tidak terbaca.

3 . Manajemen Ulang Di Hardisk Management

Inilah Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terdeteksi

Cara memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terbaca selanjutnya adalah dengan manajemen ulang pada hardisk management. Caranya pun sangat mudah sekali dilakukan tanpa harus menginstal aplikasi pihak ketiga.

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah pergi ke kolom seach Start menu pada Windows lalu ketik disk. Kemudian klik create and format hardisk partition
  • Atau juga bisa klik pada keyboard yaitu Windows + R maka nantinya akan muncul halaman Run.
  • Sesudah halaman Run tadi muncul, nah pada kolom yang tersedia ketik msc
  • Apabilas sudah, maka nantinya akan muncul halaman computer managemen serta cobalah untuk memformat ulang drive Anda, namun semua data yang ada akan terhapus atau di hapus oleh sistem tersebut.

Umumnya dengan cara yang satu ini, hardisk yang tadinya tidak terbaca atau tidak terdeteksi akan normal kembali seperti biasa.

4 . Ganti Letter Hardisk

Speaker Bluetooth Terjangkau dan Tercanggіh

Inilah Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terdeteksi

Dari berbagai masalah, mungkin ada hardisk yang memang sudah tersambung pada komputer, namun tidak memiliki letter. Misalkan Drive C maupun D dan seterusnya. Pada akhirnya hardisk pun tidak dapat terbaca atau tidak terdeteksi. Apabila Anda mengalami hal seperti itu, maka solusinya Anda hanya perlu menambah letter pada hardisk yang Anda gunakan. Caranya sebagai berikut.

  • Hal pertama yaitu dengan membuka disk management. Caranya bisa Anda baca di atas tadi, setelah itu klik kanan pada disk yang ingin Anda ganti letternya.
  • Setelah itu klik Change Drive Letter And Path. Kemudian sesudah itu klik Add ataupun Change supaya dapat mengubah letter drivenya.
  • Apabila sudah melakukan hal tersebut, Anda tinggal mengikuti petunjuk – petunjuknya sampai selesai.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai cara memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terbaca. Semoga dengan adanya solusi diatas tadi, Anda tidak perlu bingung lagi mencari caranya dan semoga hardisk yang Anda miliki bisa berjalan normal lagi dengan cara diatas tadi.