Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca, Perhatikan Sebab dan Perawatannya

Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca – Flashdisk merupakan salah satu alat untuk menyimpan dan memindahkan data dari komputer. Berbagai jenis file mulai dari foto, video ataupun data dalam bentuk word atau Excel bisa disimpan pada alat yang satu ini. Ukurannya memang kecil namun kapasitasnya cukup besar.

Saat ini kapasitas paling kecil ialah 2 GB dan kapasitas tersebut banyak dipilih di pasaran. Di awal kemunculannya kapasitas 1 GB juga tersedia namun penggunaannya tidak begitu banyak karena memang cukup terbatas. Kapasitas yang lebih banyak bahkan hingga puluhan GB juga sudah tersedia sehingga mampu menampung ribuan file dalam satu alat.

Bentuk dan warnanya pun semakin beragam meskipun pada dasarnya ukurannya memang tidak akan terlalu besar sebatas 1 jari saja. Karena ukurannya yang kecil tak jarang alat ini sering mengalami gangguan akibat pemakaian atau penyimpanan yang tidak tepat sehingga membuatnya tidak terbaca. Cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca pada dasarnya bisa Anda lakukan.

Saat alat berukuran kecil ini tidak terbaca oleh komputer atau laptop maka Anda jangan langsung panik atau bahkan langsung mengganti dengan alat yang baru. Tidak semua keadaan saat flashdisk tersebut tidak terbaca menjadi pertanda bahwa flashdisk tersebut benar-benar rusak dan tidak dapat digunakan kembali.

Hal ini dikarenakan penyebab adanya masalah tersebut juga berbeda-beda sehingga flashdisk tersebut juga tidak selalu menjadi rusak total. Untuk mengatasinya perhatikan dan lakukan beberapa cara berikut ini sebelum benar-benar mengganti atau bahkan membuang flashdisk tersebut.

Kenali Penyebabnya

Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca, Perhatikan Sebab dan Perawatannya

Banyak sekali penyebab flashdisk ini tidak bisa terbaca sehingga kalau di dalamnya tidak bisa Anda lihat. Penyebab yang pertama ialah karena port USB atau konektor flashdisk sudah kotor. Hal ini sering terjadi karena penyimpanan flashdisk seringkali tidak terkontrol atau perangkat komputernya disimpan di tempat yang cukup kotor.

Daftar Laptop Gamіng Terbaіk

Penyebab lainnya adalah driver USB yang bermasalah sehingga file tidak terbaca meskipun sudah terhubung ke komputer. Penyebab lainnya tentu saja virus atau malware yang bisa datang dari perangkat lain setelah pemakaian. Adapula beberapa jenis flashdisk palsu sehingga data di dalamnya tidak terbaca.

Bersihkan Port USB dan Konektor Flashdisk

Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca, Perhatikan Sebab dan Perawatannya

Cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca yang pertama ialah membersihkan port USB dan juga konektor flashdisk. Kedua bagian tersebut seringkali menjadi penyebab utama flashdisk tersebut tidak terbaca dikarenakan bagian tersebut kotor. Untuk mengatasinya maka bersihkan port USB dan konektornya dengan menggunakan kuas pembersih agar partikel debu terangkat dan menjadi bersih.

Bila perlu pilih jenis kuas yang lebih lembut sehingga saat membersihkan bisa lebih maksimal namun tidak merusak permukaan port USB dan konektornya. Bersihkan bagian lempengan kuning dengan menggunakan karet penghapus untuk jenis konektor USB yang terbuka. Selanjutnya cobalah untuk menghubungkan flashdisk tersebut pada laptop atau komputer.

Pindai Menggunakan Software Antivirus

Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca, Perhatikan Sebab dan Perawatannya

Cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca berikutnya ialah dengan menggunakan software anti-virus. Hal ini bisa Anda lakukan terlebih jika sudah mengetahui bahwa penyebab utama alat tersebut tidak terbaca ialah dikarenakan virus atau malware. Anda tidak perlu melakukan format pada flashdisk tersebut namun hanya perlu menghapus virus shortcut.

Virus yang membahayakan ini seringkali membuat file tidak terbaca sehingga virus tersebut harus dibersihkan. Hal ini perlu dilakukan secara rutin agar virus tersebut tidak bersarang di flashdisk tersebut sehingga menyebabkan kerusakan termasuk file yang tidak terbaca tersebut. Hal ini tentunya akan sangat merugikan jika benar-benar terjadi kembali.

Intall Ulang Driver USB

Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca, Perhatikan Sebab dan Perawatannya

Cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca lainnya ialah dengan menginstal ulang driver USB. Terlebih dahulu periksa terlebih dahulu kondisi driver tersebut dan kemudian lakukan instalan jika memang driver tersebut benar-benar terganggu. Pertama hubungkan flashdisk tersebut dengan laptop atau komputer.

Tips Menjadi Selebgram Endorse Yang Laris Manis

Setelah itu, klik kanan pada logo Windows yang ada di pojok kiri bawah layar kemudian pilih opsi device manager. Tunggulah hingga jendela device manager terbuka untuk melanjutkan langkah berikutnya. Jika sudah terbuka pilih opsi universal serial bus controllers. Selanjutnya buka menu dropdown dan pilih perangkat bernama USB Mass Storage device.

Menu tersebut akan diberi tanda berupa peringatan kuning jika memang driver mengalami error. Pada nama perangkat tadi klik kanan dan pilih opsi uninstall device. Setelah itu, akan muncul pop-up peringatan dan klik uninstall. Cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca ini sudah selesai dan Anda bisa mengecek kembali apakah proses tersebut sudah bisa terbaca atau belum.

Gunakan Command Prompt (CMD)

Cara ini memang terbilang cukup jadul namun cukup efektif untuk mengatasi flashdisk yang tidak terbaca. Dengan menggunakan CMD ini anda bisa mengetahui kondisi flash disk apakah masih sehat atau justru sebaliknya. Hal ini juga bisa dilakukan untuk menghindari data yang hilang atau terhapus yang ada pada flashdisk.

Hubungkan flashdisk pada komputer atau laptop kemudian buka command prompt dengan klik pada logo Windows dan ketikkan kata tersebut. Pilih menu tersebut dan tunggu hingga jendelanya terbuka. Selanjutnya masukkan perintah chkdsk G: yang berarti melakukan pengecekan disk pada drive G:.

Huruf yang ada pada drive harus disesuaikan dengan tampilan flashdisk yang ada pada komputer atau laptop yang digunakan. Jika sudah memasukkan perintah tersebut tekan enter. Cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca dengan command promt ini akan mampu memberikan informasi yang lebih detail  dari kondisi flashdisk.

Menu tersebut mampu menyajikan informasi yang lebih detail mulai dari kondisi flashdisk, volume label, kapasitas dan lainnya. jika sistem sudah otomatis mendeteksi error pada flashdisk maka akan muncul tampilan khusus yang menandakan bahwa alat tersebut memang error.

Mengatasі Flashdіsk yang Tіdak Terbaca dі Laptop

Gunakan Computer Management

Cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca berikutnya ialah dengan menggunakan computer management. Anda bisa mengecek perangkat penyimpanan berupa flash memory yang ada dalam flashdisk apakah masih berfungsi atau tidak. Computer management memungkinkan Anda untuk melakukan scanning, repair dan format Drive.

Hubungkan flashdisk pada port USB yang tersedia pada perangkat komputer atau laptop yang digunakan. makalah pengaturan computer management kemudian klik kanan pada logo Windows yang ada pada pojok kiri bawah. Pilih opsi computer management dan tunggu hingga jendelanya muncul pada layar.

Pada tab sebelah kiri Anda hanya perlu memilih opsi disk management dan pastikan flashdisk terdeteksi dengan tanda removable dan kapasitasnya. Pada jendela Change Drive Letter and Paths klik tombol Change. Klik kanan pada drive flashdisk dan pilih opsi change drive letter and paths. Pada menu drop down assign the following Drive letter pilih huruf yang tersedia kemudian klik OK.

Itulah beberapa cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca sehingga Anda tidak perlu langsung melakukan format atau mengganti dengan yang baru. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi Anda yang sering menggunakan alat ini dan berhubungan dengan input data.