Cara Mengatasi Aplikasi Yang Sering Berhenti Sendiri di Android

Cara Mengatasi Aplikasi Yang Sering Berhenti Sendiri di Android – Smartphone bersistem operasi Android saat ini telah menjadi perangkat yang sangat populer, pasalnya perangkat ini sangatlah serbaguna di mana Anda telah bisa menggunakan smartphone untuk melakukan berbagai macam hal mulai dari bermain game, mencari informasi di dunia maya, hingga untuk membantu pekerjaan dan juga bisnis. Hal tersebut menjadikan smartphone sebagai salah satu kebutuhan di jaman modern ini, bahkan ada banyak orang yang tidak terpisahkan dari smartphone miliknya.

Smartphone memang bisa Anda gunakan untuk melakukan berbagai macam hal, namun tentu saja Anda harus membutuhkan aplikasi untuk bisa menjalankan fungsinya tersebut. Ada berbagai macam aplikasi yang telah bisa Anda temukan di Google Play Store, mulai dari aplikasi hiburan hingga aplikasi bisnis. Meskipun demikian terkadang smartphone juga mengalami suatu masalah seperti misalnya aplikasi yang tiba-tiba berhenti sendiri sehingga akan sangat mengganggu, berikut ini akan kami ulas cara mengatasi aplikasi yang sering berhenti sendiri di Android.

Cara Mengatasi Aplikasi Yang Sering Berhenti Sendiri

1. Bersihkan Background

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi aplikasi Android yang tiba-tiba berhenti sendiri adalah dengan cara membersihkan background dari aplikasi-aplikasi yang masih berjalan. Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi yang masih berjalan di latar belakang akan memakan banyak RAM sehingga akan lebih baik jika Anda menutup semua aplikasi yang masih berjalan di latar belakang.

2. Periksa Koneksi Internet

Untuk bisa mengatasi aplikasi Android yang sering berhenti dengan sendirinya, maka Anda bisa memeriksa koneksi internet. Ada beberapa aplikasi yang mengharuskan para penggunanya untuk selalu terhubung dengan koneksi internet pada saat menggunakannya, oleh karena itu Anda harus memastikan untuk terhubung dengan internet pada saat menjalankan aplikasi online.

Tips And Tips Agar Baterai HP Tahan Lama Hingga Seharian

3. Restart Smartphone

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi aplikasi Android yang tiba-tiba keluar sendiri adalah dengan merestart smartphone. Cara yang satu ini merupakan cara yang sangat efektif serta sangat mudah untuk dilakukan di mana Anda hanya tinggal menekan tombol power dan menahannya selama beberapa detik, kemudian pilih menu restart ataupun reboot.

4. Menghapus Cache

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa cache yang menumpuk seringkali menyebabkan berbagai macam masalah di smartphone Android mulai dari aplikasi yang tiba-tiba berhenti hingga kinerja smartphone yang menjadi lambat. Oleh karena itulah maka sebaiknya Anda rajin untuk menghapus atau membersihkan cache secara rutin sehingga tidak terjadi penumpukan cache.

5. Memperbarui Aplikasi

Cara kelima yang juga bisa Anda coba untuk mengatasi masalah aplikasi Android yang sering berhenti sendiri adalah dengan memperbarui aplikasi tersebut. Aplikasi Android versi lawas seringkali masih memiliki berbagai macam bug yang akan menyebabkan beberapa masalah sehingga Anda harus selalu melakukan pembaruan setiap kali tersedia versi yang terbaru dari aplikasi tersebut.

Jika Anda mengalami masalah aplikasi Android yang sering berhenti sendiri, maka Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara yang ada di atas.