Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

Cara mengatasi aplikasi tidak terpasangAndroid merupakan sistem operasi yang paling banyak digandrungi di dunia Salah satu Alasannya karena anda bisa mengutak-atik sistem operasi dan Developer bisa membuat aplikasi dengan mudah di Android.

Koleksi aplikasi di Android memang sangat menggiurkan terdapat banyak aplikasi keren dan terbaru yang menarik untuk di instal. Walaupun Terkadang ada beberapa kendala yang membuat proses instalasi tidak berjalan dengan baik.

Untuk itulah bagi Anda yang yang mengalami masalah ini tentu mengetahui cara mengatasinya menjadi hal sangat penting bagi anda agar aplikasi yang diunduh dapat digunakan.

Selain itu beberapa penyebabnya juga tidak kalah penting untuk anda ketahui sebab dengan begitu Anda bisa mengantisipasinya sekaligus bisa menjadi solusi efektif dan praktis dalam mengatasi error pada Android. Beberapa 5 masalah utama di bawah ini permainan besar menjadi penyebab aplikasi tidak terinstal di Smartphone Anda:

Memori Penuh

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

Dengan memori kapasitas penyimpanan kecil membuat pengoleksian aplikasi menjadi terbatas. Untuk itulah sering terjadi permasalahan yang tidak diinginkan terutama gagal dalam memasang aplikasi.

Memori tidak cukup Bahkan bukan hanya bisa membuat penginstalan aplikasi gagal tapi juga bisa bikin smartphone anda lemot dan tidak berfungsi dengan maksimal.

Bagi Anda yang tetap ingin mengoleksi aplikasi dengan penyimpanan rendah seperti ini maka disarankan untuk menggunakan slot memori eksternal agar bisa menginstal aplikasi yang anda inginkan.

Aplikasi Non Kompatibel

Selain keterbatasan memori Anda juga perlu memperhatikan spesifikasi minimum dari aplikasi yang ingin diinstal mulai dari chipset, RAM dan OS.

Sebagai contoh anda ingin memasang aplikasi dengan spesifikasi minimum OS Lollipop sedangkan Android Anda sendiri adalah versi OS KitKat.

3 Cara Membuka Pesan Tanpa Terlihat Online Sekaligus Alasannya

Selain ini versi aplikasi yang ingin dipasang juga berpengaruh sebab versi aplikasi yang terlalu kuno bisa membuat Android menjadi tidak bisa memasang aplikasi tersebut.

File APK Mengalami Kerusakan

Apk yang lumrah digunakan untuk menyimpan aplikasi atau program yang akan dijalankan pada Android.

Anda bisa mendapatkan APK melalui situs penyedia aplikasi tidak resmi di luar Google Play Store. Sebagai contoh game Android yang sudah di-hack atau whatsApp mod.

Dikarenakan tidak didownload secara resmi tentu otomatis APK tersebut tidak mendapatkan dukungan dan update langsung dari developer.

Lokasi Pemasangan Salah

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

Android sendiri seperti yang sudah kita pahami bersama bahwa umumnya memiliki dua memori penyimpanan yaitu internal dan eksternal. Terkadang aplikasi tidak gagal terpasang juga dikarenakan masalah ini.

Terdapat beberapa aplikasi yang bisa diinstal di memori internal dan eksternal tetapi juga ada aplikasi yang yang hanya bisa diinstal pada memori perangkat saja.

Mungkin saja aplikasi yang ingin Anda install tersebut tidak terpasang diakibatkan Anda salah dalam memilih memori penyimpanan. Untuk itulah ketahui dengan betul spesifikasi dari aplikasi.

Permisson Belum Disetujui atau Memori Corrupt

Selain beberapa penyebab diatas penyebab aplikasi tidak terpasang bisa diakibatkan memori corrupt atau ada permission yang belum Anda setujui.

Penting bagi Anda sebelum menginstal aplikasi dari berbagai sumber Ada baiknya untuk memberikan izin pada ada smartphone agar bisa memasang aplikasinya Misalnya Anda download APK di luar Google Play Store.

Pembatasan atau penonaktifan pemberian izin ini tentu saja sebagai antisipasi untuk mencegah masuknya virus pada perangkat yang dibawa oleh aplikasi tidak dikenal tersebut.

Untuk itulah cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di Android Anda sangat penting  diketahui agar Anda bisa segera menjalankan  aplikasi yang diinginkan.

Cara Hard Reset iPhone 5 Lupa Password dan Cara Alternatif Agar Bisa Diakses Kembali

Beberapa solusi di bawah ini bisa Anda gunakan untuk mengatasi berbagai kondisi error dalam pemasangan aplikasi yang anda alami tentunya dengan cara mencocokkan penyebabnya.

Restart Smartphone Android

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

Sebagian besar masalah yang terjadi pada Android bisa diatasi dengan melakukan restart. Apabila Anda ingin mengatasi masalah aplikasi tidak terpasang bisa menggunakan solusi simple ini.

Restart atau reboot ini berperan sebagai back refresh sistem  smartphone Anda sekaligus menghentikan semua program yang berjalan pada background.

Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang dengan solusi ini sangat mudah, Anda tinggal menekan tombol power selama beberapa detik sampai muncul opsi reboot atau restart pada layar Android Anda. Klik opsi tersebut untuk memulai restart.

Ketahui Spesifikasi Aplikasi

Pastikan smartphone Android Anda sudah memenuhi semua spesifikasi minimum yang tetapkan oleh aplikasi sebelum menginstalnya.

Mudahnya Anda bisa langsung cari aplikasi tersebut di Google Play Store kalau ada berarti smartphone Android Anda sudah mendukung untuk dipasang di perangkat Anda.

Solusi lainnya Anda bisa membuka halaman aplikasi pada Google Play Store untuk memastikan spesifikasi minimum dari aplikasi tersebut.

Copot Aplikasi yang Tidak Terlalu Berguna dan Tidak Dipakai

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang selanjutnya adalah mengurangi koleksi aplikasi sebab bisa menyebabkan memori penuh dan aplikasi yang Anda butuhkan jadi tidak bisa terpasang.

Misalnya dengan menghapus beberapa koleksi game di perangkat anda. Aplikasi yang kurang terlalu dibutuhkan ini bisa anda hapus kan bisa memulai pasang aplikasi yang lebih bermanfaat dan anda inginkan. Supaya pencopotan aplikasi lebih cepat bisa menggunakan aplikasi cleaner.

Izinkan Aplikasi yang Tidak Dikenal

Untuk aplikasi yang tidak dikenal smartphone Android memang terdapat fitur persetujuan atau izin untuk menginstal aplikasi tersebut atas dasar alasan keamanan. Kebijakan ini menjadi salah satu penyebab aplikasi tidak terpasang pada perangkat Android.

Cara Memperbaiki Data Seluler yang Tidak Berfungsi Pada Ponsel Android

Untuk itulah lakukan pemberian izin supaya Anda bisa lebih leluasa untuk memasang aplikasi diluar Google Play Store. Tetapi Anda harus waspada sebab mengizinkan opsi ini bisa membuat smartphone Anda rentan terkena virus.

Di bawah ini langkah-langkah untuk membuka izin aplikasi tidak dikenal pada Android:

– buka menu pengaturan pada smartphone lalu Scroll sampai Anda menemukan ‘password and security’. Klik pada menu tersebut.

– untuk langkah kedua Anda bisa memilih privacy di dalam kolom privacy.

– kemudian bisa di-klik pada special app Access klik pada opsi install and know apps atau izinkan aplikasi tidak dikenal.

– apabila anda download APK dari Google Chrome klik pada bagian aplikasi tersebut Lalu aktifkan Allow from this source.

Reset HP

Apabila cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di atas tidak membuahkan hasil yang maksimal mungkin ada beberapa masalah dari smartphone Anda sendiri anda sendiri.

Penyebab bisa juga dikarenakan Anda terlalu sering download aplikasi tidak resmi sehingga Android Anda memiliki malware atau bug pada OS sehingga terjadi kesalahan dalam penginstalan aplikasi.

Melakukan factory reset pada smartphone Anda agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Supaya data Anda tetap aman ada baiknya untuk backup data terlebih dahulu sebelum melakukan reset.

Itulah pembaca cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di smartphone Android sekaligus penyebabnya semoga dengan Penjelasan diatas permasalahan dalam penginstalan aplikasi bisa Anda atasi dengan mudah.