Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode di Android

Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode – WhatsApp bisa dibilang sebagai salah satu aplikasi chatting online yang paling populer sekarang ini. Tidak hanya di Indonesia, WhatsApp juga sudah menjadi pilihan favorit bagi pengguna mobile di seluruh dunia. WhatsApp banyak dipilih salah satunya karena kemudahan untuk menggunakan aplikasi tersebut. Di sini Anda memungkinkan untuk terhubung dengan pengguna WhatsApp lain melalui chat ataupun panggilan.

Di WhatsApp Anda tidak hanya bisa berkirim pesan teks saja, malainkan juga pesan gambar, video, audio dan jenis file lainnya. Selain itu, fitur-fitur keren lain juga disediakan di aplikasi WhatsApp, misalnya saja fitur tema gelap dan terang. Ya, di sini Anda bisa mengatur tema WhatsApp menjadi gelap atau terang sesuai keinginan. Khususnya untuk tema gelap atau dark mode, ini merupakan fitur terbaru yang dihadirkan di WhatsApp. Lantas, bagaimana cara mengaktifkan WhatsApp dark mode atau mode gelap tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode di Android

Dark mode atau mode gelap memang sedang menjadi tren di jaman sekarang ini. Hampir semua jenis aplikasi menyematkan fitur tersebut di dalamnya. Tidak lain tujuannya untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna saat menggunakannya. Selain itu, tampilan dark mode sendiri terbilang sangat keren dan elegan. Karena itulah, banyak pengguna yang suka dengan mode gelap tersebut.

Tidak mau kalah dengan aplikasi lainnya, WhatsApp juga menghadirkan fitur yang sama yakni dark mode. Mengaktkifkan dark mode di aplikasi WhatsApp akan membuat tampilannya menjadi bernuansa gelap, namun tetap nyaman dipandang mata. Untuk bisa mengaktifkan fitur dark mode tersebut, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi. Adapun syarat agar bisa mengaktifkan WhatsApp dark mode di android selengkapnya, sebagai berikut:

  • HP android sudah mengadopsi OS Android 9.0 Pie ke atas. Untuk pengguna OS Android 8 Oreo dan versi lebih lama belum bisa menikmati fitur keren di WhatsApp ini.
  • Sudah menginstall aplikasi WhatsApp versi terbaru. Jika masih belum, sebaiknya Anda lakukan pembaruan aplikasi WhatsApp ke versi terbaru.
  • Menggunakan aplikasi WhatsApp resmi, bukan aplikasi WhatsApp MOD atau aplikasi ilegal lainnya.
Ingin Feed IG Connect ke Canva dan Photoshop? Coba ini

Setelah beberapa syarat di atas sudah dipenuhi, maka Anda bisa langsung mencoba mengaktifkan mode malam atau dark mode di aplikasi WhatsApp. Mengenai langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama Anda buka aplikasi WhatsApp di HP android.
  • Kalau sudah, sekarang Anda masuk ke menu Obrolan.
  • Pada halaman obrolan WhatsApp, selanjutnya Anda klik ikon tiga titik vertikal yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  • Kemudian klik Setelan pada beberapa opsi yang muncul.
  • Pada halaman Setelan WhatsApp, selanjutnya Anda masuk ke opsi Chat.
  • Akan ada beberapa opsi yang ditampilkan. Untuk mengubah WhatsApp ke tema gelap Anda bisa klik pada opsi Tema.
  • Kemudian pilih opsi Gelap.
  • Maka secara otomatis tampilan aplikasi WhatsApp berubah menjadi bernuansa hitam atau gelap.
  • Selesai.

Sekarang Anda sudah berhasil mengubah tampilan aplikasi WhatsApp menjadi bernuansa gelap atau dark. Untuk mengembalikan tampilan ke versi awal, Anda bisa masuk ke opsi Tema lagi dan ubah menjadi Terang.

Fitur dark mode di WhatsApp memang tampak keren dan elegan. Namun, fitur ini hanya bisa digunakan secara manual. Tidak seperti aplikasi lain, di mana fitur dark mode akan secara otomatis diaktifkan jika sudah memasuki waktu malam hari. Mungkin karena masih dalam tahap pengembangan sehingga fitur tersebut belum bisa dihadirkan. Kita tunggu saja perkembangan fitur tersebut dari pihak WhatsApp.

Itulah tadi Tips & Trik Mengaktifkan WA Dark Mode untuk HP Android bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.