Cara Mengajar Calistung yang Menyenangkan dan Efektif Untuk Anak

Cara mengajar calistung yang menyenangkan bisa menjadi solusi untuk mudah mengajarkannya kepada anak. Anak-anak kerap kali merasa bosan ketika sedang belajar. Maka, sebagai orang tua sebaiknya bisa menemukan cara lain yang menyenangkan dan efektif untuk melakukan calistung.

Mengenal Apa Itu Calistung

Calistung merupakan kependekan dari membaca, menulis, dan berhitung. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan dasar yang biasanya sudah diajarkan sedari dini. Baik itu sebelum memulai sekolah atau sudah masuk usia sekolah.

Dengan melakukan kegiatan membaca, menulis, dan berhitung tersebut akan membuat anak menjadi mudah untuk belajar kedepannya. Calistung merupakan dasar yang sebaiknya dikuasai oleh anak sedari kecil. Agar, ketika dewasa nanti bisa mempelajari apapun dengan mudah.

Mengapa Penting Belajar Calistung?

Belajar calistung sangat penting untuk menunjang masa depan anak. Dengan membiasakan anak untuk membaca, menulis, dan berhitung maka akan membuatnya menjadi terbiasa dalam belajar. Sehingga, diharapkan kedepannya ilmu apapun yang dipelajari terkait hal tersebut bisa mudah.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan maka akan semakin sulit pula pembelajarannya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena anak sudah terbiasa diberikan bekal calistung sejak dini. Tentunya, penerapan cara mengajar calistung yang menyenangkan juga penting.

Manfaat Dari Belajar Calistung

  1. Mudah Untuk Membaca, Menulis, dan Berhitung

Anak-anak yang diajarkan cara untuk melakukan calistung tentunya akan menjadi lebih mudah untuk melakukannya. Kegiatan calistung ini akan terus berlangsung ke sekolah bahkan hingga nanti anak sudah besar. Sehingga, akan sangat bermanfaat sekali bagi kehidupan anak jika diajarkan calistung.

  1. Mudah Mengikuti Pembelajaran
Pengertian dan Contoh Teks Laporan Percobaan

Ada berbagai pembelajaran lainnya yang mengharuskan anak mempunyai kemampuan untuk membaca, menulis, dan berhitung. Pembelajaran tersebut bahkan dimulai sejak usia TK hingga kuliah nantinya. Sehingga, dengan belajar calistung akan mempermudah anak dalam belajar.

  1. Senang Bersekolah

Calistung memang merupakan kegiatan yang awalnya didapatkan dari sekolah. Namun, bisa juga diterapkan pada anak-anak yang belum masuk usia sekolah dengan cara yang lebih mudah. Dengan begitu, mereka akan menjadi terbiasa dan senang untuk bersekolah.

  1. Mempunyai Kepribadian yang Lebih Baik

Dengan mempelajari calistung, anak juga akan mempunyai kepribadian yang lebih baik. Kepribadian yang lebih baik tersebut bisa didapatkan dari otak anak yang lebih terasah. Dengan pemikiran yang lebih terasah dan berkembang akan membuatnya mempunyai kepribadian yang lebih baik.

  1. Lebih Mandiri dan Percaya Diri

Ketika anak sudah terbiasa melakukan calistung dan bisa menguasainya maka ia akan menjadi lebih mandiri dan percaya diri. Anak bisa menjalani hidup dengan lebih baik apabila bisa percaya akan kemampuan yang dimilikinya. Maka, sangat penting sekali untuk orang tua mengasah hal tersebut.

  1. Menimbulkan Minat Pada Kegiatan Lain

Anak yang sudah terbiasa melakukan calistung akan penasaran dengan kegiatan belajar lainnya. Sehingga, Anda bisa mengarahkan anak untuk tertarik pada kegiatan lain untuk sekaligus mengetahui minat dan bakatnya.

Cara Mengajar Calistung yang Menyenangkan dan Efektif Untuk Anak

Mulai Usia Berapa Penting Untuk Belajar Calistung?

Sebaiknya, anak diajarkan calistung sejak dini. Hal tersebut dilakukan agar anak bisa terbiasa ketika nantinya sudah memasuki usia sekolah. Namun, pembelajaran calistung tersebut harus dibuat semenarik mungkin agar anak tidak merasa bosan.

Bagaimana Menerapkan Calistung yang Baik Pada Anak?

Sejatinya, anak-anak memang masih senang bermain dan tidak bisa dipaksa. Maka, hal tersebut perlu Anda pertimbangkan dalam memberikan pembelajaran calistung. Sebaiknya, berikan pembelajaran calistung kepada anak dengan cara yang menyenangkan dan tidak ada unsur paksaan.

Pengertian Algoritma dan Contohnya

Cara Mengajar Calistung yang Menyenangkan Sekaligus Efektif Pada Anak

Ada berbagai metode calistung yang bisa Anda terapkan pada anak. Dari sekian banyaknya metode ada beberapa metode yang sudah terbukti efektivitasnya untuk meningkatkan kemampuan anak. Metode tersebut bisa dibarengi dengan kegiatan seperti misalnya bernyanyi dan bermain.

Berikut ini adalah cara mengajar calistung yang menyenangkan pada anak :

  1. Metode Abjad

Metode abjad merupakan metode calistung yang diberikan untuk anak bisa mempelajari huruf. Anda bisa memberikan materi berupa bentuk huruf, cara menulisnya, dan cara membacanya. Selanjutnya, huruf-huruf tersebut bisa Anda pilih dan gabungkan untuk menjadi rangkaian kata.

Ajak anak pelan-pelan untuk mempelajari berbagai huruf tersebut dan jangan sampai anak merasa terpaksa. Anda bisa memperkenalkan abjad-abjad tersebut juga dengan menggunakan lagu dan gerakan. Bahkan, kini banyak buku-buku dan puzzle yang mengajarkan abjad tersebut.

  1. Metode Calistung Global

Metode calistung global bisa diberikan dengan cara mengenalkan kalimat sederhana kepada anak. Kemudian, Anda membantu membimbingnya untuk menulis dan membacanya. Dengan mengajarkan kalimat pada tahap awal diharapkan anak bisa menjadi lebih paham akan maknanya.

  1. Metode Struktural Analisa Sintesa

Metode ini dilakukan dengan memanfaatkan kartu yang terdapat gambar. Kartu-kartu tersebut bisa berisikan huruf, angka, dan kata. Anda bisa meminta anak untuk menyusun kartu-kartu tersebut atau menyebutkan isi dari kartu. Pembelajaran ini akan semakin menyenangkan bila disertai lagu.

Ketika anak sudah menyusun kata, maka Anda bisa menambahkan materi dengan cara mengajarkan suku kata penyusunnya. Dengan begitu, anak menjadi tahu susunan dari suatu kata dan akhirnya bisa membuat kalimat.

  1. Metode Kupas dan Rangkai Suku Kata

Pada metode ini, Anda bisa memberikan kalimat untuk dibaca dan didengarkan oleh anak. Lalu, kupas satu persatu suku kata apa saja yang menyusun kalimat tersebut. Kalimat yang diajarkan tidak perlu yang rumit, cukup kalimat sederhana saja.

  1. Metode Langsung
Mengenal Sifat-sifat Benda Padat Cair dan Gas 

Pada metode langsung ini, Anda bisa memberikan pembelajaran secara calistung pada anak secara langsung. Misalnya, Anda meminta anak untuk membaca, menulis, dan berhitung sesuatu. Metode ini akan terasa tetap menyenangkan jika Anda melakukannya dengan sabar. Selain itu, anak juga perlu dalam keadaan yang nyaman.

Sumber Media Pembelajaran Calistung yang Menyenangkan

Ada berbagai media pembelajaran calistung yang bisa Anda manfaatkan untuk mengajari anak. Media-media tersebut pun mudah untuk ditemukan dan diakses.

Berikut ini adalah sumber media pembelajaran calistung yang menyenangkan :

  1. Buku Bergambar

Buku bergambar bisa Anda jadikan sebagai media pembelajaran calistung pada anak. Biasanya, anak-anak akan menjadi lebih tertarik dalam belajar jika terdapat gambar. Dengan begitu, semangat belajar anak akan meningkat.

  1. Buku Berpola

Buku berpola bisa diisi oleh pola gambar, huruf, kalimat, angka, dan perhitungan. Biasanya buku berpola didalamnya sudah dilengkapi dengan garis putus-putus. Anak akan belajar menulis dengan mengikuti garis tersebut. Tak hanya itu saja, anak juga bisa sekaligus membaca dan berhitung.

  1. Permainan Edukatif

Ada berbagai permainan edukatif yang bisa Anda manfaatkan untuk mengajarkan calistung pada anak. Seperti misalnya puzzle, permainan balok, dan lain sebagainya. Pilihlah permainan yang memberikan manfaat dan dilengkapi dengan bantuan untuk belajar calistung.

  1. Video dan Lagu

Video dan lagu bisa Anda jadikan sebagai media pembelajaran calistung yang menyenangkan untuk anak. Dengan adanya visual berupa gambar dan audio dari lagu tersebut bisa membuat anak menjadi lebih mudah untuk belajar. Pilihlah video dan lagu yang dikhususkan untuk calistung agar bisa menerapkan cara belajar calistung yang menyenangkan.