Cara Memperkuat Sinyal Wi-fi Laptop Ini Dijamin Akan Membuat Internet Anda Semakin Lancar

Cara memperkuat sinyal Wifi di laptop – Cara agar sinyal wifi lebih kuat merupakan salah satu ilmu yang harus Anda ketahui saat menggunakan wifi di laptop. Hal ini dikarenakan sering terjadi wi-fi error yang menyebabkan sinyal internet terputus-putus.

Sebenarnya ada banyak hal yang membuat sinyal wi-fi ini memiliki jaringan yang kurang maksimal. Anda akan segera mendapatkan jawabannya di bawah ini. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan cara yang tepat dalam memperkuat sinyal WiFi pada laptop. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut.

Penyebab Sinyal Wifi Tidak Normal

Segala sesuatunya pasti ada sebab akibatnya, begitu juga pada saat sinyal wi-fi yang Anda gunakan memiliki jaringan yang kurang normal atau bahkan sinyalnya terputus-putus. Sebelum anda mengetahui cara memperkuat sinyal WiFi di laptop, Anda juga harus tahu berbagai penyebab sinyal wi-fi tidak normal pada laptop Anda yaitu:

  1. Karena adanya masalah pada provider internetnya
  2. Kabel jaringan yang terputus juga menjadi salah satu penyebab mengapa sinyal wi-fi di laptop Anda tidak normal.
  3. Adanya kerusakan pada router
  4. Posisi router yang terlalu rendah
  5. Router yang diletakkan pada ruang tertutup juga akan menyebabkan sinyal wi-fi yang kurang normal.
  6. Posisi router yang terlalu jauh juga menjadi salah satu penyebab yang sering terjadi.
  7. Penyebab wifi kurang lancar selanjutnya yaitu karena bandwidth yang terlalu kecil
  8. Interferensi jaringan yang diakibatkan oleh banyaknya pengguna dari jaringan atau wifi yang sama
  9. Mendownload perangkat ataupun yang terlalu besar juga akan membuat jaringan wi-fi semakin lemot
  10. Terlalu banyak orang yang menggunakan sinyal wi-fi tersebut dalam waktu yang bersamaan.

Cara Memperkuat Sinyal Wi-fi Laptop

Memiliki sinyal wi-fi an aja tentu dambaan setiap orang, karena jika sinyal wi-fi tersebut kurang lancar akan membuat pekerjaan tertunda dan mengakibatkan hal-hal buruk lainnya. Jika hal ini terjadi pada Anda, maka Anda harus mengikuti langkah-langkah dari cara memperkuat sinyal WiFi di laptop sebagai berikut.

  1. Menggunakan Network Reset Dan Flushing DNS
Panduan dan Cara Install Ulang Windows 7 Lengkap

Cara Memperkuat Sinyal Wi-fi Laptop Ini Dijamin Akan Membuat Internet Anda Semakin Lancar

Adapun cara untuk bisa mengatasi masalah koneksi internet khususnya karena sinyal wi-fi ini dengan menggunakan reset Network dan flushing DNS adalah sebagai berikut:

– Anda harus langsung membuka command prompt dengan cara mengklik kanan, kemudian dilanjutkan dengan memilih opsi run as administrator.

– Langkah selanjutnya dari cara memperkuat sinyal WiFi di laptop dengan melakukan Network reset dan flushing DNS yaitu Anda harus mengetik ipconfig atau flushdns dan dilanjutkan dengan memencet enter pada keyboard.

– Jika sudah, maka Anda harus menghentikan ipconfig/renew, kemudian dilanjutkan dengan enter.

– Setelah itu Anda harus menutup command promt tersebut dan cobalah untuk mengakses internet lagi, maka bisa dipastikan bahwa jaringan wi-fi Anda sudah lancar.

  1. Pilih Daerah Yang Sinyal Wifinya Kuat

Lokasi dari sinyal wi-fi juga akan mempengaruhi terhadap kekuatan sinyal wi-fi tersebut, maka dari itu Anda harus memperhatikan lokasinya agar sinyal wi-fi yang akan Anda dapatkan tersebut juga akan sesuai dengan yang diharapkan. Adapun rangkaian langkah yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

–  Langkah pertama dari cara memperkuat sinyal WiFi di laptop yaitu Anda harus meletakkan router tersebut di tempat yang terhalang tembok atau bahkan besi.

– Anda juga bisa memanfaatkan repeater atau sebuah alat yang nantinya akan berfungsi untuk menangkap sinyal wi-fi dan memancarkan kembali. Cara ini sangat efektif dalam memperkuat koneksi wi-fi. Anda juga harus menempatkannya pada daerah yang memang sangat minim sinyal wi-fi.

– Langkah selanjutnya dari cara memperkuat sinyal WiFi di laptop yaitu Anda harus menjauhi berbagai peralatan yang menggunakan bluetooth atau bahkan microwave baik dari router maupun dari komputer yang Anda gunakan. Hal ini dikarenakan sinyal dari peralatan-peralatan tersebut akan sangat mengganggu terhadap kinerja sinyal wi-fi yang Anda gunakan.

  1. Memilih Kanal Yang Tak Banyak Digunakan
Cara Hack Battle Point Mobile Legends

Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu penyebab mengapa sinyal wi-fi yang Anda gunakan pada laptop tersebut sering kurang lancar adalah karena Anda menggunakan perangkat wi-fi yang digunakan oleh banyak orang.

Maka dari itu, pastikan bahwa Amda menggunakan sinyal wi-fi yang tidak digunakan oleh banyak orang agar Anda bisa mendapatkan sinyal yang lancar.

  1. Memilih Router Yang Berkualitas

Cara Memperkuat Sinyal Wi-fi Laptop Ini Dijamin Akan Membuat Internet Anda Semakin Lancar

Cara memperkuat sinyal WiFi di laptop selanjutnya yaitu Anda harus mengganti router tersebut dengan router yang baru dan berkualitas tinggi. Hal ini dikarenakan terkadang salah satu penyebab terjadinya sinyal wi-fi yang kurang lancar, baik karena adanya kerusakan pada router atau bahkan karena anda sudah terlalu lama atau semua sehingga mengganggu dan mengakibatkan performa wi-fi tersebut menurun.

  1. Menggunakan Software Untuk Analisis Wifi

Cara Memperkuat Sinyal Wi-fi Laptop Ini Dijamin Akan Membuat Internet Anda Semakin Lancar

Cara memperkuat sinyal WiFi di laptop yang selanjutnya yaitu Anda bisa memanfaatkan sebuah software yang bernama software WiFi analyzer yang versi gratis. Contohnya seperti free inSIIDer utility.

Software yang satu ini akan berfungsi untuk melihat kanal mana saja yang sedang digunakan oleh banyak orang, sehingga dengan Anda mengetahui jumlah pengguna dari masing-masing kanal atau sinyal wi-fi tersebut, maka Anda bisa meminimalisir terjadinya sinyal wifi yang buryk dengan cara mengatur kanal pada pengaturan router yang Anda gunakan saat ini.

  1. Mengatur IRPStackSize Yang Lebih Tinggi

Cara Memperkuat Sinyal Wi-fi Laptop Ini Dijamin Akan Membuat Internet Anda Semakin Lancar

Jika Anda meningkatkan koneksi wi-fi menggunakan cara yang satu ini, maka bisa dipastikan Anda akan mendapatkan kecepatan internet yang jauh lebih optimal. Adapun langkah-langkah dari cara memperkuat sinyal wifi di laptop dengan cara mengatur IRPStackSize menjadi lebih tinggi adalah sebagai berikut.

– Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu Anda harus mengklik start.

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak, Tak Perlu Langsung Ganti Baru

– Kemudian memilih opsi Run dan mengetikkan regedit agar bisa membuka registry editor.

– Kemudian Anda harus mengklik menuju HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters.

– Di bagian folder Parameter tersebut Anda harus mengklik kanan pada file DWord yang bernama IRPStackSize dan kemudian Anda harus mengklik modify dan mengganti nilainya menjadi 50.

– Langkah selanjutnya dari cara memperkuat sinyal WiFi di laptop yaitu apabila file yang dimaksud tadi tidka bisa Anda temukan, maka Anda harus membuat file DWord baru dengan cara klik kanan, kemudian Anda harus pilih opsi new dan dilanjutkan dengan cara memilih olsi Dword value. Kemudian buatlah dengan nama IRPStackSize dengan valuenya adalah 50.

– Kemudian Anda harus mengklik opsi ok dan dilanjutkan dengan menutup registry editor tersebut.

– Untuk mengetes apakah cara yang Anda lakukan ini sudah berhasil, maka Anda harus memulai ulang komputer Anda.

Nah itulah tadi beberapa cara memperkuat sinyal WiFi di laptop yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Cara-cara diatas harus Anda ikuti dengan sebaik mungkin agar Anda bisa mendapatkan sinyal wi-fi yang diinginkan.

Sebenarnya, masih ada banyak cara-cara lainnya yang bisa Anda ikuti, tetapi cara diatas merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan dan bisa menghasilkan sinyal wi-fi yang jauh memuaskan.