Cara Memperbaiki Windows 10 Tanpa Instal Ulang

Laptop Tiba-Tiba Error? 6 Cara Memperbaiki Windows 10 Tanpa Instal Ulang, Dijamin No Lemot

Cara memperbaiki Windows 10 tanpa instal ulang tentu mudah sekali. Terutama bagi anda yang pernah mengalami masalah yang sama seperti laptop mengalami eror hingga menjadi lambat. Cara ini tentu harus anda lakukan agar laptop bisa kembali seperti semula.

Dalam unggahan ini, ada banyak sekali cara yang bisa anda pahami melalui artikel ini. Anda hanya cukup memahami apa saja cara yang harus dilakukan. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa anda pahami di bawah ini:

Menghapus Program Bawaan Yang Tidak Digunakan

Dalam menggunakan Windows 10, biasanya ada banyak sekali program bawaan yang sudah ada di laptop anda. Salah satu cara memperbaiki Windows 10 adalah dengan menghapus program bawaan yang tidak digunakan.

Sebenarnya tidak semua program bawaan tidak digunakan oleh anda. Maka untuk menghindari laptop yang semakin melambat, anda harus menghapus beberapa program bawaan yang tidak perlu. Jika anda memperbarui sistem Windows dari Windows 7 atau 8 tentu ada beragam program bawaannya.

Walaupun program dari Windows 7 atau 8 tidak dijalankan oleh anda, tetapi program ini akan tetap terbawa hingga pembaruan Windows 10. Biasanya kehadiran program itu yang akan mengambil penyimpanan ram dan cpu. Sehingga hal ini yang menjadi salah satu penyebab Windows 10 melambat.

Untuk menghapusnya, bisa melakukan melalui menu Apps & Features. Jika sudah masuk ke menunya lalu pilih saja Apps pada menu pencarian. Setelah mencarinya, anda akan melihat beragam list panjang terkait program apa saja yang ada di Windows 10.

11+ Cara Download Lagu MP3 Termudah

Kemudian baru anda bisa memilih add or remove programs. Lalu setelah memilih opsinya, anda akan diarahkan ke program bawaan apa saja yang berada di Windows 10. Selanjutnya, anda bisa langsung tekan tombol uninstall.

Jangan lupa untuk menghapus semua program bawaan yang tersedia disana. Kemudian kalau sudah, kalian bisa menekan control panel lalu pilih opsi program and features. Nanti akan muncul beberapa program bawaan lainnya. Jika menginginkannya, anda bisa hapus saja agar tidak memenuhi memori.

Mengurangi Startup Program Yang Tak Berguna

Kemudian anda bisa langsung mengurangi startup program yang ta berguna. Hal ini juga menjadi penyebab kedua kenapa Windows 10 mulai melambat akhir-akhir ini. Biasanya saat windows di booting, maka otomatis semua startup program akan ikut termuat.

Sehingga hal inilah yang menyebabkan Windows menjadi lemot dan lama. Cara mengatasi masalah seperti ini cukup mematikan saja startup program yang tidak berguna. Ada pula beberapa cara memperbaiki Windows 10 error recovery dengan membuka task manager.

Lalu anda akan masuk ke dalam tab startup kemudian pilih mana program yang ingin dimatikan. Kemudian bisa tekan saja disable dan pilih restart pc. Jika semua program sudah dipilih kemudian bisa lakukan proses sinkronisasi.

Menonaktifkan Power Saver Plan

Pada tahap ketiga, anda bisa menonaktifkan power saver plan jika tidak perlu. Pada umumnya, power saver plan ini berguna untuk menghemat baterai agar lebih awet. Tetapi sisi buruknya, fitur ini mampu menurunkan performa Windows 10 dengan mematikan berbagai service di sistemnya.

Cara mematikanya mudah yaitu masuk ke control panel lalu pilih opsi power options. Lalu pindahkan centang dari power saver ke balanced. Jika sudah melakukannya, anda bisa melakukan restart laptop terlebih dahulu.

Cara Hutang Pulsa Telkomsel, Aman dan Terpercaya!

Disable Transparency Dan Animation Effects

Windows 10 memang dilengkapi dengan berbagai desain hingga efek animasi yang cantik. Tetapi kehadiran beberapa hal tersebut bisa menyebabkan laptop menjadi berat. Bahkan ditambah dengan spesifikasi yang kurang mumpuni lebih baik anda menghapus saja beragam efek yang tak penting.

Agar bisa menghapusnya, anda perlu mematikan terlebih dahulu fitur efek animasi pada Windows 10. Pertama, fitur transparency effects yang berfungsi untuk memberikan efek tembus pandang di tampilan menu start dan jendela native windows.

Cara mematikan fitur ini bisa dengan membuka menu themes and settings lalu pilih colors. Dan matikan saja transparency effects dan hapus centang pada opsi show accent color on the following surfaces. Selain itu, anda harus mematikan efek animasi yang berlebihan.

Biasanya efek ini berfungsi sebagai sentuhan animasi pada tampilan jendela hingga bar pada windows. Cara menonaktifkannya dengan cara masuk ke menu advanced system settings. Kemudian langsung ketik saja advanced pada Windows search bar.

Selanjutnya tinggal pilih saja view advanced system setting dan secara otomatis jendela baru akan terbuka. Kemudian bisa langsung klik pada tab advanced. Dan pada bagian performance lalu klik settings dan pilih tab visual effects.

Dan anda bisa langsung centang pada opsi adjust for best performance lalu pilih OK. Setelah menekannya, anda bisa tunggu saja sampai prosesnya selesai. Jika terjadi not responding, anda tidak perlu menekan apapun melainkan tunggu saja sampai hilang.

Mematikan Fitur Search Indexing Di Windows Explorer

Biasanya Windows 10 sering kali melakukan pengindeksan dengan beragam file pada hard dirsk. Proses pengindeksan ini bisa berjalan di background sehingga anda tak akan bisa melihat prosesnya. Fitur search indexing pada umumnya memudahkan anda dalam melakukan pencarian file di hard disk.

10 Aplikasi Pembuat Komik Paling Populer

Tetapi bagi anda yang tidak memiliki spesifikasi yang luas, disarankan untuk mematikan saja fitur ini. Karena fitur bisa membuat loading di Windows 10 sehingga pergerakan bisa jadi melambat. Cara mematikan fitur ini bisa masuk ke menu services.

Selanjutnya bisa menekan tombol Windows + R kemudian ketik saja services.msc nanti akan ada banyak service yang terlihat. Lalu anda bisa menariknya ke bawah sampai menemukan service bernama Windows Search dan klik kanan.

Kemudian bisa pilih saja properties, selanjutnya pilih general dan pada bagian services status lalu klik stop dan ok. Jangan lupa untuk melakukan restart terlebih dahulu kepada komputer atau laptopnya. Dan anda bisa langsung masuk ke menu indexing options dengan ketik indexing di Windows Search.

Anda langsung bisa memilih indexing optins dan modify. Lalu anda bisa langsung hapus semua centang pada pilihan cahange selected location dan pilih ok. Selain itu, anda juga bisa mematikan fitur automatic folder type sicovery yang bisa menyebabkan bug pada Windows 10.

Mematikan Fitur Windows Tips And Tricks Suggestions

Lalu pada tahap ini, anda bisa langsung mematikan fitur tips and trick suggestions. Cara mematikannya dengan masuk ke menu notifications & actions lalu ketik notifications. Selanjutnya bisa pilih menu notifications and actions settings.

Setelah itu, anda bisa mematikan fitur get tips, tricks and suggestions as you use windows. Lalu anda bisa mematikan juga di opsi show me the windows welcome experience. Kemudian anda bisa pilih opsi lain yang tak penting lalu menghapusnya.

Bug memang merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para pengguna Windows 10. Tetapi tidak perlu khawatir ada banyak solusi yang bisa anda gunakan untuk memperbaikinya. Salah satunya dengan melakukan cara-cara di atas.