Cara Memperbaiki Penggunaan CPU yang Tinggi Agar Normal Kembali

Cara Memperbaiki Penggunaan CPU yang Tinggi – Komputer merupakan salah satu perangkat yang bisa digunakan untuk menginput serta menyimpan berbagai jenis data. Untuk bisa menjalankannya terdapat beberapa komponen penting salah satunya ialah CPU. Komponen ini menyimpan pusat sistem operasi komputer.

Dapat dikatakan otak dari komputer tersebut ada pada CPU yang memiliki bentuk cukup besar. Perlu Anda ketahui bahwa CPU merupakan singkatan dari central processing unit yang berarti semua komponen utama dalam sistem ada pada bagian ini. CPU akan menginstruksikan berbagai aktivitas penting pada komputer.

Salah satu aktivitas yang sering digunakan pada komputer ialah bermain game. Jika game tersebut menjadi tersendat atau terganggu maka aplikasi tersebut akan berhenti bereaksi. Aplikasi tersebut akan lebih lambat saat dibuka. Dengan begitu Anda harus melakukan langkah-langkah atau cara memperbaiki penggunaan CPU yang tinggi.

Hal tersebut memang disebabkan akibat penggunaan CPU yang tinggi sehingga menghambat aplikasi bekerja dengan sangat baik. Untuk itu, CPU harus segera diperbaiki sehingga kinerjanya kembali normal termasuk untuk bisa bermain game. lakukan beberapa cara berikut ini untuk memperbaiki penggunaan CPU yang tinggi.

Lakukan Boot Ulang

Cara Memperbaiki Penggunaan CPU yang Tinggi Agar Normal Kembali

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan boot ulang. Anda bisa menyimpan pekerjaan yang sedang dilakukan dan mulai ulang komputer Anda. Matikan kemudian nyalakan kembali komputer agar bisa membantu masalah tersebut. Anda harus boot ulang untuk membersihkan file sementara yang berpotensi menghambat CPU.

Cara memperbaiki penggunaan CPU yang tinggi ini bisa mengatasi perlambatan dalam proses yang sudah berjalan lama pada komputer. Nantinya Anda bisa bermain game dengan lebih lancar tanpa terhambat dan bisa normal kembali. Pastikan lakukan boot dengan benar agar hasilnya bisa lebih maksimal.

Inilah Cara Download Cepat Di Chrome PC & Android

Akhiri atau Mulai Ulang Proses

Cara Memperbaiki Penggunaan CPU yang Tinggi Agar Normal Kembali

Untuk cara ini Anda bisa membuka Task Manager dengan cara tekan tombol CTRL+SHIFT+ESCAPE. Nantinya program yang ada dalam CPU bisa mulai meningkatkan kembali penggunaan CPU-nya dengan lebih baik. Menu tersebut akan menyediakan salah satu metode yang paling mudah untuk melacak setiap program.

Perhatikan layar game yang tiba-tiba saja bisa mengalihkan fokus dari task manager. Nantinya game tersebut akan menyembunyikannya di belakang jendela tampilan layar. Untuk mencegahnya klik “option” yang ada di bagian atas dan pilih “always On top”. Anda juga bisa membagi layar menjadi dua dan seret jendela task manager pada layar satunya lagi.

Jika tampilan menu sudah pada task manager klik tab processes pada bagian atas. Klik more details yang ada pada bagian bawah tab untuk memperlihatkan proses yang ada pada latar belakang Windows. Cari kolom CPU yang ada di dekat tab processes kemudian klik untuk mengurutkan berdasarkan penggunaan CPU.

Cara memperbaiki penggunaan CPU yang tinggi maka sebaiknya tutup semua program latar belakang dan tab yang tidak digunakan. Anda bisa kembali pada menu task manager untuk melihat apakah situasinya sudah berubah atau belum. Penggunaan sepeda yang tinggi seperti ini biasanya digunakan secara multitasking untuk beberapa pekerjaan yang cukup berat.

Dengan memperbaikinya melalui task manager maka kinerja CPU bisa lebih maksimal dan tidak terlalu berat sehingga tidak mudah rusak. Program apapun yang digunakan jika terus menerus dipakai secara multitasking maka akan menambah tinggi penggunaan CPU. jadi pastikan segera normalkan kembali dengan beberapa cara tersebut.

Perbarui Driver

Cara Memperbaiki Penggunaan CPU yang Tinggi Agar Normal Kembali

Cara memperbaiki penggunaan CPU yang tinggi berikutnya ialah bisa dengan memperbaharui driver. Driver termasuk program yang akan mengontrol perangkat tertentu yang terhubung dengan motherboard. Dengan memperbaruinya Anda dapat menghilangkan masalah kompatibilitas atau bug yang biasanya meningkatkan kinerja atau penggunaan CPU.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel Paling Mudah

Bukalah menu start dan setting kemudian klik update & security. Klik tombol check for update yang akan membantu Anda untuk memperbarui driver penting. Di dalamnya juga tersedia utilitas seperti NVIDIA GeForce Experience untuk GPU. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan performa sistem operasi dan CPU secara keseluruhan terutama saat bermain game.

Beberapa bug langka akan diperbaiki dengan memperbarui versi BIOS yang ada pada komputer Anda. BIOS atau basic input output system termasuk filmware yang diinstal pada bagian motherboard yang akan mengeluarkan instruksi pada komponen lain pada komputer selama proses startup.

Memperbarui BIOS tidak akan menyebabkan peningkatan dalam performa CPU. Justru hal ini bisa menimbulkan masalah baru. Anda hanya perlu melakukan pembaharuan jika Anda ingin mengidentifikasi bug yang menjadi penyebab penggunaan CPU sangat tinggi. Cara memperbaiki penggunaan CPU yang tinggi dalam hal ini harus dilakukan dengan teliti.

Memindai Malware

Jika beberapa cara di atas masih menyebabkan CPU sedikit melambat maka ada kemungkinan terdapat malware yang menyamarkan dirinya menjadi di proses Windows yang normal. Hal tersebut bisa diakibatkan karena penggunaan bandwidth CPU dan GPU untuk tujuan yang berbahaya.

Contohnya saja jika Anda melakukan penambangan mata uang kripto maka Malware tersebut bisa ikut dan menyamar seperti program Windows yang normal. Dari hasil aktivitas tersebut akan muncul pada task manager dengan nama yang yang cukup asing seperti “Cortana.exe” atau “Runtime Broker“. Jika terdapat nama tersebut maka berhati-hatilah karena bisa menghambat kinerja CPU.

Jika hal ini terjadi maka cara memperbaiki penggunaan CPU yang tinggi yang bisa Anda lakukan ialah dengan melakukan pemindaian penuh terhadap virus yang terdeteksi. Pemindaian terhadap keamanan secara offline tersedia secara gratis dari Windows security. Fitur tersebut ada dalam task bar atau pengaturan Windows.

Cara Memperbaiki Data Seluler yang Tidak Berfungsi Pada Ponsel Android

Pengaturan Daya

Beberapa pengaturan daya dapat menyebabkan berkurangnya kecepatan CPU akibat penggunaan yang cukup tinggi. Untuk hal ini anda bisa memeriksa opsi daya dengan klik menu start dan ketikan “edit power plan”. Jika sudah terhubung klik power options pada bagian alamat di atas jendela tab.

Anda juga bisa klik pada menu show editional plans dan aktifkan paket selain penghemat daya. Selanjutnya bukalah kembali task manager untuk melihat apakah kondisinya sudah normal atau belum. Jika kondisinya sudah cukup berkembang dan mengalami peningkatan maka langkah tersebut sudah berhasil.

Cara memperbaiki penggunaan CPU yang tinggi seperti langkah-langkah di atas bisa dilakukan guna memperbaiki performa dan kinerja CPU. Seringkali akibat terlalu sering menggunakan komputer secara multitasking penggunaan CPU bisa lebih tinggi sehingga menghambat serta memperlambat kinerjanya.

Beberapa cara diatas bisa membantu untuk memulihkan kondisi CPU agar penggunaannya tidak akan terlalu tinggi. Logikanya manusia sendiri jika melakukan pekerjaan terlalu banyak maka tubuh manusia akan mudah lelah bahkan drop. Hal ini juga berlaku pada CPU yang digunakan terlalu tinggi.

Untuk itu, dengan melakukan cara memperbaiki penggunaan CPU yang tinggi diatas Anda bisa menormalkan kembali penggunaannya serta membantu kinerjanya menjadi lebih normal dan lancar. Hal tersebut akan bermanfaat bagi Anda untuk bisa menggunakan beberapa program dengan penggunaan yang normal dan kapasitas yang tidak berlebihan.