Cara Memperbaiki Laptop yang Mati Total, Jangan Dulu Di-Service

Cara Memperbaiki Laptop yang Mati Total – Laptop merupakan salah satu perangkat sejenis komputer yang bersifat lebih fleksibel. Secara umum fungsinya hampir sama dengan komputer yang sudah sering digunakan sebelumnya. Jika biasanya komputer hanya bisa disimpan di satu tempat saja lain halnya dengan laptop yang bisa dibawa kemanapun.

Hal inilah yang membuat perangkat tersebut banyak digunakan bahkan pengguna komputer sebelumnya juga beralih pada perangkat ini. Bahkan bagi beberapa orang hal tersebut sudah menjadi kebutuhan terutama bagi kalangan pelajar, mahasiswa dan juga karyawan tertentu. Alat ini tentunya sangat membantu berbagai pekerjaan terutama yang berhubungan dengan komputer.

Sayangnya akibat pemakaian yang terlalu sering atau bahkan diforsir maka perangkat ini juga bisa mudah rusak. Bahkan yang paling parah laptop tersebut bisa mati total dan sama sekali tidak bisa digunakan. Cara memperbaiki laptop yang mati total pastinya akan diserahkan ke tempat service komputer atau laptop.

Namun Anda jangan keliru karena sebenarnya masih ada cara lain yang bisa dilakukan sendiri tanpa harus langsung menuju ke tempat service komputer. Sekilas hal ini memang membutuhkan keahlian khusus namun setidaknya Anda sudah akrab dan familiar dengan bagian atas spesifikasi dari laptop termasuk fungsinya masing-masing.

Hal ini bisa lebih menghemat pengeluaran dan juga mempercepat proses perbaikan sehingga bisa segera digunakan. Jika Anda memiliki pengetahuan dasar mengenai komputer atau laptop tersebut maka akan lebih baik dan sangat membantu untuk bisa melakukan perbaikan sendiri. Beberapa cara berikut ini bisa Anda lakukan untuk memperbaiki laptop yang mati total.

Amankan Data

Cara Memperbaiki Laptop yang Mati Total, Jangan Dulu Di-Service

Jika keadaan laptop sudah mati total maka hal yang akan cukup berpengaruh ialah data di dalamnya. Untuk itu hal yang harus Anda lakukan ialah menyelamatkan data yang ada pada hardisk. Pindahkan harddisk tersebut dari perangkat laptop yang sedang mati total tersebut agar tetap bisa digunakan.

Panduan Cara Sadap Whatsapp Dengan Mudah

Berbagai data yang berhubungan dengan pekerjaan atau tugas-tugas lainnya tentunya akan sangat penting bagi Anda. Agar data tidak terpengaruh saat Anda menerapkan cara memperbaiki laptop yang mati total maka segera amankan harddisk tersebut yang berisi data-data penting yang sering Anda butuhkan.

Tidak Menyala, Lampu Indikator dan Kipas Tidak menyala, Suhu Relatif Dingin

Cara Memperbaiki Laptop yang Mati Total, Jangan Dulu Di-Service

Salah satu kondisi saat Laptop benar-benar mati total ialah lampu indikator apapun tidak ada yang menyala, kipas tidak berputar dan juga suhunya relatif dengan. Kondisi ini cukup sering terjadi dan tentunya sedikit membuat Anda panik. Anda bisa segera melepas baterainya dan kemudian bisa coba di laptop lain.

Jika terdapat baterai lain Anda bisa mencoba pasangkan pada laptop mati tadi karena mungkin saja kerusakan ada pada baterai. Anda juga bisa mencoba untuk menyalakan laptop tanpa baterai dan langsung memakai adapter ke jaringan listrik. Jangan lupa untuk memeriksa tegangan output power adapter yang biasanya berukuran 19 volt.

Jika cara memperbaiki laptop yang mati total tersebut belum berhasil membuat laptop ini menyala bukalah casing laptop sampai Anda bisa menjangkau power adapter pada motherboard. Pastikan adaptor terhubung pada jaringan listrik kemudian ukur voltase pada motherboard. Jika ukurannya menunjukkan 0 VDC maka gantilah konektornya.

Biasanya untuk hal ini membutuhkan proses penyolderan namun bagi pemula hal ini sangat tidak disarankan karena khawatir terdapat penghubung di motherboard yang terbakar. Kemudian jika Anda mendapati tegangan antara 0 sampai 19 VDC maka bisa jadi ada sesuatu yang membebani tegangan tersebut.

Ukur power adapter kedua jika hasilnya tidak mencapai 19 VDC maka lepaskan semua yang terhubung dengan motherboard seperti RAM, kipas, hardisk, DVD atau CD, tambahan wireless dan kabel RAM video. Jika tidak ada pengaruh apapun berarti motherboard sudah rusak. Namun jika Anda mendapati tegangan yang penuh cobalah hubungkan satu per satu perangkat tadi.

Inilah Tips Merawat Laptop Macbook, Dijamin Awet

Tidak Menyala dan Suhu Hangat

Cara Memperbaiki Laptop yang Mati Total, Jangan Dulu Di-Service

Cara memperbaiki laptop yang mati total juga bisa diterapkan pada kondisi hampir sama dengan kondisi sebelumnya namun suhunya relatif hangat. Secara umum karena kondisinya juga hampir mirip maka cara yang dilakukan juga hampir sama. Lepaskan baterai dan kemudian nyalakan dalam keadaan tanpa baterai.

Periksa tegangan output dari power adapter dan pastikan keluarannya sekitar 19 VDC atau sesuai dengan keterangan pada body laptop. Jika tidak ada pengaruh apapun bukalah casing laptop nggak bisa menjangkau motherboard. Cari sumber panas yang timbul biasanya pada konektor DC, CPU atau prosesor, GPU atau pada screen inverter.

Cara memperbaiki laptop yang mati total berikutnya periksa tegangan yang ada seperti pada cara sebelumnya di kondisi pertama. Jika hasil pengukuran tegangan melebihi batas seharusnya dan Anda masih merasakan suhu tinggi ganti atau lepaskan CPU jika memungkinkan dan ukur kembali tegangannya. Bagian GPU juga bisa saja terlepas dari solderannya pada motherboard.

Hal ini bisa terjadi akibat desain yang buruk atau karena panas yang berlebihan. Dengan menekannya cukup lembut namun pasti saat dinyalakan maka bisa membuat laptop terlihat normal. Jika hal ini terjadi maka pastikan GPU terpasang dengan baik dengan cara di solder ulang atau mengganti motherboard.

Penyebab laptop menjadi panas salah satunya ialah konektor DC power yang sudah rusak ataupun aus akibat panas yang berlebih. Penyebabnya bisa jadi karena terdapat kotoran atau komponen-komponen kecil dari motherboard atau casing yang mengotorinya. Cara memperbaiki laptop yang mati total untuk kondisi ini bukan bisa dengan mengganti konektor daya atau mengganti motherboard.

Lampu Indikator Berkedip Tidak Normal, Kipas dan Lampu Layar Menyala, Flicker Tidak Ada

Fitur Easter Egg dari instagram Yang Keren

Jika kondisinya seperti ini maka mulailah dengan melepas baterai dan coba pada laptop lain. Nyalakan dengan menggunakan baterai lain juga coba tanpa menggunakan baterai. Periksa tegangan power adapter harus sekitar 19 VDC. Jika cara tersebut belum berhasil maka lepaskanlah seluruh peripheral dari laptop.

Buka casing laptop hingga menjangkau motherboard dan periksa bagian GPU. untuk kondisi ini bisa disebabkan karena bagian tersebut tidak terpasang dengan benar atau bahkan menjadi gosong dan terbakar. Jika hal ini terjadi perbaiki solderannya atau ganti motherboard secara keseluruhan.

Periksa CPU yang ada di dalamnya apakah suhunya cukup panas dan periksa asalnya dari mana. cobalah untuk melepas atau mengganti dengan CPU lain dan lihat apakah terdapat pengaruh sehingga bisa disimpulkan masalahnya ada pada CPU. Jangan lupa untuk hal ini Anda juga perlu melepas bagian RAM agar hasilnya lebih maksimal.

Cara diatas bisa Anda terapkan secara langsung terlebih jika Anda memang cukup familiar dengan spesifikasi atau beberapa teknik khusus dalam pemasangan laptop. Sebelum menerapkan cara memperbaiki laptop yang mati total ini pastikan Anda berada di tempat yang aman dari listrik statis dan sediakan digital voltmeter atau DVM.