Cara Memperbaiki Headset Rusak Berdasarkan Jenis Kerusakannya

Cara Memperbaiki Headset RusakHeadset merupakan salah satu perangkat untuk mendengarkan suara secara personal tanpa harus terdengar oleh orang lain. Alat ini sering digunakan terutama bagi Anda yang sangat hobi mendengarkan musik. Selain itu, untuk beberapa keperluan seperti menelpon atau teleconference maka alat ini akan sangat dibutuhkan.

Suara yang bisa didengar maupun dihasilkan arahnya lebih jelas dan cenderung lebih jernih jika dibandingkan tanpa menggunakan headset. Untuk mendengarkan musik sendiri penggunaan alat ini akan sangat nyaman karena Anda bisa menikmati musik tersebut tanpa gangguan suara lain di sekitarnya.

Akan tetapi seringkali penggunaan alat ini menyebabkan kerusakan atau beberapa bagian tidak berfungsi menghasilkan suara dengan sangat baik. Jika terjadi gangguan tersebut maka Anda tidak bisa mendengarkan suara dari perangkat ponsel seperti biasanya. Cara memperbaiki headset rusak pada dasarnya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri.

Jika Anda ingin menghemat pengeluaran dengan tidak membeli headset yang baru maka anda bisa segera memperbaikinya sendiri saat alat ini mengalami kerusakan. Jenis kerusakannya bisa berbeda-beda seperti suara hilang total, mati sebelah, suara bass tidak ada atau jenis kerusakan lainnya yang cukup mengganggu pengguna alat ini.

Untuk bisa memperbaikinya Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini agar bisa menggunakan kembali alat tersebut.

Headset Putus

Cara Memperbaiki Headset Rusak Berdasarkan Jenis Kerusakannya

Kondisi atau jenis kerusakan yang pertama yang cukup sering terjadi ialah headset putus. Untuk cara memperbaiki headset rusak hingga kabelnya putus seperti ini bisa dengan menyambungkannya kembali menggunakan perekat terutama untuk bagian luar. Bagian dalam cukup diikatkan agar tersambung kembali.

Selain itu penggunaannya harus lebih berhati-hati terutama saat digunakan di tempat keramaian. Contohnya saja saat aktivitas olahraga banyak orang yang melakukannya sambil mendengarkan musik menggunakan headset. Bukan tidak mungkin kabelnya tidak sengaja tertarik sehingga bisa menjadi putus.

Cara Mengirim Game Dan Aplikasi Via Whatsapp

Mati Sebelah

Cara Memperbaiki Headset Rusak Berdasarkan Jenis Kerusakannya

Jenis kerusakan lain yang sering terjadi pada alat tersebut ialah suaranya hanya muncul pada satu bagian atau sebelah saja. Sementara satu bagian lainnya sama sekali tidak mengeluarkan suara dari ponsel atau perangkat lain yang sering digunakan. Kerusakan seperti ini biasanya dikarenakan kabel earphone atau headset putus pada bagian dalam.

Hal ini lebih sering terjadi pada earphone yang tidak berkualitas dan bisa jadi akibat benturan yang cukup keras. Cara memperbaiki headset rusak dengan kondisi seperti ini bisa dimulai mendengarkan musik sambil menekuk kabel hingga bagian yang mati mengeluarkan suara. Nantinya akan diketahui bagian mana yang mengalami masalah.

Jika sudah diketahui bagian tersebut maka gunting kabel menjadi dua bagian dan pastikan tidak menggunting kabel kecil yang ada di bagian dalam. Jika sudah terbuka akan terlihat 3/4 jaringan kabel dengan warna yang beragam berukuran kecil. Nantinya akan terlihat warna yang terputus sehingga menyebabkan headset tersebut mati sebelah.

Sambungkan kabel dengan warna yang sesuai menggunakan selotip agar bisa berfungsi dengan normal kembali. Hati-hati saat menyambungkannya jangan sampai kabel lain ikut terganggu atau bahkan menjadi terputus. Setelah itu, rapihkan bagian luarnya dengan menggunakan selotip yang sama serapih mungkin dan perekatnya harus kuat.

Bass Mati

Cara Memperbaiki Headset Rusak Berdasarkan Jenis Kerusakannya

Jenis kerusakan seperti ini biasanya diakibatkan karena headset terkena air. hal ini cukup sering terjadi sehingga suara yang muncul pada headset tidak begitu asyik karena suaranya cenderung pelan. Saat menggunakannya pastikan Anda sangat berhati-hati untuk menjauhkan dari benda cair atau menggunakannya di dekat tempat yang berair.

Biasakan untuk tidak menyimpan headset atau earphone pada bagian kantong baju atau celana karena sewaktu-waktu bisa saja lupa dipindahkan sehingga tercuci bersama pakaian tersebut. jika hal ini terlanjur terjadi cara memperbaiki headset rusak tersebut bisa dengan mengeringkannya di bawah sinar matahari atau menggunakan hair dryer.

Spesifikasi dari Ponsel Kreator : Vivo V20

Untuk hal ini headset masih bisa digunakan namun kualitas suaranya tidak begitu baik dan enak didengar. Bagi beberapa orang hal ini tidak begitu bermasalah dan cenderung sering dibiarkan. Alangkah baiknya segera perbaiki hal tersebut agar kualitas suaranya lebih nyaring dan suara bass yang enak didengar bisa didapatkan kembali.

Bunyi Pelan

Jenis kerusakan lain yang sering terjadi pada alat ini ialah bunyinya yang terdengar lebih pelan. Penyebabnya bisa dari sumber suara atau musik tersebut yang memiliki volume cukup rendah. Adapula yang disebabkan karena kabel yang tertekuk sehingga suara yang dihasilkan tidak maksimal. Cara memperbaiki headset rusak seperti ini bisa dengan menggunakan selotip berwarna hitam.

Gunakan selotip hitam pada bagian yang tertekuk sehingga suaranya bisa terdengar lebih maksimal. Selotip tersebut akan mengikat cukup kuat kelebihan kabel data tidak ada bagian yang tertekuk dan menghambat jalan suara. Jika volume dari ponsel atau perangkat sumber suara tersebut memang kecil gunakanlah aplikasi tambahan.

Aplikasi tersebut bisa digunakan untuk menambah dan memaksimalkan volume suara menjadi lebih keras dan nyaring dibanding biasanya. Hal ini juga bisa Anda lakukan setelah memperbaiki bagian kabel yang tertekuk sehingga suaranya sedikit terhambat.

Headphone Menyetrum

Selain headset terdapat perangkat sejenisnya yang juga digunakan untuk mendengarkan suara secara personal dengan lebih jelas yaitu headphone. Salah satu kerusakan yang cukup berbahaya dari alat ini ialah kondisinya yang menyetrum. Komponen pada alat ini lebih detail dan lebih banyak dibandingkan headset sehingga hal tersebut mungkin saja terjadi.

Hal ini tentu sangat berbahaya terlebih ukurannya cukup besar dan digunakan untuk bagian tubuh yang cukup sensitif yaitu telinga. Bahkan saking bahayanya jika headphone menyetrum orang tersebut bisa saja meninggal dunia. Cara memperbaiki headset rusak atau headphone seperti ini ialah jangan menggunakannya pada saat mengisi daya ponsel.

8 Cara Top Up Diamond Murah Mobile Legend

Headphone atau headset tersebut bisa mengalami korsleting listrik. Pada awal-awal penggunaan mungkin saja tidak akan terjadi efek apapun. Namun lama-kelamaan alat tersebut bisa saja menyetrum karena terdapat korsleting atau terdapat arus listrik yang masih tersisa Meskipun tidak sedang mengisi daya ponsel.

Patahan Headset / Headphone Tertinggal di Ponsel

Bukan tidak mungkin bagian headset atau handphone menjadi patah akibat penggunaan yang tidak berhati-hati. Akibatnya terdapat bagian patahan yang masih tersangkut pada area jack port. Hal ini tentu membuat alat tersebut tidak bisa digunakan kembali dan Anda juga tidak bisa menggunakan alat baru karena bagian jack port masih terhalang oleh patahan tadi.

Untuk mengatasinya gunakan cotton bud yang diolesi lem kemudian masukkan dan dorong hingga mengenai patahan yang tersisa tadi. Diamkan beberapa saat kemudian tarik cotton bud tersebut perlahan-lahan hingga patahan tersebut ikut tercabut. Setelah itu, bersihkan kembali secara perlahan bagian jack port menggunakan cotton bud untuk menghilangkan sisa lem yang menempel.

Itulah beberapa cara memperbaiki headset rusak berdasarkan jenis kerusakannya. Intinya sesering apapun Anda menggunakan alat ini Anda harus sangat teliti dan berhati-hati dalam penggunaannya. Hindari dari hal-hal yang mempercepat kerusakan dari alat tersebut dan pastikan selalu menyimpannya dengan benar.