Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak, Tak Perlu Langsung Ganti Baru

Cara Memperbaiki Flashdisk yang RusakFlashdisk merupakan salah satu alat berukuran kecil yang bisa menyimpan berbagai data dalam jumlah dan kapasitas yang cukup besar. Kapasitas yang dimilikinya bahkan bisa mencapai puluhan GB. Banyak jenis file yang bisa disimpan mulai dari foto, video, hingga data berupa angka maupun tulisan.

Karena alat ini merupakan media penyimpanan yang bisa digunakan berpindah-pindah dari perangkat satu ke perangkat lainnya maka potensi mengalami kerusakan juga lebih mudah. Salah satu kerusakan yang mungkin terjadi bisa diakibatkan adanya virus ataupun kotoran berupa debu dari beberapa perangkat yang digunakan.

Meskipun begitu perangkat ini sangat bermanfaat untuk bisa mendapatkan file dari berbagai sumber terutama komputer atau laptop. Jika kerusakan terjadi pada flashdisk maka beberapa pekerjaan Anda bisa terganggu. Cara memperbaiki flashdisk yang rusak sebenarnya bisa anda lakukan sebelum benar-benar mengganti alat ini dengan yang baru.

Hal ini seringkali membuat Anda cepat panik Dan menganggap flashdisk tersebut sudah benar-benar rusak total dan error. Hal pertama yang perlu Anda lakukan tentunya dengan mengenali penyebab awal dari alat ini menjadi tidak berfungsi. Dari sana Anda bisa memutuskan cara untuk mengatasinya berdasarkan penyebab utamanya.

Salah satu contohnya ialah kerusakan akibat pemakaian seperti terkena cairan atau terjatuh sehingga membuatnya menjadi error. Untuk itu, Anda perlu lebih berhati-hati dalam penggunaannya sehari-hari. Berikut ini merupakan cara memperbaiki flashdisk yang rusak sebelum Anda benar-benar mengganti dengan yang baru.

Proses Partisi

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak, Tak Perlu Langsung Ganti Baru

Proses partisi bisa dilakukan dengan mencoba menggunakan pengaturan yang ada pada komputer sehingga membantu flashdisk bisa digunakan kembali. Pertama pasang flashdisk pada port USB komputer ataupun laptop. Selanjutnya ketik compmgmt.msc pada bagian menu run dengan menekan tombol Windows dan huruf R.

8 Deretan HP Samsung dengan Sertifikasi IP68

Berikutnya pilih menu storage dan disk manajemen sehingga membantu flashdisk terdeteksi pada bagian ini. Selanjutnya klik kanan dan pilih create partition dan tunggu hingga proses partisi selesai. Tunggu beberapa saat hingga flashdisk terbaca kembali. Cara memperbaiki flashdisk yang rusak seperti ini bisa Anda lakukan jika kerusakannya bukan berasal dari insiden seperti terkena tumpahan air atau terjatuh.

Gunakan Menu Add Hardware

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak, Tak Perlu Langsung Ganti Baru

Jika cara yang pertama tidak berhasil maka lakukan cara berikutnya yaitu dengan menggunakan menu Add Hardware. Menu tersebut berada pada control panel dan selanjutnya pilihlah opsi next hingga muncul tulisan “yes i have already connected the hardware“. Setelah melakukan langkah ini maka flashdisk Anda bisa terdeteksi kembali.

Alat ini dianggap bisa digunakan kembali bisa dilihat pada icon removable hardware yang ada pada system tray. Selain itu, akan muncul menu autorun ataupun terdapat drive baru pada Windows Explorer. Jika sudah ada maka cancel saja karena berarti flashdisk tersebut sudah terbaca dan bisa digunakan kembali.

HDD Low Level Format Tool

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak, Tak Perlu Langsung Ganti Baru

Istilah ini merupakan salah satu jenis program ringan yang sangat bisa diandalkan karena memiliki navigasi yang cukup mudah. Program ini memiliki kemampuan untuk melakukan proses format ulang dan repair yang sangat baik untuk flashdisk. Cara memperbaiki flashdisk yang rusak bisa dengan menggunakan program ini.

Selain untuk flashdisk Anda juga bisa menggunakan program ini untuk media penyimpanan lainnya. Anda bisa melakukan proses format namun dalam program ini proses tersebut berjalan sedikit lebih lambat. Dapatkan program ini melalui situs resminya pada alamat hddguru.com secara gratis.

Repair 2.9.1.1

Selanjutnya Anda juga bisa menggunakan program Repair 2.9.1.1 yang juga cukup ringan untuk bisa digunakan memperbaiki flashdisk. Ukuran dari program ini hanya sebesar 492 KB namun kemampuannya sangat luar biasa. Program ini bisa Anda gunakan untuk memperbaiki kerusakan pada flashdisk secara otomatis dengan proses scanning.

Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP hingga Penyebabnya

Cara memperbaiki flashdisk yang rusak bisa menggunakan program ini karena memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam urusan repair. Sama dengan program sebelumnya program ini juga memiliki fungsi dan cara kerja yang hampir sama. beberapa jenis storage lainnya juga bisa diperbaiki dengan menggunakan perangkat ini.

Akan tetapi dengan menggunakan cara ini data sebelumnya yang tersimpan tidak mungkin akan muncul kembali. Program ini hanya membantu flashdisk tersebut untuk bisa terbaca kembali namun tidak dengan file yang sudah pernah disimpan di dalamnya. Hampir setiap cara tersebut harus melalui proses format sehingga file di dalamnya otomatis akan hilang.

Memperbaiki Flashdisk Yang Terkena Air

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak, Tak Perlu Langsung Ganti Baru

Salah satu penyebab flashdisk menjadi rusak bisa jernih karena terkena air baik tidak sengaja dicuci ataupun terkena tumpahan. Jangan terlalu panik karena sebenarnya hal tersebut bisa diperbaiki tanpa harus langsung menggantinya. Hal pertama yang harus Anda lakukan bisa dengan mengeringkan flashdisk yang terkena air.

Cara memperbaiki flashdisk yang rusak ini bisa dengan menjemur flashdisk tersebut di bawah sinar matahari agar lebih cepat kering sehingga alat ini tidak menjadi konslet. Hal ini harus segera dilakukan agar air tidak masuk terlalu dalam pada bagian flashdisk sehingga menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Hal ini harus dilakukan dengan cepat agar kerusakan bisa diminimalisir sedini mungkin dengan cara mengeringkannya. Sebelum diperbaiki Jangan coba untuk menghubungkannya pada komputer terutama jika keadaannya masih basah. Hal ini akan menambah parah kerusakan pada flashdisk karena arus listrik dari komputer tersebut.

Paling tidak keringkan alat ini hingga waktu 180 menit lebih hingga benar-benar kering.Jika sudah kering coba untuk gunakan atau hubungkan pada komputer untuk mengecek apakah sudah bisa terdeteksi atau belum untuk mengantisipasi jika tiba-tiba flashdisk tersebut tidak bisa digunakan kembali.

Berbagai Review Game Moonlight Sculptor yang Harus Diketahui

Selain memperbaikinya alangkah lebih baik Anda juga melakukan pencegahan sebelum kerusakan tersebut dan benar terjadi. Salah satu pencegahan yang paling penting tentu saja lebih berhati-hati dalam penggunaannya. Contohnya saja dengan menjauhkan benda cair pada saat menggunakan flashdisk atau saat menyimpannya.

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati untuk selalu teratur dalam mengambil dan menyimpan benda kecil ini untuk menghindari flashdisk yang terjatuh atau tercuci karena lupa tidak mengeluarkannya dari saku celana atau baju. Sebelum melakukan cara mengatasi flashdisk yang rusak pencegahan lebih baik untuk dilakukan.

Hal tersebut bisa menyelamatkan file yang Anda miliki sebab sebagian besar untuk memperbaikinya terdapat proses format sehingga file di dalamnya otomatis akan hilang. Untuk membersihkannya pun harus sangat teratur agar debu dan kotoran baik yang bersifat fisik maupun tidak bisa dibersihkan sehingga tidak menghambat kinerja flashdisk.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan tentu saja tidak boleh terlalu panik sebab jalan beberapa keadaan alat ini tetap bisa diperbaiki dan digunakan kembali. Bahkan jika kerusakannya tidak terlalu parah file tersebut bisa saja tetap ada dalam alat tersebut.

Cara memperbaiki flashdisk yang rusak bisa Anda pelajari terlebih dahulu sebelum diperbaiki oleh orang yang lebih ahli atau bahkan menggantinya dengan yang baru. Hal ini bisa menjadi alternatif jika memang Anda tidak dapat mengganti flashdisk tersebut. Namun sebaiknya hal ini bisa Anda lakukan agar bisa lebih menghemat budget.