Cara Memperbaiki Data Seluler yang Tidak Berfungsi Pada Ponsel Android

Cara Memperbaiki Data Seluler yang Tidak Berfungsi – Android merupakan salah satu jenis smartphone atau ponsel pintar yang saat ini sangat banyak digunakan oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Hampir setiap orang kini sudah bisa menggunakan ponsel ini karena memang memiliki harga yang relatif terjangkau.

Untuk bisa terhubung dengan internet atau beberapa aplikasi chatting maka dibutuhkan kartu SIM yang diaktifkan dengan memiliki kuota data seluler. Nantinya pengaturan data seluler bisa dihidupkan agar bisa digunakan mengakses internet atau beberapa jenis aplikasi. Hal inilah yang menjadi aktivitas yang paling sering digunakan dengan menggunakan ponsel Android.

Akan tetapi dalam beberapa situasi seringkali terjadi data seluler tersebut tidak bisa digunakan atau tidak berfungsi sama sekali. Jika tidak berfungsi otomatis ponsel Android tersebut sulit untuk digunakan terutama untuk mengakses internet dan sejenisnya. Cara memperbaiki data seluler yang tidak berfungsi bisa dilakukan dengan trik khusus.

Pada penggunaan ponsel ini data seluler memegang peranan yang sangat penting bahkan sudah menjadi kesatuan terhadap jenis ponsel ini. Tanpa menggunakan data seluler nampaknya ponsel Android tersebut tidak bisa digunakan karena sebagian besar fitur dan aplikasi pada ponsel tersebut bisa digunakan dengan bantuan data seluler.

Sebelum pergi ke service center dari masing-masing merek ponsel tersebut tidak ada salahnya Anda mencoba memperbaikinya sendiri. Secara umum Anda tidak membutuhkan alat lain secara khusus dan bisa mengandalkan pengaturan pada ponsel ini. Lakukan beberapa cara berikut ini untuk memperbaiki data seluler yang tidak berfungsi.

Setel Ulang Koneksi Jaringan

Cara Memperbaiki Data Seluler yang Tidak Berfungsi Pada Ponsel Android

Cara memperbaiki data seluler yang tidak berfungsi yang cukup sederhana bisa dengan menyetel ulang koneksi jaringan. Caranya bisa dengan memasukkan SCRTN atau menyerupai kode khusus untuk mengatur ulang jaringan yang ada pada perangkat. Kode tersebut hanya akan berfungsi untuk smartphone yang menggunakan jaringan CDMA.

Aplikasi Pemotong Video Terbaik & Tercanggih

Untuk jenis smartphone Google Pixel apakah Anda bisa menggunakan kode *#*#72786#*#*. Sementara itu, untuk pengguna ponsel Nexus 5 dan Moto G5 Anda bisa menggunakan kode #*#*72786#*#*. Pengguna Android di luar tipe tersebut bisa menggunakan kode ##72786#. secara angka memang cukup sama namun kombinasi tanda yang digunakan cukup berbeda.

Anda harus berhati-hati terhadap penggunaan kode tersebut jangan sampai keliru atau tertukar sebab masing-masing produk sudah memiliki fungsi sesuai jenis smartphone. Bila perlu catat secara khusus agar saat Anda ingin memperbaiki data seluler yang tidak berfungsi Anda bisa lebih mudah menggunakannya tanpa tertukar dengan kode lain.

Gunakan Mode Pesawat

Cara Memperbaiki Data Seluler yang Tidak Berfungsi Pada Ponsel Android

Mode pesawat merupakan salah satu fitur pada ponsel untuk bisa mematikan seluruh jaringan yang ada pada ponsel termasuk jaringan internet dan telepon. Hal ini juga bisa Anda gunakan sebagai cara memperbaiki data seluler yang tidak berfungsi. Jika biasanya itu Ini digunakan pada saat Anda sedang berada dalam pesawat di ketinggian tertentu kini fitur ini bisa digunakan untuk fungsi lain.

Caranya cukup gunakan mode pesawat untuk memancing sinyal jaringan sehingga data seluler bisa kembali pulih. Anda bisa menghidupkan mode pesawat kemudian tunggu selama 30 detik. Jika sudah aktifkan kembali mode pesawat tersebut. Setelah itu, data seluler bisa saja menjadi aktif kembali dan berfungsi seperti semula.

Akan tetapi jika masih belum berfungsi maka Anda bisa menghidupkan kembali mode pesawat tersebut. Pada cara memperbaiki data seluler yang tidak berfungsi seperti ini Anda harus mematikan ponsel setelah menghidupkan mode pesawat. tunggu beberapa saat barulah Anda bisa menghidupkan kembali ponsel tersebut.

Setelah ponsel kembali menyala matikan mode pesawat dan tunggu selama 30 detik. Jika sudah cobalah untuk menghidupkan data seluler dan lihatlah apakah sudah berfungsi kembali atau tidak. Jika masih belum berfungsi cobalah untuk melakukan cara lain yang cukup efektif membantu data seluler berfungsi seperti sedia kala.

Cara Membersihkan Virus di Flash Disk dengan Mudah

Intinya untuk mode pesawat ini bisa Anda gunakan untuk memperbaiki data seluler karena memang fitur tersebut berhubungan dengan jaringan internet dan telepon. Cara memperbaiki data seluler yang tidak berfungsi dengan menggunakan mode pesawat ini terbilang cukup mudah dan bisa Anda lakukan sendiri.

Setel Ulang APN

Cara Memperbaiki Data Seluler yang Tidak Berfungsi Pada Ponsel Android

APN merupakan singkatan dari access point Names yang merupakan program atau sarana yang digunakan penyedia jaringan seluler untuk menghubungkan smartphone pada internet. Program ini pada dasarnya sudah terpasang sebagai fitur dalam pengaturan ponsel. Hampir setiap ponsel bisa mengakses program ini dengan mudah.

Cara memperbaiki data seluler yang tidak berfungsi bisa dengan menggunakan program APN tersebut. Program tersebut akan mengatur perangkat dengan semua pengaturan penting seperti alamat IP dan gateway untuk membantu perangkat pengguna agar bisa terhubung dengan internet.

Untuk membantu memperbaiki data seluler tersebut buka menu pengaturan dan pilih mobile data atau Wireless Controls. Adapula menu yang harus dipilih dengan nama wireless & Networks. Selanjutnya ketik Mobile Networks dan Access Point Name. Berikutnya Anda bisa melihat daftar APN yang ada pada ponsel.

Ketuk ikon menu di kanan atas lalu pilih reset to default. Tunggu beberapa saat dan cobalah untuk menghidupkan kembali data seluler. Biasanya jika langkah diatas sudah dilakukan dengan benar maka data seluler bisa berfungsi kembali seperti biasanya. Pastikan perhatikan dengan benar langkah-langkah tadi agar data seluler segera pulih.

Restart Ponsel dan Buka Kartu SIM

Pada ponsel Android Anda juga bisa melakukan proses restart dengan menekan tombol power dan pilih menu restart. Setelah itu, ponsel akan otomatis mematikan daya dan tak lama kemudian akan hidup kembali. Hal tersebut bisa Anda pilih sebagai cara memperbaiki data seluler yang tidak berfungsi.

Cara Merawat Software Komputer Agar Tetap Awet

Jika sudah hidup kembali maka cobalah untuk menghidupkan kembali data seluler dan cek apakah internetnya sudah bisa digunakan atau tidak. Cara tersebut bisa dilakukan karena terkadang setelah melakukan restart banyak fungsi atau pengaturan yang akan normal kembali dikarenakan terdapat beberapa gangguan.

Selain itu, Anda juga bisa membuka kartu SIM yang terpasang terlebih dahulu. Terkadang internet atau data seluler tersebut tidak bisa digunakan dikarenakan posisi dari kartu SIM tersebut tidak tepat pada tempatnya atau sedikit menggeser. Periksa pula bisa jadi terdapat sesuatu yang menghalangi kartu tersebut sehingga fungsinya tidak berjalan dengan baik.

Jika sudah sudah dibuka dan dibersihkan kemudian pasang kembali kartu SIM tersebut dengan posisi yang tepat dan benar pada tempatnya. Jangan lupa untuk mematikan ponsel terlebih dahulu sebelum membuka kartu SIM tersebut. Jika sudah selesai cobalah hidupkan kembali ponsel dan nyalakan data seluler untuk mengecek apakah sudah berfungsi kembali atau tidak.

Itulah beberapa cara memperbaiki data seluler yang tidak berfungsi sehingga bisa kembali digunakan seperti biasanya. Jangan lupa untuk selalu mengecek sisa data kuota internet karena bisa jadi hal tersebut juga menjadi penyebab data seluler tersebut tidak berfungsi. Selain itu, lakukan setiap langkah di atas dengan berhati-hati agar tidak merusak pengaturan lainnya.