Cara Membersihkan Virus di Flash Disk dengan Mudah

Cara membersihkan virus di flash disk merupakan salah satu ilmu yang harus Anda miliki. Terutama jika Anda merupakan orang yang sangat dekat dengan flash disk, misalnya sering menyimpan file di flashdisk dan lain sebagainya.

Flash disk juga bisa diidentikkan dengan istilah kecil-kecil cabe rawit. Pasalnya, dengan benda sekecil itu mampu menampung file-file penting seseorang sehingga tidak akan hilang. Namun, terkadang flash disk juga bisa mendapat sedikit gangguan dan bahkan menghilangkan file-file penting Anda.

Tentu hal ini dikarenakan oleh adanya virus di dalam flash disk tersebut. Setiap flash disk memiliki kemungkinan untuk memiliki virus di dalamnya, sehingga Anda harus berhati-hati dan sering untuk membersihkan virus di flash disk.

Jika Anda tidak tahu bagaimana cara membersihkan virus di flash disk ini, maka Anda harus membaca beberapa tips dan trik yang akan disebutkan di bawah ini. Adapun cara yang tepat dalam membersihkan virus pada flashdisk ini adalah sebagai berikut.

Menghapus Virus Dengan Memanfaatkan CMD

Biasanya virus yang menyerang flash disk ini merupakan sebuah virus yang membuat banyak shortcut. Biasanya virus yang satu ini merupakan virus yang tidak bisa dihapus meskipun Anda sudah menekan tombol delete atau bahkan shit + del

Virus yang satu ini akan menampilkan data-data Anda dalam bentuk shortcut, sedangkan data Anda yang asli sudah disembunyikan oleh virus tersebut. Virus ini memang tidak akan membahayakan komputer Anda. Tetapi akam sangat menjengkelkan, sebab data-data Anda akan disembunyikan olehnya.

Dalam menanganinya, Anda tidak perlu repot-repot menggunakan aplikasi antivirus atau sejenisnya. Sebab, Anda bisa memanfaatkan perintah CMD saja sebagai salah satu cara membersihkan virus di flash disk ini. Dengan memanfaatkan perintah CMD ini, Anda biaa menghapus virus tersebut tanpa kehilangan data-data penting milik Anda.

Ingin Laptop Minimalis? Miliki Huawei Matebook 13 Sekarang Juga!

Penggunaan CMD memang lebih disarankan untuk kasus virus pada flash disk ini, pasalnya ada beberapa jenis antivirus yang bukan hanya membersihkan virus pada flash disk, melainkan juga bekerja untuk membersihkan semua data dengan cara menghapus semua data yang ada di flash disk tersebut.

Agar Anda tidak penasaran, maka cara membersihkan virus di flash disk dengan CMD ini adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama harus Anda lakukan yaitu Anda harus menyambungkan flashdisk tersebut komputer atau laptop Anda.
  2. Kemudian Anda harus mengaktifkan show hidden file yang nantinya akan berfungsi untuk menampilkan semua file dan folder yang berstatus hidden file.

Cara Membersihkan Virus di Flash Disk dengan Mudah

Cara Membersihkan Virus di Flash Disk dengan Mudah

  1. Selanjutnya yaitu Anda harus membuka program CMDnya. Jika Anda menggunakan windows 10, maka Anda hanya perlu mengetik CMD pada menu search atau kolom pencarian dan dilanjutkan dengan mengklik tanda kaca pembesar atau bisa juga dengan menekan tombol enter. Sedangkan pada windows selain windows 10, maka Anda hanya perlu menekan tombol windows + R. Kemudian dilanjutkan dengan menegtik lokasi dari flash disk Anda.
  2. Langkah selanjutnya dari cara membersihkan virus di flash disk ini yaitu jika flash disk tersebut berada pada partisi C, maka ketiklah C. Namun jika berada pada partisi D, maka ketiklah D. Artinya, Anda harus menyesuaikannya dengan lokasi flashdisk Anda berada.
  3. Kemudian Anda harus mengetikkan -s -r /s /d dan dilanjutkan dengan menekan tombol enter.

Cara Membersihkan Virus di Flash Disk dengan Mudah

Cara Membersihkan Virus di Flash Disk dengan Mudah

  1. Untuk memastikan keampuhan dari cara membersihkan virus di flash disk ini, maka setelah semua langkah di atas sudah selesai dilakukan, maka Anda harus mengecek flash disk Anda tersebut. Biasanya, Anda akan mendapatkan file-file Anda dalam bentuk yang asli.

Virus yang mampu menjadikan file asli menjadi shortcut ini memang akan tetap ada pada flash disk Anda meskipun Anda sudah melakukan beberapa langkah diatas. Tetapi Anda  bisa menghapusnya.

Trik Cerdas Mempercepat Kinerja Laptop Untuk Windows 7

Namun, sebaiknya Anda harus memindahkan dulu data-data penting Anda tersebut. Kemudian melanjutkan cara membersihkan virus di flash disk ini dengan memilih untuk memformat flashdisk milik Anda tersebut. Cara yang satu ini merupakan cara yang dianggap sangat efektif dalam menghapus virus shortcut agar tidak kembali lagi.

Menscanning Dengan Antivirus

Seperti yang kita ketahui bahwa cara terampuh dalam membasmi virus yang ada di komputer ataupun di flash disk adalah dengan menggunakan antivirus. Apalagi jika anti-virus tersebut sudah Anda update sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa sebelum Anda memilih untuk membuka file yang ada di flash disk tersebut, maka Anda harus melakukan scanning terlebih dahulu saat sudah terbaca oleh sistem operasi komputer Anda. Cara membersihkan virus di flash disk ini sangat gampang tetapi ampuh dalam menghapus virus di flash disk Anda.

Jika dalam proses scanning atau pemindaian tersebut tidak ditemukan virus  maka bisa dipastikan bahwa flash disk milik Anda sedang dalam keadaan baik-baik saja. Namun jika memang terdeteksi sebuah virus, maka Anda harus segera untuk memilih opsi delete agar memulihkan kondisi flashdisk tersebut dan menghilangkan semua virus yang ada di dalamnya.

Sehingga Anda tidak akan kehilangan data-data penting Anda. Perlu diingat bahwa saat Anda menghapus virus dengan  cara membersihkan virus di flash disk  yang satu ini akan membuatnya hilang secara permanen dari flashdisk Anda.

Anda bisa menggunakan banyak sekali program anti-virus sesuai dengan keinginan, bisa dengan menggunakan Avast, Windows Defender, Bitdefender atau bahkan Kaspersky. Hal ini dikarenakan, beberapa program antivirus yang sudah disebutkan diatas merupakan salah satu program antivirus yang terbaik dan banyak digunakan oleh pengguna laptop atau komputer di dunia.

Cara Memperbaiki Penggunaan CPU yang Tinggi Agar Normal Kembali

Sehingga bisa dipastikan bahwa program anti-virus ini akan sangat ampuh dalam membasmi semua virus yang ada di dalam komputer ataupun di flash disk Anda. Jika memang Anda ingin memaksimalkan dalam proses pembasmian virus ini, maka Anda bisa menggunakan salah satu anti-virus lokal Indonesia yang dikenal sangat ampuh dalam basmi virus yang bernama Smadav.

Menghapus Dengan Smadav

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa Smadav merupakan anti-virus lokal yang sudah tidak perlu lagi diragukan kemampuannya dalam membersihkan virus virus baik di komputer maupun di flashdisk. Untuk itu, berikut ini adalah cara membersihkan virus di flashdisk menggunakan Smadav.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu pastikan bahwa komputer Anda memiliki aplikasi Smadav. Jika tidak ada, maka Anda bisa mendownloadnya secara gratis di situs resminya yaitu di Smadav.net.
  2. Jika sudah mendownload aplikasinya, maka Anda harus merestart terlebih dahulu PC atau komputer Anda.
  3. Jika sudah, Anda sudah bisa untuk menyambungkan flashdisk ke komputer tersebut.
  4. Kemudian Anda harus mengklik kanan pada bagian drive flash disk.
  5. Selanjutnya Anda harus mengklik opsi bertuliskan scan with Smadav.
  6. Jika langkah-langkah di atas sudah Anda lakukan dengan baik, maka Anda hanya perlu menunggu proses terjadinya berjalan dan pastinya membutuhkan waktu beberapa saat untuk bisa melihat hasilnya. Anda bisa langsung melihatnya di menu reports. Jika ada virus, maka Anda bisa langsung menghapusnya pada tab virus.

Nah, itulah tadi beberapa cara membersihkan virus di flash disk yang bisa Anda lakukan. Membersihkan virus dari flash disk merupakan kegiatan yang memang harus Anda lakukan secara rutin untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Cara-cara diatas bisa Anda lakukan dengan sangat mudah dan bahkan tidak membutuhkan waktu yang lama.