Cara Membersihkan Sampah Di Laptop Dengan Dan Tanpa Aplikasi

Cara membersihkan sampah di laptopMembersihkan sampah pada laptop merupakan salah satu ilmu yang harus dimiliki oleh setiap orang yang menggunakan laptop. Apalagi jika laptop tersebut sering digunakan, misalnya untuk bekerja atau bahkan untuk mengerjakan tugas.

Tentunya dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan menggunakan laptop serta file yang disimpan di laptop akan membuat laptop menjadi sedikit lebih lemot, yang salah satunya dikarenakan banyaknya sampah tersebut.

Untuk itu, jika Anda merupakan seorang yang sering menggunakan laptop, maka Anda harus mengetahui cara yang tepat dalam membersihkan atau menghapus sampah yang ada di laptop tersebut.

Agar Anda tahu bagaimana cara membersihkan sampah di laptop  yang tepat, maka di bawah ini akan dijelaskan beberapa langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan sampah di laptop tersebut. Adapun cara-caranya dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Memanfaatkan Fitur Run

Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi bantuan, maka Anda bisa memanfaatkan fitur run yang ada di laptop Anda. Adapun langkah-langkah yang harus Anda lakukan yaitu.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu menekan tombol Windows + R di keyboard Anda agar bisa membuka fitur run yang ada di laptop.
  2. Kemudian Anda harus mengetikkan kata temp, nantinya ekspor akan membuka dan menunjukkan seluruh folder temp.

Cara Membersihkan Sampah Di Laptop Dengan Dan Tanpa Aplikasi

  1. Select semua folder yang akan muncul di layar laptop Anda dan kemudian Anda harus menekan tombol delete di keyboard.

Cara Membersihkan Sampah Di Laptop Dengan Dan Tanpa Aplikasi

  1. Langkah selanjutnya dari cara membersihkan sampah di laptop yaitu jika langkah ketiga di atas sudah Anda lakukan dengan benar, maka Anda harus menekan tombol Windows + R yang ada di keyboard.
  2. Kemudian nanti akan muncul fitur Run dan Anda harus mengetikkan %temp%
  3. Setelah itu, file explorer pun akan kembali terbuka.
  4. Kemudian Anda harus menghapus semua file yang ada di layar laptop Anda. Jangan lupa juga untuk masuk ke recycle bin dan kosongkan Recycle Bin tersebut agar file sampah yang ada di laptop Anda benar-benar hilang.
Cara Membersihkan File Sampah di Laptop yang Mudah dan Efektif

Cara Membersihkan Sampah Di Laptop Dengan Dan Tanpa Aplikasi

Menggunakan Aplikasi CCleaner

Cara membersihkan sampah di laptop yang selanjutnya yaitu memanfaatkan aplikasi yang sudah cukup dikenal oleh banyak orang yaitu bernama ccleanser. Keahlian dari aplikasi yang satu ini tidak perlu lagi Anda ragukan.

Pasalnya sejak diluncurkan pada tahun 2003 lalu, aplikasi ini terus digunakan oleh para pengguna laptop hingga saat ini. Dengan begitu, bisa dipastikan bahwa aplikasi ini sangat membantu dalam membersihkan sampah yang ada di laptop.

Untuk lebih jelasnya  di bawah ini akan di sebutkan langkah-langkah yang harus Anda lakukan dalam membersihkan sampah di laptop menggunakan aplikasi ccleanser.

  1. Langkah pertama dari cara membersihkan sampah di laptop menggunakan aplikasi ccleanser yaitu Anda harus menginstall aplikasi CCleaner di laptop milik Anda. Untuk memdownloadnya, Anda bisa langsung mendownloadnya di situs resminya yaitu di https://www.ccleaner.com/download.
  2. Jika sudah mendownload, maka Anda harus membuka aplikasinya.
  3. Nantinya akan muncul tampilan tab cleaner. Kemudian Anda harus mengklik tombol Run ccleaner yang ada di bagian pojok kanan bawah. Nantinya, Anda akan dimintai konfirmasi dan Anda harus melakukannya dengan menekan tombol continue.
  4. Setelah langkah diatas dilakukan maka langkah selanjutnya dari cara membersihkan sampah di laptop yaitu proses scanning pun akan berjalan dengan sendirinya.
  5. Selama proses ini berjalan, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi lagi untuk setiap program yang akan dibersihkan tersebut. Di sini Anda harus benar-benar berhati-hati dalam memilih program akan di bersihkan file sampahnya.

Melalui Disk Cleanup

Cara Membersihkan Sampah Di Laptop Dengan Dan Tanpa Aplikasi

Jika Anda menggunakan Windows 10 dan tidak ingin mendownload aplikasi tertentu, maka Anda bisa langsung menggunakan cara yang ketiga ini yaitu dengan menghapus sampah tersebut melalui disk Clean Up. Adapun langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Cara Pertama
Mudah dan Praktis, Inilah Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP!

– Anda harus membuka fitur search yang ada di laptop Anda, kemudian Anda harus mengetik kata Disk Clean Up.

– Dengan begitu, maka nanti akan muncul sebuah aplikasi bawaan di laptop Anda yang hahya akan ada di Windows 10 tersebut. Jika sudah muncul, maka Anda harus membuka aplikasinya.

– Langkah selanjutnya dari cara membersihkan sampah di laptop yaitu Anda akan diminta untuk memilih Drive.

– Maka dari itu, Anda harus memilih drive c karena biasanya di drive C tersebut akan ada banyak sekali file sampah.

– Selanjutnya file sampah tersebut akan bermunculan dan Anda harus ceklis semua file sampah itu dan klik ok untuk bisa menghapusnya.

  1. Cara Kedua

– Langkah pertama dari cara yang kedua ini yaitu Anda harus membuka file explorer.

– Kemudian Anda harus mengklik this PC.

– Langkah selanjutnya dari cara membersihkan sampah di laptop yaitu Anda harus mengklik kanan pada drive c dan memilih opsi properties.

– Setelah itu, jendela properties pun akan terbuka dan Anda akan melihat tombol Disk Cleanup disana.

– Kemudian Anda harus mengklik tombol tersebut dan memilih opsi Oke agar proses pembersihan sampah itu bisa berjalan.

Menggunakan Aplikasi AVG Tune Up

AVG PC TuneUp merupakan sebuah aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan file sampah yang ada di laptop Anda. Aplikasi yang satu ini juga banyak digandrungi oleh para pengguna laptop. Pasalnya terdapat berbagai fitur yang sangat menarik untuk digunakan.

Salah satu fitur yang cukup canggih yaitu Anda bisa membuat penjadwalan membersihkan file sampah yang ada di laptop dengan menggunakan aplikasi ini secara otomatis. Hal ini ditunjang oleh sebuah fitur yang bernama fitur schedule and automatic Routine maintenance.

Cara Memperbaiki Penggunaan CPU yang Tinggi Agar Normal Kembali

Jika fitur ini sudah Anda aktifkan, maka Anda tidak perlu lagi untuk menghapus file sampah secara manual sebab file sampah tersebut akan terhapus secara otomatis sesuai dengan jadwal yang sudah Anda berikan.

Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan disebutkan cara membersihkan sampah di laptop menggunakan aplikasi ini. Adapun langkah-langkah yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu mendownload aplikasi AVG Tuneup.
  2. Jika aplikasi tersebut sudah Anda install, maka Anda harus membuka aplikasinya.
  3. Nantinya akan muncul beberapa opsi atau pilihan action yang ada di layar laptop Anda. Namun Anda hanya perlu memilih satu opsi yaitu opsi free up Space.
  4. Nantinya akan ada proses scanning dan Anda harus sabar dalam menunggu proses ini selesai.
  5. Kemudian Anda harus mengklik pada sistem change and logs dan dilanjut dengan menekan opsi show dan terakhir yaitu menekan opsi clean. Jika langkah-langkah ini sudah dilakukan dengan benar, maka semua file sampah di laptop Anda sudah hilang.

Itulah tadi beberapa cara membersihkan sampah di laptop yang bisa Anda lakukan. Cara-cara diatas bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Setiap cara-cara diatas tentu memiliki tantangan dan kesulitannya masing-masing, sehingga jika salah satu cara diatas ada yang tidak bisa digunakan, maka Anda bisa menggunakan cara yang lain.