Dijamin Tidak Ribet, Inilah Cara Mematikan Anti Virus Windows 10

Cara mematikan antivirus Windows 10 – Cara untuk mematikan antivirus mungkin merupakan salah satu tips dan trik yang pernah Anda cari di Google. Setiap orang tentu memiliki alasan tersendiri untuk mematikan atau menonaktifkan fitur anti virus pada laptopnya meskipun terjadinya anti-virus ini sangat berguna bagi laptop atau komputer Anda.

Agar Anda tahu lebih banyak mengenai antivirus di Windows 10 beserta cara untuk mematikan antivirus tersebut di Windows 10, maka di bawah ini akan dijelaskan secara rinci hanya untuk Anda.

Apa Itu Anti Virus?

Anti-virus merupakan sebuah program yang ada di komputer yang bisa untuk digunakan dalam mencegah, mendeteksi atau bahkan menghapus malware. Anti-virus ini biasa juga disebut dengan perangkat perlindungan virus.

Hal ini dikarenakan program yang satu ini bisa menentukan apakah dalam komputer tersebut terinfeksi virus ataukah tidak. Sebelum anda mengetahui cara mematikan antivirus Windows 10 ini, Anda harus tahu bahwa program yang bernama anti-virus ini akan berjalan di latar belakang dan mampu untuk melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses, baik itu dibuka, dimodifikasi atau bahkan ketika disimpan.

Kegunaan Antivirus Di Komputer

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa anti virus ini memiliki tugas untuk mencegah, mendeteksi dan menghapus Malware. Namun selain tugas tersebut, sejatinya antivirus di komputer ini memiliki kegunaan dan fungsi yang jauh lebih banyak. Adapun fungsi dari antivirus yang harus Anda ketahui sebelum Anda mengetahui cara mematikan antivirus Windows 10 ini adalah sebagai berikut.

  1. Mampu menghentikan semua program-program yang dianggap berbahaya
  2. Mampu memproteksi halaman website
  3. Sebagai pengganti firewall komputer
  4. Mampu melakukan pemindaian pada banyak komputer
  5. Mampu meng uninstall program hingga tuntas
  6. Mampu mendeteksi ancaman virus pada Email
  7. Mampu mengunci program komputer
  8. Sebagai pelindung komputer dari perangkat yang terhubung
Spesifikasi dari Samsung Galaxy Watch3

 Cara Mematikan Anti Virus Windows 10 Sementara

Pada Windows 10 sudah ada perangkat bawaan yang bertugas sebagai anti virus yang disebut dengan Defender. Program atau perangkat ini memang akan sangat membantu dalam melindungi komputer dari bahaya virus.

Namun ada satu alasan yang membuat banyak orang memilih untuk menghapus anti-virus pada Windows 10 ini, dikarenakan Defender terkadang salah dalam mendeteksi virus dan bahkan mampu menghapus hal penting yang dianggap virus secara otomatis.

Maka tak heran jika banyak orang yang mencari cara mematikan antivirus Windows 10 ini di berbagai platform agar bisa mengamankan file penting mereka dan menghindari berbagai kemungkinan yang akan terjadi.

Selain itu, Windows Defender ini juga sering menganggap beberapa aplikasi sebagai aplikasi yang berbahaya dan tidak bisa diinstal, meskipun pada dasarnya aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang legal dan bukan merupakan sebuah aplikasi bajakan.

Jika Anda juga ingin menghapus atau mematikan antivirus di komputer Windows 10 hanya untuk sementara, maka Anda bisa mengikuti beberapa langkah-langkah dibawah ini untuk bisa menonaktifkan atau mematikannya sementara.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan dari cara mematikan antivirus Windows 10 ini untuk sementara waktu, Anda harus mengklik start untuk membuka program Windows Defender tersebut.

Agar jauh lebih mudah, Anda hanya perlu mengetik update and security pada kolom pencarian. Kemudian Anda harus menekan tanda kaca pembesar atau bisa juga dengan menekan tombol enter.

Dijamin Tidak Ribet, Inilah Cara Mematikan Anti Virus Windows 10

  1. Kemudian Anda akan dihadapkan dengan berbagai macam menu keamanan di layar laptop Anda.
  2. Lalu Anda harus mengklik setting yang kemudian dilanjutkan dengan mengklik Windows Defender yang ada pada bagian kiri tengah.
  3. Langkah selanjutnya dari cara mematikan antivirus Windows 10 hanya untuk sementara ini yaitu Anda akan melihat sebuah tampilan yang ada di sebelah kanannya yaitu real time protection serta cloud-based protection.
Cara Mengatasi Aplikasi Yang Sering Berhenti Sendiri di Android

Dijamin Tidak Ribet, Inilah Cara Mematikan Anti Virus Windows 10

  1. Langkah selanjutnya yaitu Anda harus mengubah pengaturan on menjadi off atau turn off. Perlu diketahui bahwa cara di atas hanya akan menonaktifkan antivirus Windows 10 dalam waktu beberapa jam saja.

 Cara Mematikan Anti Virus Windows 10 Secara Permanen

Jika Anda tidak ingin menggunakan cara yang sementara seperti yang sudah disebutkan diatas karena Anda ingin menonaktifkan antivirus ini selamanya, maka Anda bisa mengikuti beberapa langkah-langkah yang akan disebutkan di bawah ini.

  1. Langkah pertama dari cara mematikan antivirus Windows 10 versi permanen ini yaitu pada bagian pojok kiri daerah bawah akan ada sebuah bendera Windows yang nantinya bisa Anda klik atau tekan dan bendera ini disebut juga dengan menu start.
  2. Kemudian Anda harus menuju pada kolom searching atau kolom pencarian dan mengetikkan edit group policy. Kemudian pilih enter atau klik tanda kaca pembesar.
  3. Nantinya akan muncul sebuah kotak dan Anda harus mengklik local computer policy.
  4. Langkah selanjutnya dari cara mematikan antivirus Windows 10 versi permanen ini yaitu Anda harus klik opsi computer configuration.
  5. Setelah itu, Anda juga harus mengklik kembali opsi administrative templates.

Dijamin Tidak Ribet, Inilah Cara Mematikan Anti Virus Windows 10

  1. Nantinya akan muncul kembali sebuah kotak menu yang bernama administrative template dan Anda harus segera mengklik tulisan atau opsi Windows components.
  2. Perlu Anda ketahui bahwa Windows Defender ini ada dalam Windows komponen, sehingga untuk bisa mencarinya Anda harus menscroll hingga bisa menemukan Windows Defender tersebut. Jika Anda sudah menemukannya, maka Anda harus mengklik Windows Defender antivirus.
  3. Langkah selanjutnya dari cara mematikan antivirus Windows 10 versi permanen ini yaitu Anda akan menemukan kolom aktivasi On atau Off pada menu Windows Defender antivirus tersebut. Maka, Anda harus mengklik sebanyak 2 kali dengan sangat cepat pada tulisan turn off Windows Defender antivirus.
5 Aplikasi Remote TV untuk Android Terbaik

Dijamin Tidak Ribet, Inilah Cara Mematikan Anti Virus Windows 10

  1. Nantinya akan muncul berbagai opsi dan Anda harus mengklik salah satu diantaranya yaitu opsi enable.
  2. Kemudian Anda harus mengklik apply atau bisa juga dengan mengklik oke.
  3. Langkah terakhir dari cara mematikan antivirus Windows 10 versi permanen yang bisa Anda lakukan dari cara yang satu ini yaitu Anda harus merestart laptop atau komputer milik Anda tersebut agar hasilnya bisa Anda lihat dan gunakan.

Jika laptop Anda tersebut sudah bisa dinyalakan setelah di-restart maka secara otomatis anda akan mendapatkan laptop Anda akan kehilangan Windows Defender karena mati secara permanen dan tidak akan pernah bisa digunakan lagi.

Nah itulah tadi beberapa langkah-langkah dari cara mematikan antivirus Windows 10 baik itu versi sementara maupun versi permanen yang bisa Anda lakukan dan ikuti sesuai dengan kebutuhan.

Perlu diingat bahwa jika memang adanya Windows Defender ini tidak membahayakan atau tidak membuat perangkat laptop Anda menjadi berat dan lemot, memang tidak disarankan untuk mematikan secara permanen Windows Defender tersebut.

Hal ini dikarenakan Windows Defender ini memiliki fungsi yang sangat bagus untuk meminimalisir masuknya virus pada laptop Anda. Jika memang Anda khawatir akan berbagai hal seperti kehilangan data penting karena ulah Windows Defender ini, maka Anda bisa memilih opsi untuk mematikannya untuk sementara saja dan menggunakannya kembali pada saat dibutuhkan.