3 Cara Melacak Hp Xiaomi Hilang dalam Keadaan Mati

Cara Melacak Hp Xiaomi Hilang – Melacak hp Xiaomi yang mati ternyata bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Jika Anda kehilangan hp Xiaomi Anda dan saat dihubungi dalam keadaan mati, Anda masih bisa melacaknya. Lantas bagaimana cara melacak Hp Xiaomi hilang dalam keadaan mati? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Tak Perlu Panik saat Hp Xiaomi hilang dan Mati

Kehilangan hp merupakan hal yang menyebalkan bagi siapapun. Bagaimana tidak? Hampir semua data-data penting dan pribadi Anda mulai dari foto, video, dokumen, dll mungkin saja ada di hp Anda yang hilang tersebut.

Banyak yang sudah pesimis dan pasrah saat mengetahui hp hilang. Meski begitu, ada cara yang bisa dilakukan untuk melacak keberadaan hp Anda yang hilang. Terkhusus bagi Anda pengguna hp Xiaomi, Anda bisa melacak keberadaan hp Anda yang hilang dan dalam keadaan mati.

Lantas bagaimana cara melacak hp Xiaomi hilang dalam keadaan mati? Hal penting yang perlu Anda ketahui adalah hp Xiaomi yang mati statusnya akan sama seperti benda mati lainnya semisal batu, ember, atau asbak. Apakah benda-benda mati itu bisa dilacak? Jawabannya tentu tidak.

Kecuali di benda-benda tersebut dipasangkan alat pelacak seperti gps yang mampu menunjukkan lokasi real time, tentu sangat sulit untuk melacak hp Xiaomi yang hilang dalam keadaan mati.

Hp Xiaomi yang mati tidak lagi bisa mentransmisikan sinyal untuk dilacak sehingga kita hanya bisa melacak hp Xiaomi yang mati tersebut lewat location history-nya. Itu adalah satu-satunya cara yang paling mungkin dilakukan untuk melacak hp Xiaomi Anda yang hilang dalam keadaan mati.

Walau tidak menjamin cara ini bisa menemukan kembali hp Xiaomi Anda yang mati, namun ketimbang sama sekali tidak berusaha, ada baiknya Anda untuk mencobanya. Berikut ini cara melacak hp Xiaomi hilang dalam keadaan mati.

Cara Melacak Hp Xiaomi Hilang dalam Keadaan Mati

1. Menggunakan Mi Cloud

Cara Melacak Hp Xiaomi Hilang dalam Keadaan Mati

Bagi Anda yang menggunakan Xiaomi mungkin sudah tak asing lagi dengan yang namanya Mi Cloud. Mi Cloud merupakan alat penyimpanan atau cloud layaknya iCloud pada iPhone. 

Jika hp Xiaomi Anda yang hilang sudah terhubung (login) dengan Mi Cloud, maka Anda bisa melacak posisi terakhirnya sebelum mati. Namun jika hp Anda sama sekali belum login dengan Mi Cloud, maka cara ini tidak akan bisa dilakukan.

Untuk melakukan pelacakan hp Xiaomi yang hilang dalam keadaan mati dengan menggunakan Mi Cloud, Anda bisa menggunakan laptop atau PC yang sudah terhubung ke internet. Kemudian Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama-tama buka browser kemudian masuk ke alamat https://i.mi.com/
  • Kemudian Anda login dengan menggunakan akun Mi Cloud yang terhubung dengan hp Xiaomi yang hilang tersebut
  • Lalu klik pada menu Find Device
  • Tunggu beberapa saat hingga lokasi terakhir sebelum hp mati terlihat
  • Lokasi hp Xiaomi Anda yang hilang akan terlihat dalam peta

Lokasi hp Xiaomi Anda yang hilang akan terlihat pada peta lengkap dengan keterangan waktunya. Lokasi yang terlihat di peta merupakan lokasi terakhir dari hp Xiaomi Anda sebelum mati. Dari situ Anda bisa melihat seberapa jauh kira-kira hp tersebut berpindah lokasi berdasarkan waktu terakhirnya.

Tak hanya berguna untuk melacak hp Xiaomi Anda yang hilang dalam keadaan mati, Mi Cloud juga memiliki fitur-fitur yang berfungsi untuk mengamankan hp Xiaomi Anda yang sudah terlanjur hilang. Berikut fitur-fitur pada Mi Cloud yang berfungsi untuk mengamankan hp Xiaomi yang hilang:

  • Locating Device yang berfungsi untuk melacak posisi hp Xiaomi Anda
  • Sound: fitur ini berguna untuk menderingkan hp Anda yang hilang namun dengan catatan hp tersebut dalam keadaan hidup
  • Lost Mode: berguna untuk mengaktifkan mode hilang sehingga hp Anda akan terkunci dan hanya bisa dibuka jika Anda login dengan menggunakan akun Mi Cloud
  • Erase Data: fitur yang berfungsi untuk menghapus atau membersihkan data-data yang ada pada memori internal hp Xiaomi Anda yang hilang tersebut.

2. Menggunakan Google Maps Location History

Cara Melacak Hp Xiaomi Hilang dalam Keadaan Mati

Selain dengan menggunakan Mi Cloud, cara melacak hp Xiaomi hilang dalam keadaan mati selanjutnya yakni dengan menggunakan fitur Location History dari Google Maps.

Untuk melacak hp Xiaomi yang hilang dengan menggunakan fitur ini, pastikan akun Gmail Anda sudah login di hp tersebut dan fitur Location History-nya juga sudah diaktifkan. Jadi Anda sudah harus mengaktifkan fitur Location History sebelum hp tersebut hilang, jika tidak maka Anda tidak bisa memakai cara ini.

Sebagai pelengkap, berikut cara mengaktifkan fitur Location History pada hp Xiaomi Anda. 

Setting > Account > Google account > Data & Personalization > Location History > Hidupkan. 

Jika fitur Live Story ini sudah aktif sebelum hp Anda hilang, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk melacak hp tersebut walau hp dalam keadaan mati. Cara fitur ini melacak hp Xiaomi Anda yang hilang dalam keadaan mati yakni dengan melihat lokasi terakhir dan riwayat perpindahannya.

Bagaimana Cara Melihat Location History pada Google Maps?

Lantas bagaimana cara melihat Location History pada Google Maps? Anda bisa menggunakan laptop atau hp lainnya yang sudah terhubung ke internet. 

Kemudian buka Google Maps melalui aplikasi atau lewat browser > login dengan akun Gmail yang sudah terhubung dengan hp Xiaomi yang hilang > klik menu > klik Your Timeline.

Di situ akan terlihat ke mana saja hp Xiaomi Anda yang hilang berpindah tempat, lihat keterangan waktunya dan waktu terakhir hp terlihat di peta adalah posisi terakhir hp tersebut sebelum mati. Dari riwayat perpindahan tersebut, Anda bisa mendapatkan petunjuk ke mana harus mencarinya.

3. Menggunakan Aplikasi Google Temukan Perangkat Saya

Cara Melacak Hp Xiaomi Hilang dalam Keadaan Mati

Ada cara lain yang bisa jadi alternatif untuk menemukan hp Xiaomi Anda yang hilang yakni dengan menggunakan aplikasi Google Temukan Perangkat Saya. Aplikasi ini bisa Anda unduh di Google Play Store dan cara penggunaanya yakni:

  • Download dan install aplikasi Google Temukan Perangkat Saya di hp Android lain
  • Buka dan jalankan aplikasi tersebut setelah diinstal
  • Login dengan menggunakan akun Google di hp Xiaomi yang hilang
  • Tunggulah beberapa saat hingga aplikasi tersebut berjalan sesuai fungsinya
  • Lalu aplikasi Google Temukan Perangkat Saya akan langsung menampilkan lokasi keberadaan hp Xiaomi yang hilang
  • Dari situ, Anda bisa mendapatkan petunjuk ke mana harus mencari hp tersebut

Kesimpulannya, ada tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk melacak hp Xiaomi hilang dalam keadaan mati. Di luar dua cara di atas, belum ada yang terbukti bisa melacak lokasi hp Xiaomi yang hilang dalam keadaan mati. 

Terlebih jika Ada orang lain yang mengatakan jika Anda bisa melacak hp yang hilang dengan menggunakan nomor hp atau nomor IMEI. Hal tersebut dapat dikatakan kebohongan karena cara tersebut tidak bisa dilakukan untuk melacak hp Xiaomi Anda yang hilang. 

Inilah Cara menginstal aplikasi android di laptop yang Bisa Anda Lakukan