Cara Cek RAM Laptop yang Paling Mudah dan Akurat

Cara Cek RAM Laptop – RAM merupakan salah satu komponen fisik di dalam sebuah perangkat laptop yang punya fungsi krusial. RAM atau Random Access Memory ini sendiri berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara, di mana data tersebut akan dihapus secara permanen setelah HP direstart atau dimatikan. Data sementara yang tersimpan di RAM merupakan data cache yang fungsinya untuk mempercepat loading software atau sistem di laptop.

Komponen RAM di laptop cukup bervariasi kapasitasnya, mulai dari berkapasitas kecil sampai yang besar. Semakin besar kapasitas RAM, pastinya juga akan mampu meningkatkan kinerja multitasking laptop. Namun, beberapa pengguna terkadang cukup kesulitan untuk mengetahui kapasitas dari RAM yang ada di perangkat laptonya. Ingin melihatnya di dus atau buku spesifikasi laptop, tetapi ternyata sudah hilang. Tidak perlu bingung, masih ada kok cara cek RAM lapotp yang mudah bisa Anda terapkan. Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Tips Mudah Cek RAM Laptop, Pemula Bisa Mencoba

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kapasitas RAM di laptop. Di sini Anda bebas ingin memilih cara yang mana. Mengenai langkah-langkah untuk mengecek RAM laptop selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek RAM Laptop Melalui Control Panel

Cara yang pertama untuk mengecek RAM di laptop yakni melalui menu Control Panel. Melalui jendela Control Panel ini memang semua komponen yang terhubung ke laptop bisa diakses dan atur. Termasuk juga untuk komponen RAM laptop tersebut. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda buka jendela Control Panel. Caranya dengan klik Start Menu, kemudian pilih menu Control Panel.
  • Pada jendela Control Panel yang ditampilkan di layar, selanjutnya Anda pilih opsi System and Security.
  • Kemudian Anda masuk ke opsi System.
  • Untuk mengetahui kapasitas RAM, Anda bisa langsung melihatnya pada bagian Installed Memory (RAM) yang tertera di halaman System tersebut.
  • Selesai.
Spesifikasi ASUS VivoBook M409DA

2. Cek RAM Laptop Melalui DirectX Diagnostic Tool

Cara lain untuk melihat kapasitas RAM di laptop yakni melalui DirectX Diagnostic Tool. Sebenarnya DirectX Diagnostic Tool ini merupakan tools diagnosa yang digunakan untuk mengetes fungsi dari DirectX. Selain itu, tools ini juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan hardware video ataupun audio.

Selain fungsi tesebut, melalui DirectX Diagnostic Tool ternyata Anda juga memungkinkan untuk melihat kapasitas RAM yang terpasang di perangkat laptop. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama pastinya Anda perlu mengakses DirectX Diagnostic Tool.
  • Caranya dengan klik kombinasi tombol Windows + R, maka menu Run akan muncul di bagian pojok kiri bawah tampilan. Bisa juga dengan klik Start Menu, kemudian ketik Run di bagian kolom Search. Selanjutnya klik menu Run yang ditampilkan di bagian atas kolom.
  • Pada menu Run tersebut, Anda ketik perintah dxdiag kemudian tekan tombol Enter.
  • Secara otomatis jendela DirectX Diagnostic Tool akan dimunculkan di layar laptop.
  • Untuk mengetahui kapasitas RAM, Anda bisa langsung melihat pada bagian Memori yang ditampilkan di menu System pada DirectX Diagnostic Tool tersebut. Di sana akan langsung tertera berapa kapasitas RAM yang terpasang di perangkat laptop Anda.
  • Selesai.

3. Cek RAM Laptop Melalui Command Prompt

Command Prompt atau yang sering disingkat CMD merupakan tools command Line Interpreter yang sudah terinstall secara otomatis di perangkat Windows. Fungsinya yakni untuk menjalankan perintah yang diberikan oleh pengguna laptop. Untuk memberikan perintah, Anda bisa memasukkan kode-kode khusus ke dalam jendela Command Prompt tersebut.

Melalui jendela Command Prompt atau CMD ini pula Anda memungkinkan untuk mengetahui spesifikasi RAM. Tidak hanya bisa dilakukan di perangkat laptop saja, cara ini juga bisa Anda lakukan di perangkat PC. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama Anda buka jendela Command Prompt atau CMD.
  • Caranya dengan klik kombinasi tombol Windows + R, maka akan muncul jendela Run. Ketik kode CMD pada kolom di Run tersebut, kemudian klik tombol Enter di keyboard.
  • Untuk mengetahui kapasitas RAM di laptop, tinggal Anda ketik perintah systeminfo pada jendela Command Prompt yang tampil di layar. Kemudian klik tombol Enter di keyboard.
  • Di sana akan ditampilkan informasi mengenai sistem yang ada di perangkat laptop, termasuk juga informasi RAM. Untuk mengecek RAM, Anda scroll ke bawah hingga menemukan informasi Available Physical Memory. Di sana akan tertera berapa kapasitas dari RAM yang terpasang di perangkat laptop Anda tersebut.
  • Selesai.
Laptop Tochsreen Terbaik dan populer

Itulah tadi beberapa Tips Mudah Cek RAM Laptop, Pemula Bisa Mencoba bisa coba Anda terapkan. Di sini Anda tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk sekedar mengetahui kapasitas RAM di laptop tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat.