Cara Buka Safe Mode

4 Cara Buka Safe Mode Windows 10

Cara buka safe mode *** Cara buka safe mode tidak sesulit yang banyak orang kira. Bagi yang tidak tahu, safe mode adalah fitur Windows yang digunakan untuk masalah error. Mode ini menghilangkan berbagai fitur yang tidak perlu dan lebih mementingkan hal esensial untuk operasi komputer.

Saat berada pada mode ini, semua fitur Windows 10 bisa dilihat dengan lebih dekat. Karena lebih ringkas, fokus perbaikan lebih mudah dilakukan. Mulai dari masalah operasi program, error pada hardisk sampai dengan driver yang bermasalah, pasti semuanya terlihat.

Karena merupakan fitur penting, Anda diharapkan dapat buka safe mode dengan lancar jika diperlukan. Untuk belajar soal ini lebih dalam, mari bahas bersama dalam artikel ini!

Jenis Safe Mode yang Tersedia di Windows 10

Sebelum membahas lebih dalam jalur akses safe mode Windows 10, pertama Anda harus tahu bahwa jenis safe mode ada dua. Jenis ini dibedakan berdasarkan fitur operasi yang diaktifkan. Berikut adalah dua jenis tersebut

Safe Mode Normal

Jenis pertama adalah safe mode biasa. Mode ini mengoperasikan windows secara dasar dengan driver yang berjalan terbatas. Anda akan bisa akses banyak hal detail dalam troubleshoot di mode ini. Tapi untuk beberapa akses seperti internet dan konektivitas, hal tersebut dimatikan.

Safe Mode With Networking

Mode kedua adalah safe mode normal yang juga aktif bersama networking. Mode ini banyak dipilih jika Anda membutuhkan resource dan alat troubleshoot dari online. Contoh saja Anda mendapatkan remote assistant dari Microsoft Support. Untuk terhubung dengan support team, Anda harus bisa online saat melakukan perbaikan komputer. Jadi mode ini sangat penting tersedia.

3 Cara Menghilangkan Status Online di Whatsapp

Bagi Anda yang awam dan perlu tutorial dari internet, pilihan akses networking di safe mode sangat penting. Anda juga bisa melakukan install driver rusak dengan download karena ada internet. Untuk kemudahan troubleshooting, banyak orang menyarankan menggunakan hal ini.

Memang banyak orang menganggap akses safe mode with networking Windows 10 lebih superior. Tapi saat masalah yang terjadi adalah pada driver network ataupun berhubung dengan konektivitas, Anda pasti akan tetap sulit menggunakannya. Jadi pastikan pertimbangan sendiri pilihan mode tergantung masalah yang Anda hadapi.

Bagaimana Cara Aktifkan Safe Mode?

Untuk buka safe mode, ada banyak cara yang bisa Anda gunakan. Semua cara ini disediakan untuk memastikan user mampu melakukan troubleshooting walaupun ada kerusakan pada komputer. Jika hanya ada satu jalan dan kerusakan membuat cara tersebut tidak bisa diakses, tentu saja percuma ada mode perbaikan ini.

Umumnya safe mode diakses dengan mengganti proses booting. Tapi penggantian ini bisa dilakukan dengan beberapa jalan. Berikut adalah penjelasan jalan aktivasi safe mode di Windows 10:

Masuk Safe Mode Dari Desktop

Cara akses safe mode yang satu ini dilakukan pada saat Anda sudah bisa masuk di desktop. Jika ingin masuk safe mode dari posisi ini, Anda cukup ubah Boot Options dan melakukan restart. Berikut adalah langkah – langkah menggunakannya:

  • Buka window Run dengan menekan tombol Windows plus R
  • Pada tempat yang tersedia, ketik msconfig lalu OK
  • Window System Configuration akan terbuka dan Anda masuk tab Boot.
  • Pada tab tersebut, centang pilihan Safe Boot.
  • Centang juga pada pilihan Minimal untuk akses pilihan safe mode normal. Jika ambil pilihan Network, Anda akan masuk safe mode with networking.
  • Klik OK jika pilihan sudah selesai lalu restart komputer.
  • Boot safe mode akan berjalan setelahnya.
Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Menggunakan Kode IMEI 

Masuk Safe Mode dari Login Screen

Anda bisa gunakan safe mode Windows 10 dengan akses lewat login screen. Pilihan ini dipakai jika Anda tidak dapat akses desktop dan berhenti hanya di login screen. Berikut adalah cara melakukannya:

  • Pada halaman login, klik lambang Power di pojok kanan bawah. Setelah pilihan baru muncul, klik Restart.
  • Saat ada masalah akses desktop, komputer akan langaung membawa Anda ke halaman Windows Recovery Environment (RE).
  • Pada pilihan menu tersebut, klik Troubleshoot>Advanced Option>Startup Settings.
  • Menu baru akan muncul yang bisa diakses dengan tombol F4 (safe mode biasa) dan F5 safe mode dengan network).

Masuk Safe Mode Menggunakan Tombol Power

Cara akses safe mode ini digunakan saat komputer tidak bisa booting normal. Anda disarankan menekan tombol power untuk akses Windows Recovery Environment (RE). Untuk arahan yang lebih lengkap, berikut adalah penjelasan langkahnya:

  • Klik tombol power pada komputer selama 10 detik saat komputer dalam kondisi menyala.
  • Komputer akan mati dan Anda diharapkan meghidupkannya kembali.
  • Saat logo Windows muncul pada saat booting, lakukan proses klik tombol power 10 detik lagi.
  • Lakukan hal ini berulang hingga halaman Windows RE muncul.
  • Setelah halaman ini muncul, lakukan langkah yang sudah dijelaskan pada safe mode dari login screen. Anda akan bisa masuk safe mode setelahnya.

Masuk Safe Mode dari Bois

Di versi Windows 8, Anda bisa masuk bios safe mode dengan menekan F8 pada saat booting. Pada saat bios muncul, Anda juga bisa lakukan hal sama untuk aktivasi safe mode. Sayangnya hal ini sudah dihilangkan untuk Windows 10. Untuk mengembalikan fungsinya, Anda harus lakukan hal berikut ini:

  • Masuk ke Command Prompt dengan menggunakan akses Administrator. Untuk masuk mode ini, ketik CMD pada search bar lalu klik kanan Command Prompt dan pilih Run as Administrator.
  • Ketik: bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy. Lalu klik enter.
  • Tutup Command Prompt dan restart komputer Anda.
  • Pada booting, klik F8 sebelum logo Windows muncul.
  • Boot Option akan muncul dan Anda bisa akses safe mode normal atau dengan networking dari halaman ini.
  • Tekan enter setelah menentukan pilihan.
10 Daftar Search Engine Yang Bisa Kamu Coba

Hal yang Perlu Diingat

Perlu diingat, beberapa cara di atas hanya bisa diaktifkan dalam kondisi tertentu. Contoh saja untuk akses Boot Option dengan tombol F8 hanya bisa diaktifkan jika masalah booting dalam keadaan normal. Jika ada masalah, opsi tombol Power akan jadi pilihan.

Anda juga harus pastikan bahwa komputer Anda bisa bekerja walaupun dalam keadaan terestriksi. Beberapa program penting untuk maintenance terkadang tidak aktif saat safe mode menyala. Contoh saja antivirus dan antimalware ada yang tidak aktif di mode ini.

Proses safe mode juga perlu diperhatikan untuk troubleshooting. Masalah komputer yang melibatkan hardware akan mengganggu proses safe mode. Di sisi lain, mode ini bisa membuat Anda lebih mudah tahu bedakan masalah software dan hardware.

Masalah pada sistem software akan pasti bisa diselesaikan lewat safe mode. Sedangkan untuk hardware hanya bisa dideteksi. Jadi jika merasa komputer menjadi lambat dan Anda sudah melakukan diagnosis pada safe mode tapi tetap lambat, masalah bisa jadi ada di hardware.

Sekian bahasan tentang cara – cara mengakses safe mode untuk Windows 10. Mudah – mudahan artikel tutorial buka safe mode ini berguna dan bermanfaat bagi Anda sekalian. Terima kasih sudah membaca artikelnya!