Cara Ampuh Mengatasi Mimisan Pada Anak

Cara Ampuh Mengatasi Mimisan Pada AnakMimisan, selain terjadi pada orang dewasa, juga merupakan salah satu masalah yang terjadi pada buah hati anda. Kondisi mimisan ini sendiri, merupakan masalah adanya pembuluh darah yang pecah, sehingga menyebabkan darah keluar melalui hidung. Memang masalah ini merupakan salah satu yang sebenarnya tidak berbahaya, namun sukses membuat siapapun menjadi panik. Tentu saja penanganan yang tepat, akan membantu sekali meredakan mimisan ini secara ampuh pada buah hati anda.

Ada beberapa cara yang bisa anda coba lakukan dalam mengatasi mimisan pada anak anda. Misalnya saja dengan menggunakan daun sirih, dan bahan alami lainnya. Selain itu, tetap tenang dan jangan panik, serta membawa ke pihak medis jika tidak segera berhenti mimisannya, merupakan cara yang tepat untuk anda lakukan. Seperti yang akan diulas lebih lanjut dalam mengatasi mimisan pasda anak yang bisa anda ketahui berikut ini.

Tips Mengatasi Mimisan Pada Anak

1. Pencet Cuping Hidung

Pencet cuping hidung, namun sebaiknya jangan terlalu keras menggunakan ibu jari anda, dan setelah itu, tahan hingga 3 sampai 5 menit. Dan setelah menuggu 5 menit tetap berdarah, maka pencet lagi cuping hifung hingga pendarahan berhenti. Lakukan secara perlahan, dan jangan sampai panik.

2. Kompres hidung

Gunakan handuk yang telah dibasahi dengan air es agar nantinya bisa membantu mengecilkan pembuluh darah yang melebar karena terkena mimisan. Serta hal ini baik untuk membekukan darah yang keluar dari hidung anda. Cara yang satu ini sangat efektif untuk membantu mengtasi mimisan secara lebih aman.

Cara Menyembuhkan Gatal Pada Anak

3. Daun Sirih

Gunakan daun sirih sebanyak 1 lembar, dan setelah itu, anda bisa meremas dan gulung daun sirih hingga bentuknya menyerupai corong. Sumbatkan pada bagian hidung, dan setelah itu, biarkan beberapa saat dengan wajah yang menengadah. Daun sirih akan membantu mengecilkan pembuluh darah dan menghentikan pendarahan.

4. Duduk bersandar dengan tenang

Minta buah hati anda untuk duduk bersandar dengan tenang, dan sedikit duduk dengan membungkuk. Hal ini agar nantinya bisa mencegah terjadinya aliran darah agar tidak sampai kebagian belakang serta lambung. Dengan posisi ini, tentu akan menjadikan aliran darah yang keluar tidak mengalir kebagian organ tubuh ainnya, dan letakan posisi anak anda tidak sejajar dengan jantung dan mencegah terjadinya kasus darah yang tertelan.

5. Segera bawa ke dokter

Jika cara – cara diatas selama 10 emnit namun masih tetap berlanjut, maka sebaiknya segera bawa si kecil langsung ke dokter anak, untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Hal ini juga baik agar nantinya dokter bisa langsung bertindak mengantisipasi terjadinya adanya indikasi yang serius, dan mencari secara lebih intens dimana sumber pendarahan berasal.

Itulah beberapa ulasan cara ampuh yang bisa anda lakukan untuk mengatasi mimisan pada anak anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.