Cara Alami Mengatasi Insomnia

Cara Alami Mengatasi Insomnia – Seiring bertambahnya usia seseorang, maka jam tidur juga akan semakin berkurang, sebenarnya merupakan perkara yang wajar. Semakin tua seseorang, maka ia akan sering mengalami dimana keadaan terjaga di waktu tidur. Orang yang terjaga pada tengah malam atau dini lebih sering dialami oleh para orang tua dari pada anak – anak.

Pada usia berapapun, seseorang yang terkena insomnia atau susah tidur, menandakan bahwa orang tersebut bisa saja sedang mengalami depresi. Oleh karena itu, penderita insomnia dianjurkan agar mengendorkan pikiran yang mengganggunya. Bagi penderita insomnia disarankan agar berangkat tidur diwaktu yang sama di setiap harinya, tidur tidak dalam keadaan lapar, tidak merokok atau minum alkohol sebelum tidur, melakukan olah raga rutin setiap hari, dan yang paling penting adalah berdo’a sebelum tidur. Adapun usaha yang anda lakukan, mungkin Anda bisa mencoba salah satu atau beberapa cara alami mengatasi insomnia di bawah ini.

Cara Alami Mengatasi Insomnia

  • Kurangi Kafein

Hindari makanan dan minuman yang dapat membuat tubuh anda jadi sulit untuk tidur, seperti kopi. Terutama pada malam hari, hal ini dikarenakan kafein akan menginterfensi proses mengantuk serta kafein juga akan mencegah tubuh tidur dalam keadaan nyenyak. Bahkan kafein memiliki efek yang dapat bertahan hingga 24 jam, maka dari itu anda sebaiknya untuk mengurangi konsumsi kafein. Untuk Alternatifnya Anda dianjurkan untuk meminum susu hangat atau bisa juga teh herbal.

  • Olahraga 4 Jam Sebelum Tidur

Jangan melakukan olahraga tepat saat sebelum Anda tidur, karena bisa membuat Anda sulit untuk tidur. Jika Anda ingin melukan olahraga, sebaiknya dilakukan 3-4 jam sebelum waktu anda menjalang tidur. Selain itu, anda juga bisa melakukan olahraga yang ringan-ringan saja seperti berlari, bersepeda atau berjalan cepat di waktu sore atau pagi hari.

  • Pola Tidur

Cara mengatasi insomnia yang harus anda lalukan adalah kebiasaan, yaitu dengan mengatur pola tidur anda. Kesehatan tidur bisa terjaga dengan anda melakukan pola tidur pada jam yang sama setiap harinya. Hindari mencoba tidur terlalu larut malam sehingga tubuh bisa lebih segar ketika Anda bangun di pagi harinya. Apabila Anda sudah memiliki jadwal jam tidur setiap malamnya, Anda akan otomatis merasakan kantuk dan segera ingin tidur pada jadwal tidur tersebut.

  • Buah Pala dan Madu

Untuk cara alami mengatasi insomnia adalah dengan mengkonsumsi ramuan herbal yang di percaya dapat mendatangkan kantuk. Yaitu perpaduan antara buah pala dan madu. Cara membuat ramuan herbal ini pun sangat mudah. Anda hanya perlu menyediakan bahan tersebut tadi, kemudian anda cuci bersih buah pala, lalu ditumbuk hingga halus. Kemudian seduhlah dengan air mendidih sebanyak satu gelas barulah ditambahkan madu satu sendok makan. Minumlah selagi hangat dengan dosis dua kali sehari.

  • Sayur Kangkung

Kangkug mengandung zat yang bernama bekarotin, dimana zat ini dapat menenangkan saraf, sehingga dapat menimbukan kantuk yang teramat sangat. Semakin hijau daunnya, maka kandungan bekarotin juga semakin tinggi dan insomnia dapat diatasi dengan mengkonsumsi kangkung tanpa batang. Anda bisa mengolah kangkung dengan cara ditumis dan bisa anda konsumsi saat makan malam.

13 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Namun, Apabila Anda masih belum bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, ada baiknya anda segera menghubungi dokter untuk melakukan terapi, sehingga Anda bisa mendapatkan cara yang tepat untuk mengatasi masalah tidur atau insomnia Anda. Semoga bermanfaat.