Cara Cek Windows Asli atau Bajakan Paling Mudah dan Akurat

1 min read

Cek Windows Asli atau Bajakan – Pembajakan Sistem Operasi Windows sebenarnya sudah bukan menjadi rahasia lagi. Banyak pengguna PC atau laptop yang lebih memilih menggunakan OS Windows bajakan dibanding membeli versi ORI. Alasan utamanya karena harga dari OS Windows ORI yang bisa dibilang cukup mahal. Terlebih lagi Windows bajakan cukup mudah didapatkan dan diinstall di perangkat PC atau laptop.

Meski demikian, menggunakan OS Windows bajakan ternyata cukup berisiko. Selain bisa terserang virus dengan mudah, juga menyulitkan pengguna untuk mengupdate sistem di laptop. Hal demikian ini sering dialami oleh pengguna OS Windows 10. Saat membeli perangkat PC atau laptop, umumnya di dalamnya sudah terinstall OS Windows. Sebagian dari kita tidak tahu apakah OS Windows tersebut asli atau bajakan. Lantas, bagaimana cara cek Windows asli atau bajakan di PC atau laptop tersebut?

Cara Cek Windows Asli atau Bajakan Paling Mudah dan Akurat

Untuk mengecek keaslian dari OS Windows sebenarnya cukup mudah. Hanya saja, memang tidak semua orang tahu bagaimana cara melakukannya. Agar lebih jelas, berikut ini cara cek Windows asli atau bajakan yang paling akurat bisa Anda terapkan, yakni:

1. Cek Windows Menggunakan CMD

Cara yagg pertama untuk mengecek OS Windows asli atau bajakan yakni menggunakan fitur Command Prompt atau CMD. Cara ini diklaim cukup akurat untuk mengetahui keaslian dari OS Windows. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama Anda buka jendela Command Prompt. Caranya klik tombol Windows + R, kemudian ketik perintah CMD dan klik tombol Enter.
  • Pada jendela Command Prompt yang sudah muncul, selanjutnya Anda ketik perintah “slmgr/xpr”. Kemudian Anda klik tombol Enter.
  • Nantinya di kotak Command Prompt tersebut akan muncul informasi mengenai sistem operasi Windows yang digunakan. Jika memang Windows yang digunakan asli, maka di sana akan terdapat tulisan “The machine is permanently activated”.
  Cara Mengobati Kucing Mencret Secara Ampuh dan Aman

Sebagai catatan saja, cara ini kami lakukan di PC atau laptop dengan sistem operasi Windows 10. Untuk pengguna Windows versi lain mungkin caranya berbeda. Perintah tadi hanya digunakan untuk mengecek informasi OS Windows, tidak akan berpengaruh apapun terhadap sistem PC atau laptop.

2. Cek Windows Menggunakan File Explorer

Alternatif lain untuk mengetahui Windows asli atau bajakan yakni dengan menggunakan File Explorer. Cara satu ini juga cukup akurat untuk mengecek keaslian OS Windows, khususnya Windows 10. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama Anda buka file explorer di PC atau laptop. Caranya dengan klik tombol Start, kemudian pilih opsi Open Windows Explorer.
  • Pada menu explorer yang tampil, selanjutnya Anda klik kanan pada bagian This PC atau My Computer. Akan muncul beberapa opsi, di sini Anda pilih opsi Properties.
  • Nantinya jendela baru akan ditampilkan di layar laptop atau PC. Jika memang Windows yang Anda gunakan asli, maka di bagian Windows Activation akan tertera kalau Windows Aktif. Selain itu, tertera pula informasi mengenai ID Windows yang Anda punya.
  • Jika memang Windows yang digunakan palsu atau bajakan, maka tidak akan ada tulisan Activated di bagian tersebut.

Itulah tadi 2 cara mudah untuk cek Windows asli atau bajakan yang paling mudah dan akurat bisa Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.