Kenali Apa Saja Cabang Cabang Ilmu Biologi

3 min read

Kenali Apa Saja Cabang Cabang Ilmu Biologi

Cabang-cabang Ilmu Biologi Salah satu cabang ilmu pengetahuan yang umumnya dipelajari saat di sekolah adalah biologi. Biologi tersebut umumnya mempelajari tentang organisme hidup beserta kehidupannya. Terdapat pula cabang cabang ilmu biologi yang perlu Anda ketahui lebih lanjut. Sebelumnya, ketahui dulu mengenai apa itu biologi di bawah ini.

Pengertian Biologi

Biologi berasal dari bahasa Yunani yakni bios berarti hidup dan logos berarti ilmu. Biologi sendiri merupakan sebuah studi yang mempelajari tentang segala sesuatu yang hidup serta masalah-masalah lain menyangkut kehidupan tersebut. 

Jika diibaratkan sebuah batang pohon, maka biologi merupakan pohon besar dengan banyak cabang. Yang mana setiap cabang ilmu masih memiliki anak cabang ilmu baru lainnya yang sangat banyak.

Manfaat Biologi

Kenali Apa Saja Cabang Cabang Ilmu Biologi

Adanya biologi tentu sangat bermanfaat bagi kehidupan seseorang. Manfaat tersebut semakin besar seiring berkembangnya ilmu pengetahuan. Di bawah ini beberapa manfaat dari ilmu biologi yang bisa Anda ketahui:

  • Membantu mengenal diri sendiri
  • Membantu mengenal makhluk hidup di sekitar
  • Membantu mengetahui posisi kita di lingkungan
  • Sebagai dasar pengetahuan untuk berbagai profesi
  • Ilmu bologi dapat memberikan pemahaman lebih mendalam terhadap diri seseorang yang mempelajarinya.
  • Ilmu biologi juga dapat diterapkan sebagai dasar untuk meningkatkan taraf hidup seseorang.
  • Menambah pengetahuan akan sumber daya hayati yang sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia
  • Dapat melakukan konservasi atas sumber daya hayati agar tidak punah
  • Dapat memberikan pemanfaatan sumber daya hayati sehingga diperoleh sumber baru yang berbeda
  • Dan masih banyak lagi manfaat ilmu biologi

Itulah beberapa manfaat saat Anda mempelajari ilmu biologi. Akan tetapi, tentu kurang lengkap rasanya saat mempelajari ilmu tersebut tetapi tidak mempelajari apa saja cabang cabang ilmu biologi. Di bawah ini beberapa cabang dari ilmu biologi yang bisa Anda pelajari lebih lanjut.

Cabang Cabang Ilmu Biologi.

Biologi mempunyai ruang lingkup yang sangat luas pasalnya ilmu ini masing menyangkut mengenai segala permaslaahan dalam kehidupan makhluk hidup Untuk memperdalam berbagai objek dan permasalahannya, maka terdapat yang namanya cabang ilmu biologi.

  Ciri-Ciri Tumbuhan Paku: Pengertian, Klasifikasi, Contoh-Contoh

Cabang-cabang tersebut sangatlah banyak sehingga dapat digunakan untuk mengelompokkan ilmu biologi itu sendiri. Di bawah ini beberapa cabang biologi yang bisa Anda ketahui:

  • Anatomi

Pada cabang ini, Anda akan mempelajari mengenai struktur tubuh dari makhluk hidup. Mulai dari kepala sampai kaki. Dari situ dapat dikatakan bahwa anatomi adalah salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari bentuk dan susunan organ tubuh makhluk hidup.

Di dalam dunia kedokteran, cabang biologi yang satu ini sangatlah penting untuk dipelajari. Jika mempelajari hewan maka disebut dengan zootomi. Apabila yang dipelajari adalah anatomi tumbuhan maka disebut filotomi.

  • Genetika

Merupakan cabang yang mempelajari berbagai macam hal tentang gen, materi genetik seperti DNA dan RNA, persilangan gen, hingga pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya. Salah satu tokoh yang paling banyak dikenal dalam cabang ilmu genetika bernama Gregor Johann Mendel sebagai bapak genetika modern.

  • Histologi

Cabang biologi yang satu ini umumnya akan mempelajari tentang jaringan dalam makhluk hidup secara mendetail. Ilmu yang satu ini juga kerap disebut dengan ilmu anatomi mikroskopis.

Kenali Apa Saja Cabang Cabang Ilmu Biologi

Contohnya adalah mempelajari jaringan pengikat, jaringan epitel, jaringan penyokong, jaringan saraf, dan masih banyak lagi beberapa hal yang dipelajari dalam ilmu tersebut. Umumnya saat mempelajari ilmu ini memanfaatkan alat seperti mikroskop

  • Taksonomi

Yakni sebuah cabang ilmu yang mempelajari klasifikasi makhluk hidup. Ilmu yang satu ini umumnya membahas tentang penamaan, perincian, hingga pengelompokan berbagai jenis makhluk hidup berdasarkan perbedaan dan persamaan sifatnya. Nama kelompk dalam klasifikasi tersebut adalah takson.

  • Mikologi

Cabang ilmu yang mempelajari mengenai fungi atau jamur. Cabang ini juga dapat disebut sebagai ilmu yang mempelajari cendawan. Dalam kajian mikologi Anda bisa mempelajari mengenai budidaya jamur, bioteknologi jamur, fisiologi jamur, hingga taksonomi pada jamur.

  • Mikrobiologi

Merupakan salah satu cabang dari ilmu biologi yang mempelajari tentang apa itu mikroorganisme. Umumnya ilmu ini belajar dengan obyek semua makhluk hidup. Untuk mempelajarinya, Anda bisa menggunakan alat bernama mikroskop.

Salah satu hal yang biasanya dipelajari pada ilmu ini adalah fungi, bakteri, algamikroskopik, archaea, protozoa, dan masih banyak lagi yang lainnya. Terdapat pula beberapa mikroorganisme yang sangat menguntungkan. Contohnya seperti Lactobacillus Bulgaricus yang memiliki dalam fermentasi susu menjadi yoghurt. 

Sementara itu, terdapat beberapa contoh mikroorganisme yang merugikan. Seperti Vibrio Cholerae yang dapat menyebabkan kolera. Saat mempelajari ini sendiri Anda akan mendapatkan manfaat yakni dapat mengidentifikasi sekaligus menemukan penyebab dari suatu penyakit.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencari obat untuk mengatasi penyakit tersebut. Hal ini tak lain karena di dalam ilmu mikrobiologi Anda bisa mempelajari mikroorganisme hidup dan mempelajari bagaimana menekan jumlah hingga membunuhnya. 

  • Botani

Cabang ilmu yang satu ini umumnya mempelajari tentang tumbuhan. Mulai dari jenis, persebaran, klasifikasi, struktur, dan yang lainnya. Ilmu ini sendiri sangat bermanfaat dan sampai saat ini masih digunakan dalam dunia pertanian oleh masyarakat.

  • Bakteriologi

Cabang ini membahas tentang bakteri serta pengaruhnya dalam penyakit, obat-obatan, serta bidang lainnya. Baik itu industri, pertanian, hingga perekonomian yang berhubungan dengan pembusukan makanan.

  • Parasitologi

Ilmu yang satu ini mempelajari tentang semua organisme parasit. Yakni sebuah organisme yang hidup dengan sifat parasit. Hal ini berarti organisme tersebut sangat merugikan organisme yang ditempatinya.

  • Virologi

Merupakan cabang yang mempelajari virus. Mirip dengan cabang mikrobiologi, pada cabang ini Anda akan mempelajari beberapa hal yang berkaitan dengan virus. Baik itu karakteristik, ciri-ciri, siklus hidup, kelompok, peran, pencegahan, hingga bagaimana cara mengatasinya.

  • Zoologi

Adalah cabang ilmu yang mempunyai studi tentang kehidupan hewan. Hal ini berarti saat mempelajari ilmu ini Anda akan belajar tentang struktur organisme hidup sampai kesatuan kehidupan subselularnya.

  • Fisiologi

Cabang yang satu ini disebut dengan ilmu faal yakni salah satu cabang yang mempelajari tentang berlangsungnya sistem kehidupan. Cabang ini juga dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang fungsi dari alat-alat tubuh organisme.

  • Sitologi

Kenali Apa Saja Cabang Cabang Ilmu Biologi

Merupakan ilmu yang mempelajari sel. Dalam hal ini mecakup sifat fisiologi sel. Baik itu struktur, organel di dalam sel, daur hidup sel, lingkungan sel, fungsi sel, pembelahan sel, hingga kematian sel.

  • Ekologi

Merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Sebagai contoh adalah bagaimana cara mencegah pencemaran lingkungan dengan cara membudidayakan tanaman.

  • Ornitologi

Merupakan segala hal yang mempelajari burung. Baik itu jumlah burung yang ada di seluruh dunia. Pasalnya, di dunia ini terdiri dari berbagai spesies burung yang berbeda satu sama lain. Setidaknya spesies burung yang sudah berhasil ditemukan di seluruh dunia mencapai 8.800-10.200.

Itulah beberapa informasi mengenai biologi serta cabang-cabang ilmu biologi yang bisa Anda pelajari. Cabang ilmu yang sudah disebutkan di atas tentu hanya sebagian kecil saja. Masih ada banyak cabang ilmu yang bisa Anda pelajari dalam ilmu biologi lebih lengkapnya.

 

  Metamorfosis Sempurna: Pengertian, Perbedaan, Jenis, dan Contoh-Contoh
Avatar