Black Screen

Mengalami Black Screen? 8 Trik Dalam Mengatasi Black Screen Yang Akan Membantu Anda

Black Screen — Pada umumnya, black screen merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada sistem operasi windows. Dalam mengatasi masalah ini, anda harus tahu bagaimana cara mengatasinya. Biasanya anda bisa mengatasinya dengan berbagai hal.

Salah satu solusi terbaik adalah membawa laptop ke tukang servis. Tetapi jika dirasa anda bisa memperbaiki masalah ini sendiri tanpa harus ke tukang servis. Mungkin beberapa trik di bawah ini bisa membantu anda.

Melakukan Restart

Salah satu hal yang penting untuk anda lakukan adalah dengan melakukan restart. Pada umumnya laptop black screen biasanya terjadi saat anda memainkan laptop dan langsung menutup laptop tanpa mematikannya terlebih dahulu. Hal inilah yang harus anda hindari pada saat memainkan laptop.

Untuk melakukan restart pada graphic driver, anda bisa menggunakan tombol shurtcut. Biasanya tombol ini berguna untuk memberikan koneksi ulang kepada laptop agar bisa tersambung kembali. Pertama, anda bisa menekan kombinasi tombol “Win Key” lalu tekan”CTRL“ dan”B“.

Jika setelah menggunakan tombol shurtcut ini, layar bisa muncul kembali seperti semula. Berarti cara ini ampuh untuk anda gunakan. Tetapi berbeda hal, kalau layar tetap sama dan berwarna hitam maka bisa menggunakan cara kedua.

Melepas Device Yang Tidak Penting

Terlalu banyak device di laptop bisa menyebabkan berbagai masalah salah satunya masalah layar hitam ini. Banyaknya device juga mempengaruhi kinerja laptop yang semula ringan menjadi berat. Oleh karena itu, usahakan mengurangi device yang tidak penting.

Inilah Tips Beli Memori Eksternal untuk HP  

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi device di dalam laptop. Sebut saja seperti printer, kamera, bluetooth hingga berbagai device lainnya. Dengan mengurangi device tentu anda akan lebih mudah dalam mengatasi masalah discord black screen.

Mengganti Display Baru

Display project merupakan bagian terpenting di dalam laptop. Biasanya display project akan berpengaruh kepada layar laptop. Oleh karena itu, dalam memilih display project juga harus diperhatikan dengan baik.

Cara mengatasi laptop black screen agar tampilan bisa terlihat semula dengan mengandalkan tombol shurtcut. Pada tombol shurtcut ini berbeda dengan cara sebelumnya. Untuk melakukannya, anda cukup menggunakan kombinasi tombol shurt cut Win + P.

Kemudian nanti akan ada pilihan projection, biasanya tombol P ini berguna untuk menggantikan display projection. Dalam menekan tombol P juga harus dilakukan dengan benar, pastikan sampai terlihat pilihan PC screen only. Nantinya tampilan windows akan seperti semula.

Melakukan Install Ulang

Salah satu penyebab Windows mengalami layar hitam karena adanya masalah pada graphic driver. Untuk mengatasi masalah black screen windows 10, anda bisa melakukan install ulang pada graphic driver tersebut. Pastikan anda melakukan penginstallan ulang melalui Safe Mode.

Ada beberapa langkah yang harus dilalui, pertama-tama anda bisa menekan kombinasi tombol Windows + X. Setelah menekannya, nanti anda bisa langsung memilih opsi Device Manager. Lalu tekan menu Device Adapter dan langsung klik kanan pada opsi driver. Terakhir, klik tombol Uninstall.

Setelah selesai di Uninstall, biasanya anda bisa melakukan restart ulang di pc. Dengan cara tekan menu windows, kemudian nanti ada beberapa menu seperti shut down dan restart. Lalu anda bisa pilih restart secara otomatis nanti pc akan menyala dengan sendirinya.

10 Tema Wordpress Gratis untuk Blogging

Melakukan Uninstall Pembaruan Windows

Selain menggunakan cara di atas, untuk mengatasi masalah black screen atau layar hitam bisa dengan menghapus pembaruan Windows. Biasanya setiap Windows memang memiliki fitur pembaruan Windows setiap kali ingin melakukan pembaruan.

Dalam hal ini pembaruan juga mempengaruhi Windows dalam mengalami layar hitam atau black screen. Solusinya adalah dengan mengapus update windows yang anda gunakan saat ini. Untuk memperbaiki windows 10 black screen bisa menggunakan cara-cara ini.

Pertama, anda bisa langsung masuk ke dalam control panel kemudian nanti pilih program. Setelah itu, bisa langsung memilih menu program and features. Lalu bisa langsung klik menu view installed ipdate dan nanti akan menampilkan berbagai update yang terbaru.

Terakhir, anda bisa langsung melakukan uninstall dengan melakukan restart pada pc atau laptop tersebut. Bagi anda yang memiliki dedicated VGA, anda tidak bisa melakukan restart secara otomatis melainkan secara manual.

Melakukan Clean Boot

Clean boot merupakan salah satu istilah untuk melakukan service secara minim kepada laptop. Dengan melakukan clean boot, anda bisa mencari tahu apa penyebab dari masalah yang dialami oleh laptop. Ada beberapa cara untuk melakukan clean boot.

Pertama, anda bisa melakukan kombinasi tombol Win + R yang berguna untuk membuat jendela Run. Kemudian bisa langsung mengetikkan kata kunci “msconfig” dan pilih OK. Jika sudah masuk ke dalam jendela System Configuration selanjutnya bisa langsung memilih tab services.

Lalu bisa langsung centang untuk pilihan opsi “Hide all Microsoft Services”. Setelah itu, bisa pilih disable all dan pilih OK. Langkah berikutnya, bisa langsung buka Task Manager kemudian pilih opsi pada tab Startup.

Kemudian bisa langsung melakukan disable semua startup program yang tersedia disana. Lalu bisa melakukan restart pc ke mode normal. Selanjutnya pc akan masuk ke dalam mode clean boot secara otomatis.

Cara Mengatasi Aplikasi Yang Sering Berhenti Sendiri di Android

Jika cara ini sudah dilakukan maka anda bisa menghidupkan kembali salah satu service yang sudah di disable. Lalu lakukan restart ulang pada pc kembali, selanjutnya periksa apakah masalah layar hitam sudah terselesaikan atau belum.

Kalau belum anda bisa mematikan service yang lainnya dan bisa langsung melakukan restart ulang. Hal ini bisa anda ulang berkali-kali jika masalah black screen masih muncul. Pastikan anda melakukan tahapan dengan benar agar masalah bisa selesai.

Mengganti Backlight

Selain karena faktor internal, kehadiran black screen di pc bisa juga dikarenakan faktor eksternalnya. Dalam hal ini yang harus diperhatikan adalah backlight, jika backlight mati maka layar pada pc akan mengalami masalah.

Jika ingin memperbaikinya sendiri, anda bisa langsung saja mengganti backlight sendiri. Kemudian menggantinya dengan backlight yang baru. Tetapi jika anda merasa tidak mampu melakukannya, tentu disarankan membawa laptop ke tukang servis agar mudah diselesaikan.

Mengganti Monitor

Mengganti monitor merupakan trik terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah layar hitam. Dengan mengganti monitor, anda bisa mendapatkan monitor baru dengan tanpa masalah. Hal ini bisa dilakukan jika menu bios di Windows sama sekali tidak muncul.

Jika saat menyalakan pc tetapi layar sudah black dan berwarna hitam tentu sudah dipastikan ada masalah pada monitor. Selain mengganti monitor, anda bisa mengganti kabel yang berhubungan dengan pc dan monitornya.

Layar tiba-tiba blank memang salah satu masalah yang sering terjadi pada laptop. Diharapkan beberapa cara diatas bisa membantu anda jika ingin memperbaikinya sendiri. Tetapi keputusan ini hanya ada pada anda saja mau memperbaiki sendiri atau menyerahkannya untuk di service.