Berbagai Macam Struktur Teks Prosedur

7 min read

Berbagai Macam Struktur Teks Prosedur

Segala macam hal perlu prosedur yang jelas agar langkah yang digunakan jelas untuk mencapai hasil yang diinginkan. Struktur teks prosedur perlu dibuat secara urut agar pembaca bisa dengan mudah mengikuti langkah yang dijelaskan di teks tersebut. Berikut penjelasan mengenai teks prosedur dan cara mudah untuk membuatnya.

Teks Prosedur

Teks prosedur dibedakan menjadi dua macam. Teks yang pertama dinamakan teks prosedur, dan teks yang kedua dinamakan teks prosedur kompleks. Penulisan dari tiap teks lah yang membedakan keduanya. Tujuan penulisan serta keterangan langkah yang harus ditempuh berpengaruh besar nantinya kepada teks yang anda tulis. 

Teks prosedur biasa dibuat untuk memudahkan para pembaca dalam melakukan sebuah hal. Dalam membuat sebuah teks yang berisi langkah langkah. Anda perlu memahami secara jelas isi dari teks agar anda bisa membaca dan memahami teks semacam ini dengan baik. Tujuan, langkah langkah serta penutup akan diterangkan di bawah ini.

 Tujuan 

Bagian pertama yang perlu diperhatikan dari membuat sebuah teks adalah tujuan dari pembuatan teks itu sendiri. Tujuan dari pembuatan paragraf harus bisa diungkap dengan jelas agar para pembaca benar benar memahami teks tersebut. Dengan mengungkapkan tujuan di paragraf awal, para pembaca bisa memberikan ekspektasi terhadap apa yang akan dibaca. 

Tujuan tidak perlu ditulis dengan gamblang. Dengan kata kata yang tidak langsung pun ada bisa menulis tujuan secara implisit. Karakter anda akan terlihat saat anda menyampaikan tujuan. Tidak perlu meniru orang lain, anda bisa menulis sesuai dengan gaya yang biasa anda gunakan. Gaya dari tulisan anda akan tertera dalam teks yang anda buat.

 Langkah Langkah

Setelah anda menulis mengenai tujuan pembuatan teks dengan jelas, anda bisa langsung menuliskan langkah langkah yang harus ditempuh para pembaca untuk menuju ke tujuan yang telah anda jabarkan. Tidak perlu bingung, anda bisa menggunakan angka atau huruf untuk menandai setiap langkah agar para pembaca bisa meniru langkah yang anda tuliskan.

Langkah langkah di dalam struktur teks prosedur harus disampaikan dengan jelas dengan detail yang mudah dimengerti. Hal ini karena tujuan utama dari pembuatan teks ini tidak lain adalah untuk membuat para pembaca mengerti mengenai langkah mudah yang bisa ditempuh untuk menjalani sebuah prosedur untuk melakukan sesuatu.

Detail semacam ukuran atau ketepatan dalam melakukan sesuatu harus dituliskan secara gamblang agar para pembaca tidak kesulitan dalam mengikuti arahan yang telah anda buat. Arahan yang ditulis harus menyampaikan langkah secara terperinci agar mudah dilakukan oleh pembaca nantinya.

 Penutup

Penutup dari teks hanya perlu disampaikan secara singkat. Penutup yang ditulis harus bisa berkaitan dengan tujuan awal yang disampaikan di bagian pembukaan. Akhiri teks anda dengan singkat. Tambahkan kiat atau tips yang diperlukan bila anda merasa perlu menambahkan beberapa hal di akhir teks yang telah anda buat.

Penutup sekiranya harus bisa menyingkat semua yang telah disampaikan dan di akhir disampaikan untuk menutup teks dengan baik. Jangan lupa gunakan kata kata yang baik agar pembaca bisa menyelesaikan proses membaca struktur teks prosedur dengan lebih alami.

Teks Prosedur Kompleks

Berbagai Macam Struktur Teks Prosedur

Untuk teks prosedur yang memiliki struktur lebih rumit, anda bisa menemui teks prosedur yang dinamai teks prosedur kompleks. Untuk membuat teks prosedur yang lebih kompleks, anda perlu memahami bahwa terdapat paling tidak empat hal yang perlu anda perhatikan.

Bagian judul, tujuan, bahan dan alat perlu anda perhatikan agar nantinya pembaca bisa memahami langkah yang anda tuliskan dengan mudah. Bila anda tidak yakin, anda bisa membuat teks prosedur yang biasa saja karena lebih singkat dan lebih mudah dipahami.

Judul

Judul dari teks prosedur yang anda buat harus secara gamblang bisa menerangkan apa yang ingin anda sampaikan. Bila anda merasa sulit menentukan judul yang pas, anda bisa membuat judul sesuai dengan isi teks apa adanya. Judul yang baik harus bisa menjelaskan isi teks prosedur.

Menamai artikel anda dengan judul kiat kiat atau langkah langkah secara langsung akan memberikan ide kepada pembaca bahwa yang anda tulis memang lah sebuah artikel prosedur. Hindari judul yang terlalu panjang dan berbelit belit karena pembaca justru akan meragukan isi tersebut.

Tujuan

Tujuan dari penulisan artikel bisa anda sampaikan secara langsung di paragraf pertama atau paragraf pembuka sebuah artikel. Dengan penulisan tujuan penulisan yang jelas, anda bisa dengan mudah memahami apa isi dari artikel tersebut. Tujuan bisa anda tuliskan sebelum anda melangkah ke menuliskan bahan bahan, alat dan langkah yang akan ditempuh.

Tujuan dari artikel bisa juga anda sampaikan sebelum judul teks prosedur. Buat paragraf pembuka yang menjadi latar belakang anda dalam melakukan penulisan, hal ini tentu saja akan menambah pengetahuan pembaca mengenai hal yang akan dilakukan.

Bahan

Bahan yang dibutuhkan tentu saja menjadi bagian yang sangat penting untuk disampaikan. Dengan jelas, anda perlu memastikan bahwa bahan bahan yang anda sampaikan memang sudah ditulis. Semua bahan yang dibutuhkan harus ditulis dan tidak boleh terlewat agar nantinya masyarakat bisa memahami apa yang harus disiapkan.

Alat

Alat alat yang dibutuhkan pun harus dijelaskan secara terperinci. Jangan sampai ada alat yang terlupakan karena hasil dari prosedur tersebut tidak akan sesuai dengan ekspektasi yang telah anda buat. Pastikan jumlah alat pun disesuaikan dengan prosedur yang telah anda buat.

Langkah langkah

Setelah semua bahan dan alat dituliskan, anda perlu menuliskan langkah langkah yang harus ditempuh dengan jelas. Tidak boleh ada langkah yang terlewat karena prosedur yang diikuti oleh pembaca tidak akan menghasilkan hal yang sama yang mereka harapkan. Anda perlu menjelaskan dengan detail apa yang dibutuhkan.

Langkah langkah yang diterangkan harus bisa membuat para pembaca mengikuti dengan baik. Ulang penulisan bila langkah tidak tertulis secara benar. Setelah menulis langkah langkah secara terperinci beri penutup dengan kata kata positif agar pembaca tetap semangat untuk membaca apabila yang mereka buat tidak sesuai dengan hasil yang dicontohkan.

Panduan Langkah

Panduan langkah di dalam struktur teks prosedur harus bisa membuat para pembaca mengikuti langkah yang telah diterangkan. Anda harus berhati hati apabila nantinya bahan atau alat yang dibutuhkan tidak sesuai dengan prosedur yang harus dilaksanakan. Hal ini akan berakibat fatal.

Pembaca akan kehilangan kepercayaan kepada tulisan yang telah anda tulis. Oleh karena itu, hal kecil semacam hitungan ukuran bahan dan alat perlu anda tulis dengan jelas agar pembaca bisa mengikuti tulisan prosedur dengan benar. Langkah langkah harus diterangkan dengan jelas agar pembaca bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Apabila anda menuliskan teks prosedur untuk memasak contohnya, anda harus melakukan praktik agar nantinya pembaca benar benar bisa melakukan prosedur dan mendapat hasil yang baik. Bila anda tidak mencobanya sendiri, besar kemungkinan langkah yang anda tuliskan tidak akan menimbulkan reaksi yang positif dari pembaca.

Langkah yang anda tuliskan harus mencakup ukuran bumbu yang dibutuhkan secara benar. Hal ini akan berpengaruh nantinya pada hasil masakan yang akan dibuat. Alat alat untuk memasak pun harus dicantumkan dengan benar agar pembaca bisa meniru dan mengikuti langkah tersebut dengan baik.

Aturan yang Harus Diikuti

Berbagai Macam Struktur Teks Prosedur

Dalam membuat teks prosedur, penulis harus benar benar paham tentang apa yang akan dilakukan. Oleh karena itu, penulis bisa melakukan praktik sembari menuliskan prosedur secara bersamaan. Hal ini akan membantu penulis untuk menghasilkan teks yang bisa dipertanggungjawabkan isinya. 

Takaran serta ukuran yang jelas diperlukan agar prosedur yang diikuti bisa dipahami dengan baik. Banyak orang melakukan eksperimen yang gagal karena langkah yang diikuti tidak ditulis dengan baik. Di sini lah tugas dari para penulis untuk membuat teks yang mudah dipahami agar nantinya pembaca pun bisa mengikuti dan menghasilkan hal sebaik yang dicontohkan di langkah yang ditulis.

Gunakan kata pertama, kedua, ketiga dan seterusnya dalam menuliskan langkah yang diperlukan. Apabila anda tidak menyukai hal tersebut, anda bisa langsung menuliskan angka saja untuk mencukupi yang diperlukan sebagai langkah dengan jelas. Huruf pun bisa menjadi pilihan sebagai alternatif baru dalam menulis sesuatu.

Jika satu kalimat dirasa kurang dalam menerangkan sebuah langkah, anda bisa menambahkan banyak kalimat hingga membentuk paragraf untuk memastikan yang anda sampaikan bisa terbaca dengan jelas oleh pembaca. Hindari memaksa menulis sebuah langkah dalam satu langkah bila anda merasa sebuah kalimat kurang bisa menjelaskan sebuah langkah secara utuh.

Isi Teks

Isi teks menjadi bagian yang paling penting dari teks prosedur. Teks bisa menggunakan kalimat perintah untuk menekankan perintah mengenai hal yang perlu dilakukan. Saran juga bisa disampaikan secara langsung untuk membuat para pembaca mengerti mengenai opsi yang mereka miliki untuk membuat sesuatu.

Jika dirasa berat, anda bisa menggunakan kalimat neutral dengan bahasa yang lebih bersahabat. Anda bisa menghindari kalimat perintah dan menggunakan kalimat neutral untuk memberitahu langkah kepada seseorang. Langkah yang anda tulis pun harus urut benar benar sesuai dengan langkah yang telah anda lakukan.

Gunakan kalimat penjelas di tiap bagian isi langkah langkah. Kalimat penjelas berfungsi untuk semakin memberikan keterangan agar pembaca tidak mudah nantinya saat praktik mengikuti prosedur yang sudah dibuat. Kalimat penjelas bisa hanya satu hingga lima kalimat. Anda bisa juga menambahkan paragraf lagi untuk memastikan hal yang anda sampaikan akan mudah dimengerti oleh pembaca.

Baca ulang teks prosedur yang telah anda buat. Bila perlu, anda perlu melakukan praktik sekali lagi dengan membaca teks prosedur yang sudah anda buat. Jika anda merasa perlu pembuktian lagi, anda bisa meminta teman anda untuk melakukan praktik mengikuti teks prosedur yang telah anda buat.

Pengecekkan silang semacam ini akan membuktikan bahwa langkah langkah yang telah anda tulis memang valid dan bisa ditiru secara individu. Tanpa bantuan orang lain, pastikan bahwa teman anda bisa meniru langkah yang anda tulis. Setelah itu, anda bisa mengecek hasil akhir yang sudah dibuat dan menentukan apakan teks prosedur benar benar sudah layak.

Penggunaan Kalimat Perintah dan Akibat

Pada umumnya, teks prosedur akan menggunakan kalimat perintah dan kalimat yang menunjukkan akibat dari sebuah hal. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan kata perintah. Dengan menggunakan kata perintah, pembaca juga bisa membaca dengan baik bagian mana yang merupakan langkah utama dan bagian mana yang merupakan kalimat penjelas. 

Jangan ragu untuk menggunakan kalimat perintah, dan jangan lupa juga jelaskan akibat yang akan didapatkan oleh seseorang bila melakukan suatu hal. Ini penting untuk memastikan bahwa para pembaca memang paham dengan apa yang akan dilakukannya. Kata perintah yang anda tulis harus diikuti dengan kalimat penjelas untuk memastikan bahwa prosedur jelas.

Apabila anda menggunakan kalimat biasa, pembaca mungkin akan kesulitan memahami apa yang harus mereka lakukan. Bisa saja mereka salah paham dan justru mengira bahwa kalimat ini hanya merupakan kalimat penjelas dan bukan langkah yang sebenarnya harus mereka lakukan. 

Bila anda hanya menggunakan satu kalimat untuk setiap langkah, anda bebas menggunakan kalimat biasa karena pembaca tidak mungkin akan bingung dengan langkah yang harus ditempuh. Penulisan satu kalimat ini cukup membantu pembaca mengerti apa yang harus mereka lakukan. 

Terdapat Kalimat Saran atau Larangan

Berbagai Macam Struktur Teks Prosedur

Untuk memastikan bahwa kalimat teks prosedur yang telah anda buat memang cukup memuat informasi yang jelas, anda bisa menambahkan kalimat saran dan larangan yang ditulis di isi teks. Kalimat saran atau larangan ini nantinya akan memudahkan pembaca untuk menghindari hal yang akan mengakibatkan percobaan mereka gagal.

Kalimat saran atau larangan juga bisa ditambahkan setelah penutup di teks. Tambahkan di bawah pesan pesan mengenai saran dan larangan yang nantinya bisa ditinjau oleh pembaca agar mereka bisa memutuskan untuk melakukan hal yang benar.

Kegagalan juga amat bisa dihindari bila anda menerangkan saran atau larangan sekaligus di bagian bawah dari teks prosedur milik anda. Kesalahan bisa dihindari dan pembaca bisa mengikuti prosedur yang ditulis dengan baik tanpa membuat kesalahan yang mengakibatkan pengulangan langkah dari awal lagi.

Ukuran dan Batasan yang Jelas

Bagi anda yang ingin detail yang jelas bagi teks prosedur anda, anda bisa menuliskan ukuran dan atau batasan yang jelas bagi prosedur yang anda tulis. Ukuran bahan dan jumlah alat yang pasti sangat dibutuhkan untuk hasil yang maksimal. Oleh karena itu anda perlu memastikan bahwa anda menulis angka yang memang benar adanya.

Selain alat dan bahan, anda juga perlu memastikan hal detail seperti menit dan detik yang dibutuhkan untuk membuat sesuatu agar para pembaca bisa mengikuti prosedur dan mendapat hasil yang baik. Bila anda kesulitan menentukan ukuran, pembaca bisa kebingungan dan hasil yang didapatkan pun tidak akan baik.

Batasan yang jelas tetap harus dijelaskan dengan baik agar pembaca bisa mengikuti langkah dari awal hingga akhir. Ukuran yang tidak jelas mungkin bisa anda ubah dengan menimbang terlebih dahulu agar data yang anda tulis memang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan nantinya. Pastikan ukuran dan batasan dari teks prosedur anda tidak membingungkan.

Anda bisa menambahkan keterangan tambahan di akhir teks prosedur nantinya untuk membantu pembaca mendapatkan hasil yang terbaik dari mengikuti prosedur yang telah anda buat. Keterangan tambahan mengenai ukuran dan batasan bisa anda tuliskan setelah penutup atau di halaman baru khusus ukuran dan batasan dalam prosedur.

  Asas dan Prinsip Manajemen Kelas serta Faktor yang Mempengaruhi
Avatar