Begini Cara Mengetahui Algoritma Youtube Pada tahun 2021

Cara Mengetahui Algoritma Youtube – Dengan berbagai alasan, orang memilih Youtube sebagai tempat untuk mencari pundi-pundi rupiah. Maka yang perlu diperhatikan salah satunya adalah dengan memerhatikan algoritma Youtube itu sendiri.

Di tahun 2021 ini, Youtube sendiri membuat algoritma yang berbeda dari tahun-tahun sebelumya. Yang pasti, algoritma ini bertujuan untuk melacak aktivitas pengguna terhadap video yang ditonton, hingga berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk menonton.

Sejak pertama kali Youtube rilism sebetulnya Algoritmanya sendiri terus mengalami perubahan yang cukup signifikan. Hal tetsebut terjadi karena banyaknya kecurangan yang terjadi, terutama saat para Youtuber mencari penonton dan jumlah pengikut atau subsciber.

Tidak hanya itu, kini Youtube juga memerhatikan konten yang digunakan khusus untuk anak-anak. Di mana Youtube juga menerapkan peraturan tentang tidak adanya monetasi untuk konten video yang diperuntukkan untuk anak. Salah satu alasannya karena Youtube mendapat denda dari FTC (Federal Trade Commission) akibat pelanggaran mengumpulkan informasi anak tanpa izin orangtua.

Kemudian, bagaimana cara mengetahui algoritma Youtube 2021 ini, mari perhatikan penjelasan berikut ini.

Niche

Begini Cara Mengetahui Algoritma Youtube Pada tahun 2021

Pertama kali yang perlu Anda perhatikan ketika membuat konten adalah Niche konten. Di mana niche merupakan sektor kebutuan penonton yang bisa Anda manfaatkan agar bisa mendapatkan keuntungan.

Tentukan niche konten Youtube Anda dan buatlah menadi spesifik, sehingga kebutuhan penonton bisa terpenuhi. Sehingga orang akan kembali mencari kontan yang Anda buat, karena memang bermanfaat.

Youtube sendiri menyediakan kanal-kanal spesifik yang bisa disesuaikan dengan konten-konten video yang Anda buat. Di mana algoritma Youtube akan langsung memasukkan konten yang Anda buat dengan kebutuhan penonton yang juga telah dikumpulkan Youtube sebelumnya.

Secara keseluruhan, Youtube akan menilai konten yang Anda unggah. Mulai dari konsistensi hingga kesesuaian isi konten dengan niche yang telah dipilih. Yang pasti, semakin konsisten Anda unggah video, maka konten tersebut akan dijadikan rekomendasi pada niche tersebut.

5 Menit Cara Membuat Paspor Online Tanpa Ngantri 

Keyword

Begini Cara Mengetahui Algoritma Youtube Pada tahun 2021

Cara mengetahui algoritma Youtube yang kedua adalah dengan menentukan kata kunci atau keyword. Sebelumnya membuat konten, Anda bisa melakukan penelitian terlebih dahulu terhadap kata kunci yang persaingannya cukup rendah, namun memiliki kebutuhan dan persaingan yang cukup tinggi.

Keyword yang digunakan sebaiknya memenuhi beberapa kriteria, seperti tingkat pencarian, banyaknya penonton juga pesaing. Di mana kroteria tersbut memang akan menjadi faktor utama dan akan menentukan proses peningkatan kanal Youtube Anda sendiri.

Untuk menemukan kata kunci yang tepat, maka Anda bisa menggunakan batuan alat pencari kata kunci yang banyak tersedia di internet. Setelah itu, segera lakukan uji coba kata kunci dengan membuat konten yang sepadan.

CTR

Begini Cara Mengetahui Algoritma Youtube Pada tahun 2021

Poin penting berikutya yang perlu Anda perhatikan adalah CTR atau Click Through Rate, yang tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa banyak penonton yang mengklik video setelah muncul di beranda Youtube.

Salah satu cara untuk meningkatkan nila CTR pada video Anda adalah teknik clickbait. Ini bisa diterapkan pada keterangan yang hiperbola atau judul video yang Anda buat. Meski penting, namun nilai yang tinggi pada CTR uga bisa membahayakan video jika tidak diiringi dengan nilai bounce rate yang sesuai.

Bounce Rate

Bounce rate juga perlu Anda perhatikan dan ini merupaka cara mengetahui algoritma Youtube 2021. Bounce rate merupakan keadaan di mana penonton akan beralih dari video yang tengah di tontonnya saat itu, ke video lain.

Normalnya bounce rate akan dihitung sejak video ditonton hingga tayangan selesai. Jika bounce rate ini tinggi dan diimbangi dengan CTR yang juga tinggi namun penonton tidak menonton hingga selesai, maka bisa menjadi masalah lain dan akan berdampak pada sesi durasi di video Anda.

Review Spesifikasi dan Harga Laptop Apple Macbook Pro yang Hadir Dengan Touch Bar

Biasanya jika durasi peninton tidak terlalu besar, maka algorotma Yiutube akan mendeteksi bahwa konten yang Anda buat tersebut tidak menarik.

Evergreen Konten

Berikutnya yang perlu Anda perhatikan di dunia konten kreator adalah konten evergreen. Dimana sifat dari konten ini memiliki durasi atau peminat yang tidak terbatas aoleh waktu dan mampu menarik orang untuk terus menonton karena merasa tertarik.

Salah satu ciri konten evergreen konten adalah, pembahasan dalam konten menyasar pada masalah dasar dari semya orang, dengan objek yang jelas, Konten juga mampu menunjukkan keahilan pembuatnya, dalam hal ini Anda, hingga pantas untuk dijadikan rujukan.

Konten evergreen juga ditandai dengan video yang selalu update dengan informasi terbaru. Disini Anda bisa melakukan retouch pada konten yang sudah diuungah sebelumnya. Berikutnya. Ajak penonton untuk mengambil tindakan atau langkah yang sama.

Algoritma Youtube Trending

Cara mengetahui algoritma Youtube selanjutnya adalah dengan mengikuti tren yang tengaj terjadi diberbagai sektor, termasuk Youtube tentunya. Menjadikan konten video yang Anda buat jadi viral atau trending memang bukan pekerjaan mudah, terlebih karena algoritma Youtube saat ini sangatlah sensitif.

Namun masih ada yang bisa Anda perhatikan jika ingin membuat konten yang viral atau trending. Misalnya adalah melakukan kolaborasi dengan konten kreator lain. Di sini, Anda bisa memilih selebriti, masyarakat biasa, atau orang-orang penting lainnya.

Jika ingin viral, maka bisa memilih konten kreator yang CTR dan bounce rate-nya tinggi. Kolaborasi konten yang menarik, biasanya akan menjangkau lebih banyak penonton yang akan berimbas pada jumlah view video yang Anda buat.

Berikutnya adalah yang perlu Anda perhatikan betul yaitu kualitas konten. Isi video akan menjadi perhatian penuh para penonton dan pihak Youtube tentunya. Anda bisa saja membuat konten yang kontroversial, memang kesempatan untuk menjadi voral sangat terbuka, namun biasanya memiliki rentang waktu tonton yang tidak lama.

Google Meet Features, Apa Saja?

PIkirkanlah untuk selalu membuat konten yang berkualitas, hingga memungkinkan mendapatkan kesempatan trending menjadi lebih lama. Selain itu, biasanya konten Anda juga bisa mendapat kesempatan ditonton oleh kreator-kreator lainnya.

Interaksi dengan Penonton

Hal-hal lain yang perlu Anda lakukan berikutnya dengan video yang telah Anda buat adalah, melakukan interaksi dengan para penonton Anda. Bagaimanapun juga, viewer video Anda adalah manusia dan untuk menghargai mereka, maka berkomunikasilah dengan mereka.

Berinteraksi dengan para penonton video Youtube Anda juga bisa meningkatkan engagement. Lakukan hal sederhana, dengan membalas komentar atau sekadar memberikan like. Selain itu, Anda juga bisa mengajak penonton Anda untuk memberikan komentar di tengah-tengah video yang Anda buat.

Jika memungkinkan, minta juga viewers untuk mempromosikan video Anda di platform media sosial mereka. Cara ini secara tidak langsung bisa menjaga hubungan baik dengan para penonton atau mereka yang sudah menjadi subcriber Anda. Melihat interaksi yang baik, ini juga akan berpengaruh pada hasil engagement nantinya.

Nah, itu dia sederet cara mengetahui algoritma Youtube 2021 ini. Sekarang maulainya memikirkan konten apa yang tepat dan dicari para penonton Youtube. Menghasilkan uang di platform ini uga banyak dilakukan terutama bila dikaitkan dengan era digital yang semuanya sudah serba internet. Yuk, coba sukses di Youtube!