Arti Akomodasi Dan Jenis – jenisnya

3 min read

Arti akomodasi mungkin masih menjadi hal yang sulit dijabarkan walaupun sebenarnya kata akomodasi sendiri sudah sangat sering terdengar di dalam kehidupan sehari – hari. Agar lebih jelas lagi,  perhatikan penjelasan di bawah ini.

Definisi Akomodasi Secara Umum

Mendengar kata akomodasi mungkin orang sudah tak asing lagi karena memang istilah yang satu ini memang sudah sangat sering terdengar di dalam kehidupan sehari – hari.  Namun apakah semua orang mengerti arti akomodasi ini? Belum tentu.  Karena kemungkinan masih ada sebagian orang yang belum bisa menjabarkan arti akomodasi ini.

Pada dasarnya arti akomodasi sendiri merupakan sebuah bangunan rumah yang bisa dijadikan sebagai tempat tinggal sementara.  Akomodasi sendiri biasanya memang bersifat komersial dimana siapapun yang menginap,  maka akan dikenakan sejumlah biaya sesuai dengan tarif yang dipasang masing – masing.

Akomodasi sendiri bisa juga untuk non komersial.  Seperti saja untuk keperluan menampung sejumlah orang dengan tujuan tertentu.  Misalnya saja untuk menampung korban bencana alam atau yang lainnya.

Tujuan Adanya Akomodasi

Setelah memahami apa itu arti akomodasi maka selanjutnya perlu diketahui juga tentang apa itu tujuan dari adanya akomodasi ini.  Tujuan adanya akomodasi adalah sebagai solusi atas kebutuhan orang atau pihak – pihak tertentu yang membutuhkan hunian atau tempat tinggal sementara.

Manfaat Akomodasi Bagi Banyak Pihak

Di samping mengetahui arti akomodasi mungkin dan juga tujuan keberadaannya,  tentunya manfaat dari akomodasi ini juga perlu untuk diketahui.

  • Manfaat Akomodasi Bagi Masyarakat

Akomodasi memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya bagi mereka yang sering bepergian untuk urusan pekerjaan atau yang lainnya.  Biasanya terdapat beberapa orang tertentu yang bepergian dari satu tempat ke tempat lain atau dari kota ke kota lain.  Baik itu untuk urusan pekerjaan atau sekedar rekreasi.

  PARTISIPASI ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Ketika jarak lokasi yang dituju terlalu jauh dan tidak memungkinkan untuk pulang pergi dalam satu hari,  maka tentunya masyarakat perlu mencari tempat untuk menginap.  Di sinilah peran akomodasi yang bisa dijadikan tempat berlindung dan beristirahat sementara sebelum akhirnya kembali ke tempat asalnya masing – masing.

  • Manfaat Akomodasi Bagi Pebisnis

Manfaat akomodasi juga bisa dirasakan oleh para pebisnis. Dimana pebisnis yang memiliki modal besar bisa mendirikan penginapan dan menjadikannya sebagai ladang bisnis yang mendatangkan keuntungan.

  • Manfaat Akomodasi Bagi Pemerintah

Pemerintah pun juga bisa menikmati keuntungan dari adanya akomodasi ini.  Umumnya beberapa instansi pemerintah sering mengadakan seminar atau pelatihan yang kadang kala dilaksanakan beberapa hari.  Hal inilah yang menjadi alasan mengapa pemerintah membutuhkan akomodasi untuk para peserta.

Tujuannya adalah agar para peserta bisa fokus dengan agenda yang sudah ditentukan. Dan tidak ada alasan terlambat datang menghadiri agenda seminar atau yang lainnya.

  • Manfaat Akomodasi Bagi Negara

Yang terakhir adalah negara juga bisa ikut merasakan manfaat dari adanya akomodasi ini.  Setiap negara pastinya memiliki pemasukan dari berbagai sektor.  Salah satunya adalah dari sektor pariwisata.

Di suatu tempat wisata tentunya tak terlepas dari yang namanya tempat makan, tempat belanja oleh – oleh dan pastinya penginapan.  Penginapan menjadi salah satu fasilitas yang banyak dicari saat mengunjungi suatu tempat wisata. Hal ini karena tidak semua wisatawan berasal dari kota atau negara yang sama atau bisa menempuh lokasi wisata tersebut dengan waktu yang singkat.

Di sinilah peran akomodasi dimana wisatawan akan merasa tertolong karena bisa mendapatkan tempat menginap sementara untuk melepas lelah, sampai akhirnya nanti kembali ke tempat tinggalnya masing – masing.

Semakin bagus dan lengkap fasilitas di suatu tempat wisata maka memberikan peluang agar tempat wisata tersebut semakin ramai pengunjung.  Semakin ramai suatu tempat wisata maka makin besar pula kesempatan negara untuk mendapatkan income.  Karena pariwisata merupakan salah satu sektor yang menyumbang pendapatan negara terbesar.

  Jelaskan Pengertian Poster: Syarat-Syarat dan Jenisnya

Dari beberapa penjelasan di atas tentunya sudah bisa ditarik kesimpulan bahwa adanya akomodasi ini memang memberikan keuntungan bagi berbagai pihak.

Ketahui Jenis – jenis Akomodasi

Setelah memahami tentang arti akomodasi, tujuan dan juga manfaatnya maka tentu saja perlu mengetahui tentang apa sajakah yang termasuk ke dalam jenis – jenis akomodasi ini.  Karena tentunya mengetahui arti akomodasi saja tidaklah cukup jika tidak diimbangi dengan pemahaman tentang informasi yang lainnya.

Mengenai jenis akomodasi sendiri terdiri dari banyak macam.  Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Hotel

Hotel merupakan sebuah tempat menginap atau penginapan yang dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas maupun layanan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.  Tarif untuk menginap di hotel bisa bervariasi tergantung dari kelasnya masing – masing. Karena setiap kelas akan menentukan fasilitas dan layanan yang diberikan. Dan faktor inilah yang akan membedakan tarif atau biaya menginapnya.

Tidak ada batasan waktu untuk menginap di hotel,  sehingga tamu bisa menginap sampai kapanpun sesuai dengan keinginan.

  • Motel

Motel juga merupakan tempat tinggal sementara yang bisa digunakan oleh siapapun namun dengan ketentuan waktu menginap yang lebih terbatas yaitu tidak lebih dari 24 jam.

  • Homestay

Homestay juga bisa dikategorikan sebagai penginapan. Hanya saja tema atau konsep yang diusung oleh homestay ini sedikit berbeda.  Umumnya homestay ini adalah rumah masyarakat yang mana fasilitasnya sudah dilengkapi sehingga layak dijadikan sebagai penginapan.

Ketika tamu menginap di homestay, maka seluruh fasilitas yang digunakan seperti kamar mandi,  ruang tamu,  ruang makan juga menyatu dengan si pemilik rumah.  Namun untuk kamar tidur sudah disediakan tersendiri khusus untuk para tamu.

  • Guest House
  Pengertian Pantun, Struktur, Jenis, dan Ciri-Cirinya

Sesuai dengan namanya,  guest house ini merupakan tempat menginap yang biasanya disediakan oleh perusahaan maupun instansi tertentu.  Yang mana tujuan guest ini diperuntukkan ketika menerima tamu seperti kolega,  rekan bisnis atau yang lainnya.  Guest house juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang,  termasuk fasilitas makan dan minum.

  • Bungallow

Untuk bungallow sendiri juga merupakan tempat tinggal sementara.  Hanya saja bungallow ini disewakan untuk partai nesar,  misalnya rombongan maupun satu keluarga atau lebih. Biasanya di dalam suatu bungallow hanya memfasilitasi satu rumah dengan fasilitas penunjang lainnya saja,  namun tidak didukung dengan layanan makan dan minum. Umumnya bungallow ini disewakan sebagai penginapan saat liburan.

  • Villa (Resort)

Jenis akomodasi lainnya adalah villa atau sering disebut juga dengan resort.  Villa ini biasanya berada di kawasan tempat wisata.  Disewakan untuk pribadi maupun rombongan.

Jika bungallow hanya menyewakan tempat menginap dan fasilitas,  maka berbeda dengan villa. Tamu yang menginap di villa juga bisa mendapatkan fasilitas makan dan minum maupun fasilitas lainnya sesuai dengan  fasilitas maupun layanan yang ditawarkan oleh villa tersebut.

  • Cottage

Jenis akomodasi yang terakhir adalah cottage.  Cottage ini merupakan penginapan yang disewakan untuk keluarga dengan beragam fasilitas di dalamnya.  Yang menjadi ciri khas dari cottage ini adalah dimana bangunan – bangunannya terpisah satu sama lain.

Umumnya cottage ini dibangun di area yang berdekatan dengan danau maupun pantai. Cottage sangat cocok bagi mereka yang berlibur dengan banyak orang karena bangunan terpisah sehingga masih menawarkan space untuk privasi.

Dari beragam penjelasan di atas tentunya sudah memiliki gambaran tentang arti akomodasi beserta hal – hal yang terkait di dalamnya. Arti akomodasi memberikan gambaran secara luas sehingga membuat banyak orang lebih memahami betapa besar dan pentingnya keberadaan akomodasi ini bagi banyak pihak.

Muhammad Avanda Alvin