Aplikasi Umma

Aplikasi Umma, Aplikasi Muslim Lengkap Seputar Agama

Aplikasi Umma –  Aplikasi Umma merupakan aplikasi yang begitu digandrungi khususnya oleh umat muslim Indonesia.

Hal ini barangkali diakibatkan oleh fitur-fitur lengkap yang bisa dimanfaatkan kapan saja. Melalui aplikasi ini, pengguna mendapatkan beragam informasi seputar agama Islam dengan lengkap.

Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai seluk-beluk aplikasi sekaligus panduan mengenai tata cara penggunaannya. Tak terkecuali, karena Umma menyediakan hadiah bagi para penggunanya, artikel ini juga akan membahas mengenai cara mendapatkan hadiah dari Umma.

Sarana menuju Surga

Sebagai sebuah aplikasi yang berisi tuntunan dalam beragama, aplikasi ini melengkapi dirinya dengan fitur-fitur yang sangat lengkap.

Dengan aplikasi ini, pengguna bisa belajar mengenai Al-Qur’an dan seluk-beluknya sebagai sumber pertama dan utama yang dijadikan rujukan oleh setiap muslim. Dengan demikian, teman-teman bisa membaca Al-Qur’an di mana saja dan kapan saja dengan adanya aplikasi ini dalam genggaman tangan.

Di samping mendukung hubungan vertikal dengan Tuhan, aplikasi ini juga membantu penggunanya dalam hubungan horizontal dengan sesamanya. Di dalam aplikasi ini, terdapat fitur yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan sesama pengguna sekaligus bisa mengajukan tanya-jawab kepada narasumber yang ada.

Dengan poin-poin yang demikian islami, pengguna banyak yang tertarik dengan aplikasi ini untuk kegiatan yang positif. Dengan demikian, hadirnya aplikasi ini mampu menyibukkan penggunanya agar tidak terjerumus ke dalam kegiatan-kegiatan negatif.

Untuk menarik orang-orang menuju jalan yang benar, aplikasi ini juga mengadakan sebuah acara yang bisa diikuti oleh masing-masing penggunanya. Di dalam acara tersebut, disajikan berbagai macam hadiah yang tentunya menjadikan kehidupan ini menjadi makin asyik dalam hal beragama.

Ketahui Cara Membedakan Xiaomi Asli dan Palsu dengan Benar

Seluk Beluk Aplikasi

Aplikasi yang dirilis sejak 1 September 2017 ini telah mengalami berbagai perubahan versi. Bagi teman-teman yang hendak memanfaatkan aplikasi ini, pastikan mendownload versi terbarunya, yakni versi 2.10.5.

Di dalam versi terbaru yang diupdate pada 1 Juli 2021 tersebut, teman-teman bisa menikmati tampilan baru dan penyempurnaan pengaturan jadwal sholat yang lebih akurat.

Aplikasi ini dikembangkan oleh developer dengan nama yang sama. Dengan ukuran 66,51 MB, aplikasi ini telah didownload oleh lebih dari 10.000.000 pengguna.

Fitur-Fitur Aplikasi

Ada sekian banyak fitur yang disediakan oleh Umma. Di antara fitur-fitur utamanya adalah:

  1. Al-Qur’an

Fitur yang satu ini membantu memudahkan teman-teman dalam membaca Al-Qur’an karena Umma menyediakan transliterasi dan terjemahan dalam beberapa bahasa, di antaranya dalam bahasa Indonesia. Di samping membaca, pengguna juga bisa mendengarkan murottal sesuai pelafalan teks Arabnya.

Aplikasi ini juga menuntun para pengguna yang sedang belajar cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar dengan menyediakan tanda tajwid yang berwarna.

Bagi pengguna yang terbiasa membaca Al-Qur’an dalam bentuk mushaf, bisa mengubah opsi tampilannya ke mode buku.

Selain itu, di aplikasi ini tersedia fitur untuk mencari Surat, Ayat, ataupun Topik secara spesifik, sehingga pengguna bisa leluasa dalam menggunakannya sesuai kebutuhan.

Pengguna bisa memanfaatkan bookmark sebagai sarana penyimpan posisi akhir bacaan agar tidak mengulanginya lagi dari awal. Dengan ini, setelah aplikasi ini ditutup lalu mau dibuka kembali, pengguna tidak perlu lagi repot-repot mencari ayat terakhir yang dia baca.

Pengguna juga bisa menandai ayat-ayat pilihan sebagai favorit agar lebih mudah saat mengaksesnya. Di samping itu, aplikasi ini menyediakan sekumpulan topik Al-Qur’an yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.

  1. Jadwal Sholat

Di dalamnya terdapat jadwal sholat dan imsak yang sesuai dengan lokasi pengguna. Pengguna bisa memanfaatkan fitur ini sebagai pengingat sholat dengan menyalakan alarm adzan sebagai penanda masuknya waktu sholat.

  1. Penunjuk Arah Kiblat

Teman-teman bisa memanfaatkan fitur ini jika pada suatu ketika berada di suatu tempat dan tidak tahu di posisi mana arah kiblat berada. Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa menentukan arah kiblat dengan akurat sesuai lokasi, tempatnya berada. Penunjuk arah kiblat yang ditawarkan Umma adalah kompas kiblat berbasis GPS.

  1. Kalender Hijriyah

Fitur ini menyediakan informasi bagi pengguna mengenai kalender berbasis lunar system, sehingga pengguna bisa mengetahui komparasi antara kalender Masehi dan Hijriyah.

  1. Live Streaming dan Q&A

Pengguna bisa menyaksikan siaran langsung terkait kajian-kajian keagamaan. Di samping itu, disediakan kesempatan untuk bertanya mengenai permasalahan agama sehari-hari yang akan segera dijawab oleh narasumber yang kredibel.

  1. Konten

Selain berbentuk video, teman-teman bisa mendapatkan konten menarik lainnya, seperti artikel tertulis mengenai permasalahan agama. Teman-teman juga bisa saling berkomunikasi dengan pengguna Umma lainnya melalui fitur yang tersedia.

Perkembangan Teknologi di Indonesia dalam Berbagai Bidang Kehidupan

Itulah informasi dari beberapa fitur utama sebagai langkah awal bagi teman-teman untuk lebih mudah memahami cara menggunakan aplikasi Umma.

Cara Menggunakan Aplikasi Umma

Berikut adalah langkah demi langkah yang menerangkan tentang tata cara menggunakan aplikasi Umma:

Langkah pertama, pergi ke Google Playstore, lalu ketikkan Aplikasi Umma, jika sudah muncul, langsung saja diunduh.

Langkah kedua, jika aplikasi telah terunduh, kemudian install aplikasi.

Langkah ketiga, jika aplikasi telah terinstall, silakan buka aplikasi untuk menikmati fitur-fitur canggih di dalamnya yang bermanfaat untuk mendukung kehidupan beragama.

Sebagai tambahan informasi, jika teman-teman hendak memanfaatkan fitur tanya-jawab, teman-teman dianjurkan terlebih dahulu untuk melakukan pendaftaran akun. Setelah mendaftar, teman-teman bisa log in menggunakan akun tersebut dan semua fitur yang ada di aplikasi bisa teman-teman manfaatkan sepuasnya.

Ada Hadiah bagi Yang Beruntung

Selain menawarkan fitur yang lengkap, Umma juga memberikan hadiah secara cuma-cuma kepada para pengguna yang beruntung. Hadiah yang diberikan pun cukup beragam, seperti TV LED 32 Inchi, Xiaomi Note, Oppo A5S, Voucher senilai Rp 100.000,00 dan Rp 50.000,00, serta hadiah menarik lainnya.

Untuk bisa mendapatkan hadiah tersebut, teman-teman diberi tugas untuk mengumpulkan banyak kupon yang nantinya akan dipilih untuk menentukan pemenangnya. Kupon tersebut bisa didapatkan melalui referral dari pengguna baru yang diundang untuk menggunakan aplikasi ini.

Ada cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan kupon tersebut. Pertama-tama, teman-teman bisa mengunjungi tautan berikut https://bit.ly/3e0H5k0. Di dalam tautan tersebut akan ada kode kupon yang tersedia. Setelah itu, salin kode kupon tersebut. Jika sudah, silakan masukkan kode tersebut ke formulir yang disediakan.

Formulir tersebut berada di banner event aplikasi. Dengan demikian, setelah mendapat kode kupon, teman-teman harus membuka aplikasi. Lalu menuju ke Banner Event. Pada bagian ini, kode kupon dimasukkan pada formulir yang tertera.

10 Web Browser Populer Yang Bisa Kamu Gunakan

Setelah semua langkah tersebut dilakukan, teman-teman tinggal menunggu kelanjutan informasi dan tentunya disertai dengan berdoa, barangkali bisa menjadi pemenang dan mendapat hadiah dari Umma.

Demikianlah paparan mengenai seluk-beluk aplikasi dan tata cara penggunaannya, yang meliputi cara menggunakan aplikasi Umma, cara mendapatkan kode kupon, dan cara mendapatkan hadiah yang ada di dalam Aplikasi Umma.