Apa yang Dimaksud dengan Gaya

Apa Yang Dmaksud dengan Gaya – Benda yang diam membutuhkan sesuatu yang bisa membuatnya bergerak dan sesuatu yang dibutuhkan itu adalah gaya. Maksudnya, gaya dibutuhkan oleh benda untuk membuat benda bergerak dari kecepatan nol menjadi kecepatan bukan nol.

Masih bingung dengan maksud dari Gaya? Sebenarnya apa yang dimaksud dengan gaya dan apa saja jenisnya? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan tentang gaya berikut ini.

Pengertian Gaya

Gaya merupakan suatu tarikan atau dorongan yang akan mengubah bentuk, arah serta kecepatan dari benda yang awalnya diam. Dalam lingkup fisika, gaya adalah interaksi apapun yang bisa membuat suatu benda yang memiliki massa mengalami perubahan gerak. Pergerakan tersebut mencakup bentuk, arah ataupun konstruksi geometris dari benda.

Simbol fisika dari gaya adalah huruf F (Force) dan dalam satuan internasional (SI), gaya dilambangkan dengan huruf N (Newton). Alat pengukur dari gaya bernama dinamometer atau neraca pegas.

Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda

Apa yang Dimaksud dengan Gaya

1. Gaya membuat benda diam menjadi bergerak

Seperti pada pengertian awal, gaya akan membuat benda diam (kecepatan nol) menjadi bergerak (kecepatan bukan nol). Contoh mudahnya adalah, bola yang diam akan bergerak ketika seseorang menendangnya.

2. Gaya membuat benda bergerak menjadi diam

Sebaliknya, gaya juga akan membuat benda yang bergerak (kecepatan bukan nol) menjadi diam (kecepatan nol). Contohnya adalah bola yang bergerak ke gawang akan berhenti (diam) ketika kiper menangkapnya.

3. Gaya membuat benda berubah arah

Gaya yang terjadi bisa membuat benda yang sedang bergerak ke arah tertentu menjadi berbalik atau berubah arah. Contohnya adalah bola yang dilemparkan ke tembok akan terlempar lurus, namun menjadi berbalik arah memantul ketika menyentuh tembok.

4. Gaya membuat benda bergerak lebih cepat

Benda yang sedang bergerak juga bisa terpengaruh oleh gaya, jika ditambah dengan gaya lagi, benda yang sedang bergerak akan bergerak lebih cepat. Contohnya adalah bola yang sedang menggelinding akan bergerak semakin cepat ketika digiring dengan kaki.

5. Gaya membuat bentuk benda berubah

Gaya juga bisa merubah bentuk benda baik itu bisa kembali ke bentuk semula ataupun tidak. Contohnya adalah plastisin yang menjadi gepeng ketika ditekan.

Rumus Gaya

Apa yang Dimaksud dengan Gaya

Dalam fisika, gaya mempunyai 3 rumus dasar yang bisa menjelaskan pergerakan benda. Ketiga rumus itu adalah sebagai berikut:

1. Rumus Hukum Newton 1

Dalam hukum Newton 1 disebutkan bahwa jika penambahan atau pengurangan gaya yang bekerja pada benda adalah 0, maka benda yang semula diam akan tetap diam dan benda yang bergerak lurus beraturan akan tetap bergerak lurus beraturan.

Maka rumusnya adalah:

∑F = 0

Kumpulan Contoh Cerita Pendek Anak untuk Menemani Putra/Putri Anda Sebelum Tidur

Keterangan:

∑F adalah resultan gaya (kg m/s2)

2. Rumus Hukum Newton 2

Dalam hukum Newton 2, percepatan atau perubahan dari kecepatan gerak suatu benda selalu berbanding lurus dengan resultan gaya yang bekerja pada suatu benda dan selalu berbanding terbalik dengan massa benda.

Maka rumusnya adalah:

∑F = m.a

Keterangan:

∑F adalah resultan gaya (kg m/s2)

m adalah massa dari benda (kg)

a adalah percepatan benda (m/s2)

3. Rumus Hukum Newton 3

Ketika suatu benda memberikan gaya terhadap benda lainnya, maka benda lain tersebut akan membalas gaya dari benda pertama dengan arah yang berlawanan.

Maka rumusnya adalah:

∑F aksi = -∑F reaksi

Jenis-Jenis Gaya

Apa yang Dimaksud dengan Gaya

Secara umum, gaya dikelompokkan menjadi 2 jenis yaitu:

1. Gaya Sentuh

Seperti namanya, gaya sentuh adalah gaya yang terjadi karena adanya sentuhan terhadap benda. Gaya ini akan keluar saat benda satu bersentuhan atau berinteraksi dengan benda lain yang merupakan sumber gaya.

Artinya, gaya akan menimbulkan efek tertentu saat terjadi sentuhan dengan benda yang diberikan gaya. Sebaliknya, jika tidak ada sentuhan maka gaya tidak akan memiliki efek apapun bagi benda pertama.

Contohnya adalah bola yang bergerak ketika ditendang manusia (bola sebagai benda dan manusia sebagai sumber gaya)

2. Gaya Tak Sentuh

Berbeda dengan saya sentuh, gaya tak sentuh adalah suatu gaya yang bisa bekerja meskipun tidak ada sentuhan antara benda dan sumber gaya. Maksudnya, gaya masih akan memiliki efek terhadap benda meskipun tidak terjadi sentuhan.

Contohnya adalah besi yang ditarik oleh magnet secara perlahan (besi sebagai benda dan magnet sebagai sumber gaya).

Macam-Macam Gaya

1. Gaya Normal

Gaya normal merupakan gaya reaksi yang muncul saat satu benda ditempatkan tegak lurus pada permukaan yang bidang, dengan begitu gaya normal yang ada di suatu benda akan ditentukan oleh gaya lain yang juga ada pada benda pada waktu yang sama.

Contohnya adalah ketika seseorang bersandar ke dinding, maka secara tidak langsung diding tersebut sedang mendorong orang tersebut secara horizontal sehingga tidak terasa.

2. Gaya Otot

Seperti namanya, gaya otot merupakan gaya yang muncul karena adanya kerjasama antara struktur otot dan bagian tubuh. gaya otot hanya bisa dilakukan oleh makhluk yang memiliki otot. Contohnya adalah ketika manusia mengangkat barbel.

3. Gaya Pegas

Gaya pegas merupakan gaya yang dihasilkan dari pegas yang mempunyai sifat elastis. Pegas dapat merenggang dan merapat setelah terjadi gaya. Contoh dari gaya pegas adalah manusia yang menarik panah dari busur.

4. Gaya Gesek

Gaya gesek adalah gaya yang timbul karena adanya sentuhan langsung antara satu benda dengan benda lainnya. Gaya gesek benda dibedakan menjadi gaya gesek statis dan gaya gesek kinetik. Contohnya adalah gesekan antara kanvas rem dengan pelek akan membuat roda berhenti.

5. Gaya Mesin

Gaya mesin merupakan gaya tarik atau dorong yang disebabkan oleh kerja mesin. Gaya mesin adalah salah satu jenis gaya yang efektif untuk membantu meringankan pekerjaan manusia. Contohnya adalah gaya gerak pada mesin mobil, sepeda motor dan masih banyak lagi.

6. Gaya Gravitasi

Gaya gravitasi adalah gaya khusus tarikan pada semua benda yang memiliki massa pada permukaannya. Contoh paling mudah adalah gravitasi bumi. Jika tidak ada gaya tarik dari gravitasi, benda yang ada di bumi akan melayang di udara.

7. Gaya Listrik

Gaya listrik adalah gaya yang dibuat oleh benda yang memiliki listrik dalam medan listrik, gaya tersebut akan membuat benda bergerak. Contohnya adalah kipas angin yang bergerak akibat gaya listrik.

8. Gaya Magnet

Gaya magnet adalah akibat dari gaya elektromagnetik. Dua benda yang memiliki muatan dengan arah gerak yang sama akan memiliki gaya tarik menarik dan bergerak bersamaan. Sedangkan dua benda yang memiliki muatan dengan arah gerak yang berlawanan akan memiliki gaya tolak menolak dan bergerak berlawanan arah.

9. Gaya Tegangan

Gaya tegangan merupakan gaya yang disebarkan menggunakan tali, kabel atau kawat yang ditarik dengan kencang oleh gaya yang bekerja dari ujung lainnya.

10. Gaya Hambatan Udara

Gaya hambatan udara merupakan jenis gaya gesekan khusus yang bekerja pada saat benda bergerak dengan kecepatan tinggi di udara. Contohnya adalah gaya yang dihasilkan oleh pemain ski yangs edang menuruni bukit dengan cepat.

Nah itulah tadi penjelasan lengkap tentang apa yang dimaksud dengan gaya. Semoga penjelasan diatas dapat membantu anda untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan gaya. Semoga bermanfaat dan selamat belajar!