Apa itu RAM? Dan Apa Fungsinya?

RAM adalah hardware atau perangkat keras yang ada di komputer atau laptop Anda yang memiliki kemampuan untuk mengakses memori secara acak dalam waktu cepat dan juga sebagai penyimpanan sementara yang tidak permanen ketika Anda mengakses program dan lain-lain. Terlihat dari pengertian singkat di atas, bahwa RAM merupakan tempat penyimpanan sementara pada saat Anda mengakses software, game dan lain-lain sebelum data atau memori disimpan secara permanen pada hard disk. Dan perlu Anda ketahui, kinerja RAM itu sendiri jauh lebih cepat dari pada hard disk, Disk Drive dan juga SSD atau Solid State Drive.

RAM dan Jenisnya

Fungsi RAM

Fungsi RAM tergolong sangat vital atau penting dalam sebuah komputer atau laptop, oleh karena itu perangkat keras yang satu ini perlu anda perhatikan.

  1. Penyimpanan Data atau Memori Sementara

Seperti yang sudah saya ulangi pada kalimat di atas, RAM akan menyimpan data atau memori dari software, game yang Anda buka. Misalnya saat Anda membuka browser, semua yang Anda lakukan di browser akan disimpan sementara di RAM, dan RAM akan membantu membuat browser Anda lebih lancar dan responsif. Jadi pastikan Anda menyimpan data Anda secara permanen jika Anda benar-benar membutuhkannya di masa mendatang.

  1. Mempermudah Proses Kinerja Komputer atau Laptop Saat Multitasking

Yaps! Semakin tinggi RAM Anda, maka komputer dan laptop Anda akan menghasilkan kinerja yang sangat baik bahkan ketika melakukan multitasking, multitasking itu sendiri adalah kemampuan RAM untuk menjalankan 2 atau lebih software dan program bahkan game, karena pada RAM yang lebih tinggi dan lebih baru, kecepatan membaca data dan kapasitas memori RAM akan jauh lebih baik dan lebih besar.

  1. Membaca Data Lebih Cepat Dari Hard Drive
Tak Perlu Bingung, Inilah Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Dengan Mudah

Misalnya ketika Anda baru menyalakan laptop atau komputer, RAM akan membaca dulu data yang berfungsi untuk membuka software atau program terlebih dahulu, kenapa harddisknya tidak? karena hard disk membutuhkan waktu untuk memuat atau mengakses data dan memori, sedangkan RAM dengan respon yang lebih cepat akan mengambil peran ini terlebih dahulu tetapi seperti fungsi RAM no.1, RAM tidak akan menyimpan data dan memori Anda secara permanen.

Jenis-jenis RAM

  • DRAM (Dynamic RAM) merupakan jenis RAM yang selalu di-refresh oleh CPU (Central Processing Unit) agar data tetap tersimpan dan tidak hilang.
  • SDRAM atau singkatan dari “Sychronous Dynamic Random Access Memory” adalah jenis RAM yang merupakan penerus DRAM dan lebih sinkron dengan jam sistem dan pastinya lebih cepat dari DRAM.
  • SRAM adalah singkatan dari “Static Random Access Memory” adalah jenis memori yang tidak di-refresh oleh CPU. Jenis RAM ini lebih cepat dari DRAM atau SDRAM.
  • RDRAM adalah kependekan dari “Rambus Dynamic Access Memory” adalah salah satu jenis RAM di era SDRAM tetapi lebih mahal dan umum digunakan pada prosesor Pentium 4.
  • EDORAM atau kependekan dari “Extended Data Out Random Access Memory”, RAM ini ditujukan untuk pengguna komputer dan laptop dengan prosesor pentium. Jenis ini sedikit lebih baik karena bisa memakan memori secara bersamaan, membuatnya lebih cepat.
  • Jadi jika sebelumnya seri itu lebih tua dari RAM, sekarang jenis yang paling baru saat ini adalah DDR RAM atau singkatan dari “Double Rate Random Access Memory”. Biasa disebut DDR. Memori jenis ini merupakan teknologi lanjutan dari SDRAM. dan ini merupakan seri lama, sedangkan sekarang sudah ada DDR2 (Double Data Rate generasi 2 RAM), DDR3 (Double Data Rate generation 3 RAM), DDR4 (Double Data Rate generation 4 RAM) dan bisa dipastikan akan terus berlanjut. diperbarui.
Ketahui Tips Membeli Laptop Macbook, Jangan Sampai Salah Beli!