Apa Itu Analisis, Jenis, dan Fungsinya

7 min read

Apa Itu Analisis, Jenis, dan Fungsinya

Saat berbicara mengenai analisis, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Analisis sendiri sudah sering digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Analisis sendiri juga sudah sering digunakan dalam ranah kehidupan hingga ranah yang paling ilmiah sekalipun. Lantas, sebenarnya apa itu analisis? 

Agar Anda memperoleh pemahaman lebih lanjut mengenai pengertian analisis tersebut. Analisis ini sendiri tentu sudah sering digunakan dalam berbagai bidang kehidupan. Hanya saja tidak semua orang mengetahui apa itu analisis. Maka dari itu, Anda bisa menyimak penjelasan lebih lengkapnya pada ulasan di bawah ini.

Apa Itu Analisis?

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apa itu analisis tersebut. Terlebih dahulu Anda perlu mengetahui asal usul dari kata analisis. Analisis ini sendiri berasal dari kata bahasa Inggris yang berarti menguraikan kembali. Jika dilihat dari asal usul kata analisis tersebut maka diperoleh pengertian dari analisis itu sendiri.

Lantas apa pengertian dari analisis tersebut jika sudah diketahui asal katanya? Analisis berdasarkan asal katanya berarti proses memecah sebuah topik yang dulunya kompleks menjadi suatu bagian-bagian yang lebih kecil. Yang mana aktivitas analisis ini sendiri ditujukan untuk memperoleh pemahaman yang jauh lebih baik.

Dengan begitu, jika ditinjau secara umum pengertian dari apa itu analisis adalah sebuah aktivitas yang didalamnya terdiri dari serangkaian kegiatan. Seperti membedakan, mengurai, hingga memilah sesuatu agar nantinya dapat dikelompokkan kembali berdasarkan kriteria tertentu sampai dicari kaitan dan ditafsirkan maknanya.

Tak hanya itu, terdapat pendapat lain yang menjelaskan bahwa analisis merupakan usaha dalam mengamati suatu hal dengan mendetail. Yakni melalui cara menguraikan komponen pembentuknya serta menyusun komponen-komponen tersebut untuk kemudian dapat dilakukan pengkajian lebih lanjut.

Di dalam kehidupan sehari-hari sendiri terdapat banyak aktivitas yang masih berkaitan dengan analisis tersebut. Yang mana aktivitas analisis tersebut dilakukan dengan metode atau cara yang berbeda masing-masingnya.

Akan tetapi secara umum, cara yang dilakukan dalam aktivitas analisis tersebut adalah dengan menggunakan metode ilmiah.

Kemudian jika dilihat secara umum, apa itu analisis adalah sebuah aktivitas mengamati suatu obyek yang dilakukan dengan cara menguraikan komponen pembentuknya kemudian dilanjutkan dengan cara menyusun kembali komponen tersebut agar nantinya bisa dikaji dengan lebih mendetail.

Terdapat pula pegertian lain yang mengartikan bahwa analisis adalah sebuah kemampuan yang dilakukan dengan cara menguraikan materi menjadi suatu komponen-komponen yang jauh lebih kecil agar nantinya lebih mudah untuk dipahami kembali hasilnya.

Apa Itu Analisis, Jenis, dan Fungsinya

Tentu saja istilah dari analisis tersebut sudah sering dikaitkan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan hingga saat ini. Adapun beberapa bidang ilmu pengetahuan yang masih memiliki kaitan yang erat dengan analisis adalah ilmu alam atau sains, ilmu sosial, ilmu bahasa, ilmu ekonomi, dan beberapa ilmu lainnya yang memerlukan analisis.

Analisis ini sendiri juga dapat dilakukan pada semua objek yang ada di muka bumi. Akan tetapi metode dan cara menggunakannya tentu saja berbeda satu sama lain.

Hal tersebut tergantung kepada jenis objek yang ingin dilakukan pengkajian. Yang mana metode yang dilakukan dalam aktivitas analisis tersebut disebut dengan metode ilmiah. 

Agar pengetahuan Anda lebih banyak mengenai analisis, maka ketahui apa itu analisis berdasarkan para ahli pada penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Analisis Berdasarkan Para Ahli

Analisis merupakan sebuah istilah yang memiliki pengertian luas berdasarkan para ahli. Lantas, apa itu analisis berdasarkan para ahli tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini:

  • Menurut Komaruddin

Analisis merupakan suatu aktivitas berpikir yang dilakukan untuk menguraikan keseluruhan menjadi komponen yang lebih kecil. Dengan begitu seseorang  dapat mengenal tanda komponen tersebut, hubungan, serta fungsinya masing-masing.

  • Menurut Dwi Prastowo Darminto

Analisis adalah sebuah penguraian pokok dari berbagai bagian untuk kemudian bisa didapatkan pemahaman arti secara keseluruhan dengan tepat.

  • Menurut Rifka Julianty

Analisis merupakan sebuah aktivitas penguraian yang dilakukan dengan penelaahan bagian-bagian yang memiliki tujuan untuk memperoleh pengertian dengan tepat serta memperoleh pemahaman arti secara menyeluruh.

  • Menurut Wiradi

Analisis merupakan suatu aktivitas yang didalamnya mengandung kegiatan ilmiah berupa mengurai, memilah, dan membedakan sesuatu untuk selanjutnya dikelompokkan atau digolongkan berdasarkan kriteria yang diinginkan kemudian disimpulkan kaitan dan maknanya.

  • Menurut Efrey Liker

Analisis merupakan suatu aktivitas yang dilakukan dengan cara mengumpulkan sebuah bukti untuk kemudian dapat ditemukan sumber dari suatu masalah itu sendiri.

  • Menurut Syahrul

Analisis adalah suatu kegiatan yang didalamnya juga melakukan sebuah evaluasi atas kondisi pos-pos yang berkaitan dalam akuntansi. Yang mana nantinya dapat memungkinkan ditemukannya suatu perbedaan.

  • Menurut Mohammad Afdi Nizar

Analisis dalam sebuah akuntansi merupakan suatu evaluasi yang berkaitan dengan kondisi ayat-ayat yang memiliki hubungan dengan akuntansi itu sendiri. Sehingga nantinya ditemukan sebuah alasan yang memungkinkan perbedaan muncul

  • Menurut Minto Rahayu
  • Analisis memiliki arti cara membagi subyek menjadi sebuah komponen-komponen dengan cara menanggalkan, melepaskan, serta menguraikan sesuatu secara terpadu.
  • Menurut Husein Umar, pengertian analisis adalah suatu proses kerja dari rangkaian tahapan pekerjaan sebelum riset, didokumentasikan dengan tahapan pembuatan laporan.
  • Menurut Husein Umar

Apa itu analisis menurut Husein Umar adalah sebuah proses kerja yang berasal dari rangkaian tahapan pekerjaan sebelum melakukan riset. Yang mana proses analisis tersebut dilakukan pendokumentasian serta dilakukan pembuatan laporan.

  • Menurut Robert J.Schreiter

Pengertian analisis merupakan membaca teks dari beberapa tanda kemudian dilakukan penempatan tanda-tanda yang sudah ditemukan dalam interaksi yang dinamis serta pesan yang ingin disampaikan.

  • Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
  • Analisis merupakan suatu penguraian pokok dari berbagai bagian yang ada. Kemudian dilakukan penelaahan bagian tersebut serta ditelaah pula hubungan antar bagian agar nantinya ditemukan pengertian dan pemahaman secara keseluruhan dengan tepat.
  • Analisis juga berarti sebagai penyelidikan suatu peristiwa yang dilakukan untuk mencari tahu keadaan yang sebenarnya terjadi.
  • Apa itu analisis juga diartikan sebagai pemecahan persoalan yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya.

Nah itulah beberapa pengertian dari apa itu analisis yang bisa Anda ketahui. Dengan begitu, Anda lebih memahami lebih lanjut mengenai istilah analisis berdasarkan pengertiannya. Untuk mengetahui perbedaan antara analisis dengan analisa, maka ketahui penjelasannya di bawah ini.

Perbedaan Analisis dan Analisa

Apa Itu Analisis, Jenis, dan Fungsinya

Pada dasarnya analisis dan juga analisa merupakan sebuah kata yang tidak jauh berbeda. Yakni antara kata yang sudah baku dan kata yang bukan baku. Lantas manakah yang merupakan kata baku? Apakah analisis atau justru analisa? Dalam hal ini terdapat banyak kekeliruan mengenai penggunaan kata analisa.

Bahkan kebanyakan orang sudah menganggap kata analisa merupakan kata yang benar atau kata yang sudah baku. Padahal kata analisislah yang merupakan kata bakunya dibandingkan dengan analisa.

Berbagai Turunan Kata Analisis

Setelah mengetahui apa itu analisis dan perbedaan antara analisis dan analisa maka saatnya bagi Anda untuk mengetahui juga apa saja turunan kata dari analisis itu sendiri. Terdapat beberapa keturunan kata analisis yang sampai saat ini sudah banyak digunakan. 

Akan tetapi turunan kata tersebut dapat memiliki arti yang berbeda. Oleh karena itu, saat menggunakan kata turunan tersebut Anda perlu memperhatikan penempatannya dengan tepat. Di bawah ini beberapa turunan kata dari analisis yang bisa Anda ketahui:

  • Penganalisisan

Berarti sebuah metode, proses, dan cara yang dilakukan saat analisis.

  • Penganalisis

Adalah orang yang sedang melakukan proses analisis.

  • Menganalisis

Adalah suatu proses sebuah analisis itu sendiri.

Nah itulah beberapa kata turunan dari analisis yang bisa Anda ketahui. Berdasarkan turunan tersebut maka Anda tidak boleh keliru lagi saat menggunakan katanya.

Jenis-jenis Analisis 

Berbicara mengenai hal lain tentang analisis terdapat jenis-jenis dari analisis itu sendiri yang bisa Anda ketahui. Yang mana jenis-jenis analisis tersebut dapat dikategorikan berdasarkan teknik pengumpulan datanya. Lantas apa saja jenis-jenis dari analisis tersebut secara umum? Berikut diantaranya:

  • Analisis Deskriptif

Merupakan sebuah proses analitik yang dilakukan dengan tujuan mencari tahu karakteristik sebuah subjek. Dalam hal ini selalu ditemukan variabel deskriptif secara umum seperti modus, mean, hingga median.

  • Analisis Komparatif

Merupakan sebuah analisis yang didalamnya melakukan sebuah perbandingan. Analisis ini sendiri sering digunakan dalam penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Yang mana analisis jenis ini dipakai agar nantinya dapat menemukan jawaban dari usaha yang mendasar. Salah satunya seperti sebab akibat.

  • Analisis Korelasi

Merupakan sebuah metode analitik yang digunakan untuk menyatakan derajat kekuatan hubungan dalam dua variabel sebuah penelitian. Analisis ini sendiri terdiri dari dua jenis yang berbeda. Yakni analisis korelasi spearman dan analisis korelasi pearson.

Itulah beberapa jenis analisis yang bisa Anda ketahui. Selain jenis-jenisnya terdapat pula fungsi dari analisis yang masih berhubungan dengan pengumpulan data. Apa saja? Ketahui di bawah ini.

Berbagai Fungsi dari Analisis

Seperti yang sudah dijelaskan mengenai apa itu analisis di atas, dapat diketahui bahwa fungsi dari analisis adalah untuk mengolah serta mengumpulkan penggunaan data yang diperoleh. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan memperjelas situasi, memecahkan masalah, dan yang lainnya.

Yang mana setiap analisis tersebut memiliki tekniknya masing-masing yang bisa diterapkan dalam sebuah lingkungan yang berbeda sekalipun. Dengan begitu dapat diketahui data dari permasalahan yang ada pada setiap lingkungan tersebut.

Berbagai Contoh dari Analisis di Berbagai Bidang

Apa Itu Analisis, Jenis, dan Fungsinya

Berbicara mengenai analisis, tentu kurang lengkap rasanya jika tidak mengetahui mengenai apa saja contoh dari analisis tersebut secara langsung dalam berbagai bidang kehidupan saat ini. Ingin tahu apa saja contohnya? Beberapa contoh analisis tersebut seperti:

  • Bidang bisnis

Analisis dalam sebuah bisnis memiliki banyak contoh seperti:

  • Analisis laporan keuangan yakni sebuah analisis yang dilakukan mengenai prospek ekonomi dalam sebuah perusahaan.
  • Analisis bisnis merupakan proses identifikasi kebutuhan serta solusi yang diperlukan dalam setiap masalah bisnis.
  • Analisis pasar biasanya berhubungan langsung dengan pelanggan, pemasok, dan harga yang nantinya ditentukan berdasarkan penawaran dan permintaan.
  • Analisis harga merupakan sebuah analisis yang berhubungan dengan rincian harga.
  • Analisis kesenjangan merupakan analisis yang melibatkan perbandingan kinerja secara aktual dengan kinerja yang potensial yang diinginkan.
  • Analisis fundamental merupakan metode penilaian saham yang dalam melakukannya memerlukan analisis keuangan.
  • Analisis peluang merupakan analisis yang berhubungan dengan tren pelanggan, pengalaman pelanggan, dan permintaan pelanggan yang nantinya menentukan dalam perilaku pembelian.
  • Bidang Ekonomi

Analisis yang umumnya terdapat di bidang ekonomi adalah analisis model input-output serta analisis agroekosistem.

  • Bidang Ilmu Pengetahuan Alam

Di bidang ilmu pengetahuan alam, analisis digunakan dalam bidang kimia dengan tiga cara. Yakni analisis kualitatif yakni mengidentifikasi komponen senyawa kimia tertentu.

  Kenali Apa Saja Cabang Cabang Ilmu Biologi

Analisis kuantitatif yakni mengidentifikasi proporsi komponen dalam sebuah campuran. Serta memecah proses kimia dan memeriksa reaksi kimia antar unsur materi atau antar elemen.

Contohnya adalah teknik analisis data yang dilakukan untuk mengelola reaktor nuklir. Yang mana ilmuwan nuklir tersebut akan melakukan proses analisis aktivasi neutron demi mengembangkan pengukuran yang terpisah dengan sampel yang besar.

  • Bidang Ilmu Komputer

Di bidang ilmu komputer, analisis dilakukan dengan dua cara yakni:

  • Analisis kebutuhan yang berupa menentukan kondisi atau kebutuhan yang diperlukan untuk produk baru. Atau mengubahnya dengan mempertimbangkan syarat yang ada..
  • Analisis kompetitif merupakan aktivitas yang menunjukkan bagaimana algoritme online dapat bekerja serta mendemonstrasikan pengacakan dalam sebuah algoritme.
  • Analisis leksikal merupakan sebuah urut untuk menginput karakter kemudian menghasilkan output dengan urutan simbol.
  • Analisis ilmu komputer adalah proses menganalisis dengan otomatis mengenai perilaku program komputer.
  • Analisis semantik yakni lulus oleh kompiler yang menambahkan informasi mengenai semantik pada pohon parse kemudian dilakukan pemeriksaan yang diperlukan.
  • Analisis sintaks merupakan proses kompiler dalam mengenali struktur bahasa pemrograman yang disebut sebagai parsing.
  • Analisis kode statis yakni suatu analisis mengenai perangkat lunak komputer tanpa perlu menjalankan program yang dibangun.
  • Bidang Teknik

Untuk melakukan analisis dalam bidang ini maka diperlukan struktur, sistem, persyaratan, mekanisme, hingga dimensi. Salah satu contohnya adalah ketika insinyur listrik melakukan analisis sistem elektronik.

Dari situ siklus hidup dan kegagalan dipelajari dan dipecah oleh insinyur dengan memperhatikan beberapa faktor yang digabungkan ke dalam desain.

  • Bidang Filsafat

Analisis yang umum digunakan pada bidang filsafat disebut juga dengan analisis filosofis. Pada analisis yang satu ini mengacu pada komposisi, makna yang terkandung, dan klarifikasi kata-kata yang kemudian disatukan.

Analisis ini sendiri lebih mendalami mengenai makna kata-kata serta berusaha dalam memperjelas makna tersebut dengan cara membandingkan berbagai definisinya.

Di bidang filsafat ini sendiri berupa logika, metafisika, pembenaran, etika, dan juga nilai. Adapun apabila terdapat pertanyaan kemudian dijawab secara empiris dengan menggunakan indera maka hal tersebut bukanlah yang termasuk filosifis. 

  • Bidang Literatur

Jika dibidang literatur Anda akan menemui yang namanya kritik sastra. Kritik sastra tersebutlah yang dimaksud dengan analisis sastra.

Analisis ini sangat beragam dan tidak semuanya bersifat analitis. Adapun dalam proses analisis tersebut terdapat pendekatan utama yang sudah dilakukan di barat sejak pertengahan abad 20 yakni analisis formal sastra.

Metode ini sendiri berakar dari gerakan akademis yang berlabel The New Criticism yang mendekati teks. Seperti puisi pendek berupa soneta dengan ukuran kecil serta kompleks analisis yang cocok dan signifikan untuk digunakan sebagai unit wacana. Hal tersebut dilakukan tanpa mengacu pada sejarah ataupun kerangka biografi.

Adapun metode ini juga dilakukan dengan memecah teks secara linguistik. Adapun yang lainnya seperti aliterasi dan rima, elemen puisi bahasa kiasan, dan pemeriksaan interaksi struktur sintaksis secara kognitif.

Itulah informasi lengkap mengenai analisis yang bisa Anda ketahui. Mulai dari pengertian apa itu analisis menurut para ahli, tujuan analisis, fungsi analisis, hingga macam-macam analisis yang ada di berbagai bidang.