Alibi Artinya dan Contohnya

Pasti anda sudah sering mendengar kata alibi. Kata yang satu ini memang sudah sangat familiar hampir bagi semua orang. Anda mungkin pernah mendengar kata alibi dalam percakapan sehari-hari ataupun dalam tulisan dalam buku, koran, atau bahkan sosmed. Lantas alibi artinya apa?  Karena banyak orang yang salah dalam menggunakan kata ini karena mereka kurang paham artinya.

Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa pengertian alibi dan contohnya agar anda bisa lebih memahami arti kata alibi yang sebenarnya. Sehingga anda tidak ikut-ikutan salah juga ketika menggunakan kata alibi. Yuk, mari simak ulasan selengkapnya dibawah ini! 

Pengertian Alibi Menurut Wikipedia 

Arti alibi yang satu ini diambil dari Wikipedia Indonesia. Menurutnya alibi adalah sebuah kata yang memiliki hubungan erat dengan hukum. Sebenarnya, alibi berasal dari bahasa latin dengan tulisan yang sama yaitu alibi.

Dalam bahasa latin ini alibi artinya adalah tempat lain. Lebih lanjut lagi alibi ini memiliki makna berupa sebuah keterangan yang memberikan suatu pernyataan bahwa seseorang sedang berada ditempat lain ketika suatu peristiwa sedang terjadi. 

Tidak main-main ternyata alibi bisa melindungi seseorang agar terhindar dari jeratan hukum. Namun, alibi yang digunakan haruslah dibarengi dengan alasan dan juga bukti-bukti yang kuat. Akan tetapi, jika alibi tersebut tidak terbukti, atau orang tersebut ketahuan menggunakan alibi palsu, maka justru orang tersebut akan mendapatkan hukuman. 

Nah, begitulah uraian singkat terkait arti alibi menurut Wikipedia Indonesia. Bagaimana menurut anda, mudah sekali dipahami bukan? 

Pengertian Alibi Menurut KBBI 

Pengertian atau arti alibi yang selanjutnya ini berasal atau diambil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI. Dalam KBBI alibi memiliki arti yang hampir sama dan tidak jauh berbeda dari arti alibi menurut Wikipedia Indonesia. 

Dalam KBBI alibi/ali.bi/n Huk merupakan bukti bahwa seseorang berasal di tempat lain ketika peristiwa pidana terjadi. 

Dengan demikian bisa dikatakan bahwa, seseorang yang menggunakan alibi tersebut sedang tidak ada pada tempat kejadian perkara atau TKP ketika peristiwa terjadi. Namun, anda perlu menggaris bawahi bahwa KBBI ini lebih mengerucutkan definisi alibi pada sebuah tindak pidana. 

Apabila dilihat lebih jauh, maka alibi akan lebih tertuju pada terdakwa atau seseorang yang dicurigai menjadi sang tersangka dalam suatu peristiwa tindak pidana. 

Agar anda lebih mudah memahaminya, anda bisa melihat ilustrasi atau contoh berikut. Ada seseorang yang dicurigai menjadi tersangka pada sebuah peristiwa tindak kriminal. Akan tetapi, tidak ada satu saksi matapun yang melihat orang tersebut ditempat kejadian perkara ketika peristiwa kriminal tersebut berlangsung. 

Maka, orang yang dituduh menjadi tersangka tersebut harus mendatangkan seorang alibi yang menjelaskan bahwa dia tidak ada disana ketika peristiwa kriminal tersebut terjadi. Dengan kata lain, seseorang yang dijadikan sebagai alibi ini sedang bersama tersangka ketika tindak kriminal sedang terjadi. Atau setidaknya, seseorang yang dijadikan alibi tersebut memang melihat tersangka ada pada tempat lain ketika tindak kriminal tersebut sedang berlangsung. 

Bagaimana pendapat anda mengenai alibi artinya berdasarkan KBBI diatas? Mungkin jikalau ditilik dari arti alibi berdasarkan KBBI diatas, maka kata alibi mungkin sedikit kurang cocok jika digunakan dalam percakapan sehari-hari. Hal ini karena menurut KBBI, alibi adalah sebuah kata formal yang memiliki kaitan erat dengan hukum dan juga tindak pidana. 

Alibi Artinya dan Contohnya

Pengertian Alibi Menurut Bahasa Gaul 

Nah, karena sejak awal susah membahas pengertian alibi menurut sumber yang formal, maka sekarang adalah waktunya membahas arti alibi menurut bahasa gaul. Karena sekarang ini bahasa gaul memang sudah umum dan sering sekali digunakan oleh masyarakat. Terlebih lagi bagi golongan para kaum muda-mudi. 

Sekarang ini, hampir sebagian besar masyarakat Indonesia memang telah menjadikan alibi sebagai salah satu bahasa gaul yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Akan tetapi, tentu saja pengertian kata alibi dalam bahasa gaul sudah melenceng atau berbeda dari definisi kata alibi yang sebenarnya. 

Kata alibi yang kerap digunakan oleh para muda-mudi ini merujuk atau memiliki arti lain dari arti alibi yang sesungguhnya. Menurut bahasa gaul yang sering mereka gunakan, alibi mengandung arti alasan atau argumentasi untuk menjawab suatu pertanyaan. Lebih tepatnya, alibi ini memiliki arti yang kurang lebih sama dengan kata ngeles. 

Misalnya saja, ada perkataan yang diucapkan seperti berikut dibawah ini: 

“Idih, hubungan persahabatan antara Rani dan Dino itu hanya sekedar alibi saja. Aku berani jamin, aslinya mereka pacaran.” 

Dari potongan percakapan diatas dapat disimpulkan bahwa kata alibi mengandung makna sebagai alasan atau sebuah pengalihan. Dari kalimat diatas dapat diartikan bahwa Rani dan Dino aslinya adalah sepasang kekasih. Akan tetapi, mereka mengaku hubungan mereka hanyalah sebatas sahabat. 

Disinilah kata persahabatan memiliki peran sebagai alibi atau alasan yang mereka gunakan sebagai sesuatu yang menutupi hubungan mereka yang sebenarnya. Disini alibi bisa dilihat dengan jelas memiliki arti sebagai alasan. 

Pengertian Alibi Menurut Kamus Bahasa Inggris Terjemah Indonesia 

Menurut kamus bahasa inggris terjemah Indonesia, alibi memiliki tujuh arti atau makna. Ketujuh arti dari kata alibi tersebut masuk kedalam kelas kata nomina atau kata benda, dan juga kata verba atau kata benda. 

Untuk kata nomina atau benda suku kata alibi: /al.i.bi/ memiliki arti alibi, dalih, atau alasan. Sedangkan untuk kata verba atau benda kata alibi ini mengandung makna memakai alasan, memakai dalih, mencari alasan dan mencari dalih. 

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa alibi memiliki arti dalih atau alibi. Yang mana dapat diartikan bahwa alibi adalah sebuah tindakan yang yang dilakukan untuk mencari alasan atau menggunakan dalih. 

Contoh Penggunaan Kata Alibi

Setelah memahami arti kata alibi, sekarang mari simak contoh cara penggunaan kata alibi. Contoh penggunaan alibi misalnya adalah saya sedang berada diluar kota untuk mengunjungi dokter saat peristiwa itu terjadi. Alibi biasanya dikeluarkan ketika seseorang sudah berada dalam posisi yang terdesak. Mereka menggunakan alibi agar mereka bisa mengelak dari tuduhan dan agar terlihat tidak bersalah. 

Alibi memang terlihat seperti digunakan untuk menutupi sebuah kesalahan. Akan tetapi, dalam sebuah persilangan bisa menjadi salah satu faktor yang bisa membuktikan bersalah atau tidaknya seseorang terdakwa atas segala tuduhan yang dituduhkan atas suatu perkara pidana atau masalah  pidana lainnya. 

Pada umumnya alibi digunakan dalam kalimat opini karena alibi merupakan pendapat dari seseorang yang bertujuan untuk menyelamatkan dirinya. Selain dalam bentuk opini, alibi juga disampaikan berbarengan dengan kata yang bisa menekankan apa yang ingin orang tersebut sampaikan agar orang lain bisa percaya terhadap alibi yang ia sampaikan. 

Dalam percakapan sehari-hari alibi juga sering digunakan. Misalnya, seorang lelaki membuat sebuah alibi agar dia tidak perlu repot-repot mengantar kekasihnya pergi ke mall. Alibi ini mereka gunakan untuk bisa menghindar dari permintaan pasangannya tersebut. 

Nah, demikianlah alibi artinya beserta contohnya. Ada beberapa sumber yang bisa digunakan untuk mencari apa itu arti alibi dan juga contohnya. Bagaimana sekarang, anda sudah lebih paham kan, tentang arti kata yang satu ini? Jangan salah menggunakannya lagi, ya! 

Pengertian Afirmasi, Manfaat dan Cara Menggunakannya