Abstrak artinya Banyak yang Belum Tahu

3 min read

Pada suatu dokumen atau artikel atau karya ilmiah, apalagi yang cukup panjang tulisannya dan tebal dokumennya, maka sering kali sangat mengandalkan untuk membaca abstrak nya terlebih dahulu, guna mengetahui ringkasan isinya, baru membaca keseluruhan dokumennya secara rinci dari awal sampai akhir.

Apa itu Abstrak

Jika merujuk pada kamus maka dapat ditemukan tujuh arti kata abstrak tercantum pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Definisi kata tersebut ada yang masuk ke dalam kelas kata adjektiva atau kata sifat dan yang masuk ke dalam nomina atau kata benda, dengan arti atau makna sebagai berikut.

  • Abstrak sebagai Adjektiva atau kata sifat

Abstrak sebagai Adjektiva atau kata sifat, memiliki arti Tak berwujud, dan Tak berbentuk, atau Mujarad dan Niskala.

  • Abstrak sebagai Nomina atau kata benda

Abstrak sebagai Nomina atau kata benda, memiliki arti Ikhtisar atau karangan, dan laporan dan Ringkasan  serta Inti.

Dalam dunia pendidikan maka dalam laporan penelitian, atau suatu karya ilmiah maka abstrak merupakan salah satu bagian penting yang harus ada. Abstrak ditampilkan pada bagian awal dari suatu laporan penelitian sebagai suatu informasi singkat dan general mengenai isi laporan penelitian secara keseluruhannya. Abstrak artinya ialah suatu bentuk ringkasan atau ikhtisar dari suatu dokumen yang bisa berupa suatu pernyataan, atau laporan, atau karangan, atau proposal dan lain sebagainya yang disusun secara sistematis serta menyeluruh. Abstrak kebanyakan ditemukan pada berbagai karya ilmiah. Abstrak dicantumkan di awal bagian, sebelum masuk ke bab pertama dari suatu karya ilmiah ataupun karya tulis. Tujuan penulisan abstrak ialah untuk menggambarkan intisari dari keseluruhan isi konsep suatu gagasan yang terdapat dalam tulisan tersebut. Begitu juga dengan Laporan keuangan dari suatu perusahaan. Biasanya juga memiliki suatu abstrak yang tercantum di bagian awal dokumen laporan keuangan tersebut. Abstrak laporan keuangan tersebut memiliki isi berupa ringkasan kinerja finansial dari perusahaan bersangkutan selama dalam masa periode tertentu dan juga strategi yang telah dilakukan atau diambil dalam keputusan keuangan selama periode tersebut.

  Sel Tumbuhan dan Fungsinya

Aneka Jenis Abstrak

Berikut ini berbagai jenis abstrak yang ada.

  • Abstrak Informatif

Abstrak informatif ialah Abstrak yang menyajikan informasi secara menyeluruh namun dikemas dengan secara ringkas dan yang didukung dengan data-data dengan secara lengkap. Secara ringkasnya maka Abstrak informatif itu ialah merupakan ringkasan mini dari keseluruhan informasi yang ada pada suatu dokumen, seperti karya ilmiah  atau laporan keuangan, atau artikel dan lain sebagainya.

  • Abstrak Indikatif

Lalu ada lagi yang namanya Abstrak indikatif. Abstrak indikatif ini menyajikan inti kesimpulan dari suatu pembahasan masalah yang terdapat pada suatu tulisan. Abstrak Indikatif ditulis guna kepentingan pembaca yang akan memudahkan untuk mencari informasi penting yang merupakan intisari dari suatu lampiran atau tulisan lainnya. Dengan demikian maka pembaca akan bisa mengambil keputusan dengan secara cepat akan melanjutkan untuk membaca keseluruhan laporan atau tulisan tersebut atau tidak.

Fungsi Abstrak

Secara umum maka fungsi abstrak ialah meliputi sebagai berikut.

Sebagai suatu komponen inti dari suatu dokumen atau laporan atau tulisan atau karya ilmiah.

Sebagai gambaran sekilas secara umum mengenai inti dari suatu dokumen tulisan atau laporan atau karya ilmiah.

Sebagai bahan pertimbangan bagi pembaca guna memutuskan akan melanjutkan membaca keseluruhan isi dokumen tulisan tersebut atau tidak.

Proses Pembuatan Abstrak

Dalam proses pembuatan suatu Abstrak yang baik maka hendaknya disusun dengan secara sistematis serta menyeluruh sesuai fakta yang terdapat pada dokumen tulisan yang bersangkutan. Bisa dimulai dari latar belakang ataupun kondisi yang terjadi sebelumnya lalu dilanjutkan dengan pencantuman strategi atau pun metode pemecahan yang dilakukan. Kemudian pada proses yang terakhir, maka abstrak juga perlu untuk mencantumkan hasil serta kesimpulan yang dapat ditarik dari keseluruhan proses yang sudah tercantum dilakukan. Setiap bagian tersebut cukup dijabarkan di dalam satu buah paragraf saja secara seringkas mungkin.

  PERMASALAHAN-PERMASALAHAN DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF

Lalu sering kali abstrak juga diterjemahkan ke dalam bahasa internasional yakni bahasa Inggris selain dalam bahasa Indonesia. Jadi abstrak akan dicantumkan minimal dalam dua bahasa, yakni dalam bahasa asal penulisannya dan dalam Bahasa Inggris. Batasan jumlah kata dalam abstrak dipatok berkisar mulai dari 100 kata hingga 150 kata sampai maksimal sekitar 250 kata saja.

Struktur Penulisan Abstrak

Struktur penulisan bagian-bagian dari setiap keseluruhan abstrak biasanya ditulis dengan mempergunakan font time new roman yang disusun dengan format berjarak satu spasi, baik itu abstrak dalam bahasa Indonesia maupun abstrak dalam bahasa Inggris. Meski demikian, abstrak juga bisa ditulis dalam jenis font hurif baku yang lainnya, dengan kesan yang formal. Kemudian untuk

ketentuan mengenai susunan urutannya maka biasanya ialah sebagai berikut.

Judul Tulisan

Judul dokumen tulisan atau Karya Ilmiah atau Laporan tersebut biasanya ditulis dengan menggunakan huruf kapital  dan menggunakan ukuran font sebesar 14, lalu paragrafnya center text, kemudian dicetak secara tebal atau Bold. Meski ada juga yang berbeda, namun selalu judul ditulis dalam huruf kapital dan ditebalkan.

  • Sub Judul Penelitian, jika ada.

Kemudian pada sub judul penelitian maka biasanya disusun dalam format center text, dan ukuran font 12 serta dicetak tebal juga.

  • Nama-nama Peneliti atau Nama Penulis, jika dirasa perlu

Nama-nama Peneliti atau penulis tersebut jika perlu dicantumkan maka akan ditulis tanpa gelar, dan pada akhir nama masing-masing peneliti akan diberi nomor urutan dengan memakai format superscript, dan center text, serta ukuran font 12 yang lalu dicetak tebal atau Bold.

  • Nama Institusi atau Lembaga

Nama Institusi atau lembaga jika hendak dicantumkan, maka biasanya akan memuat keterangan mengenai Jurusan, dan Fakultas atau unit kerja Peneliti yakni nama perguruan tinggi dan juga berikut alamatnya. Ditulis dalam format center text, dan ukuran font 12 serta dicetak tebal atau Bold.

  Pengertian Wawasan Nusantara, Hakikat hingga Asasnya

Alamat email juga bisa dicantumkan. Hanya perlu mencantumkan alamat email ketua penelitinya saja. Ditulis dalam format center text, dan ukuran font 12 serta dicetak tebal atau secara Bold.

Tulisan ABSTRAK

Judul dengan kata ABSTRAK ditulis dengan menggunakan huruf capital, dan format center text yang juga dicetak secara tebal atau Bold.

Abstrak disusun dengan format text rata kanan kiri atau secara justify text  dengan maksimal sebanyak 250 kata. Isi abstrak dibuat dalam format ukuran  font 12. Kata-kata Kunci atau keyword yang ada dibuat dalam format rata kanan kiri atau secara justify text.

Faktor penting yang perlu diperhatikan saat membuat abstrak ialah tidak berisi hal baru atau sesuatu yang tidak dibahas di dalam dokumen tulisan bersangkutan, lalu juga hindari penggunaan singkatan, serta dibuat dengan secara seringkas atau sesingkat mungkin. Hindari kalimat yang terlalu panjang dan bertele-tele. Juga hindari kata kiasan. Kalimat dan pilihan katanya juga hindari yang mengandung makna yang bias. Suatu abstrak harus mampu secara ringkas menjelaskan keseluruhan isi dokumen tulisannya.

Avatar