5+ Tips Baterai iPhone Awet dan Tahan Lama  

Tips Baterai iPhone AwetiPhone menurut banyak penggunanya memang terkenal dengan kapasitas baterai yang kecil, apalagi jika dibandingkan dengan ponsel Android yang berkembang belakangan. Namun ini tidak berlaku dengan iPhone terbaru 11 Pro Max yang baru saja rilis.

Apple selaku pengembang memang telah meningkatkan daya baterai yang dimiliki oleh iPhone, namun hal tersebut hanya berlaku untuk keluaran terbaru. Anda yang merupakan pengguna lama tentu tidak bisa menikmati fitur peningkatan baterai yang dimiliki oleh iPhone generasi terbaru.

Meski terkesan boros, ternyata ada cara untuk membuat baterai iPhone tetap awet, atau setidaknya lebih tahan lama dibandingkan dengan biasanya. Tips baterai iPhone awet ternyata tidak sulit, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Tidak Menutup Aplikasi

5+ Tips Baterai iPhone Awet dan Tahan Lama  

Banyak pengguna iPhone yang terbiasa menutup aplikasi jika sudah tidak digunakan, padahal hal tersebut tidak benar. menyalakan aplikasi secara terus menerus memang mengurangi kapasitas baterai, namun berkurangnya daya baterai tidak sebesar ketika aplikasi tersebut dibuka kembali.

Menutup aplikasi dengan langsung menekan tombol home dua kali dianggap kurang tepat untuk membuat baterai tetap awet, Alih-alih membuatnya lebih rendah pemakaian daya, RAM justru akan bekerja dua kali lebih keas karena harus membuka kembali aplikasi yang sudah Anda tutup.

Apple sendiri selaku pengembang sudah menyatakan hal ini, bahwa menutup aplikasi tidak akan menambah daya baterai iPhone, atau membuatnya lebih awet. Akan lebih baik jika kamu membuka aplikasi secukupnya saja ketika memakai ponsel.

Hapus Aplikasi yang Boros Baterai

5+ Tips Baterai iPhone Awet dan Tahan Lama  

Tips baterai iPhone awet lain yang patut Anda coba adalah dengan menghapus aplikasi yang menghabiskan daya baterai yang tinggi. Pertama, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu aplikasi mana yang menghabiskan banyak daya, berikut adalah caranya:

  • Masuk ke menu setting atau pengaturan, kemudian buka menu general.
  • Dari menu general, pilih lagi menu battery, Anda akan menemukan battery usage yang menampilkan aplikasi pemakan daya baterai terbanyak.
  • Jika sudah, Anda bisa menghapus aplikasi mana yang sekiranya tidak digunakan namun memakan daya baterai yang besar.
Cara Instagram Story Tidak Buram

Di dalam menu battery usage, ponsel akan menampilkan aplikasi penyedot daya baterai paling besar selama satu hari sampai 7 hari terakhir. Ini akan membuat Anda menghemat daya baterai yang lebih besar karena aplikasi tersebut kemungkinan menyedot daya cukup besar di belakang layar.

Menghapus Aplikasi Facebook

Tips baterai iPhone awet lainnya adalah menghapus aplikasi Facebook. Aplikasi ini cukup boros baterai, sebab ia akan menyedot banyak daya dari baterai karena bekerja di belakang layar. Banyak penelitian terkini yang menyatakan bahwa jika Anda menghapus Facebook, maka baterai Anda akan lebih awet sebanak 15 persen.

Dengan menghapus Facebook bukan berarti Anda tidak bisa mengakses akun media sosial tersebut, Anda tetap bisa mengaksesnya dengan membuka browser yang ada. Meskipun ini merupakan langkah yang sederhana, namun tidak ada salahnya membuka laman Facebook lewat browser untuk menghemat baterai.

Mematikan Fitur Airdrop

Ketika Anda menggunakan iPhone, ada banyak fitur menarik yang tidak bisa Anda temukan di sistem Android. Salah satunya adalah fitur Airdrop, yang merupakan fitur transfer data yang bisa Anda gunakan dengan mengaktifkan Bluetooth. Dengan fitur Airdrop, Anda bisa memindahkan data dari satu perangkat iPhone ke perangkat lainnya.

Namun tanpa diketahui ternyata fitur ini tidak hemat baterai, jadi disarankan untuk melakukan tips baterai iPhone awet dengan menghapus fitur tersebut. Dengan cara ini Anda bisa menghemat baterai iPhone lebih baik dibandingkan dengan menghapus fitur bawaan iPhone yang lain.

Mematikan Notifikasi Kunci Layar

Kunci layar ternyata bisa membuat ponsel yang Anda gunakan menjadi boros baterai. Cara untuk mematikan notifikasi kunci layar untuk pengguna iPhone ternyata cukup mudah, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini:

  • Buka menu setting di ponsel yang Anda gunakan, kemudian buka bagian notifikasi.
  • Pilih aplikasi, kemudian matikan opsi show on lock screen.
Dijamin Tidak Ribet, Inilah Cara Mematikan Anti Virus Windows 10

Dengan cara ini, baterai yang Anda miliki jauh lebih awet karena kunci layar akan dibuat tidak ada. Apalagi jika Anda menggunakan banyak aplikasi, sehingga notifikasi di bagian kunci layar menjadi terlihat dengan jelas. Dengan terus menggunakan notifikasi, maka daya baterai ponsel akan terus menurun.

Aktifkan Low Power Mode

Cara lain untuk membuat baterai yang Anda miliki dari perangkat iPhone tetap awet, maka Anda bisa mengaktifkan low power mode. Cara ini cocok untuk Anda yang ingin menonaktifkan berbagai aplikasi yang berjalan di belakang layar, mengurangi kecerahan layar ponsel, hingga pengurangan efek display.

Tips baterai iPhone awet ini tidak hanya akan membuat baterai lebih awet, ia juga bisa membuat kerja prosesor menjadi lebih ringan. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, Anda bisa melakukan beberapa langkah singkat berikut ini, yakni:

  • Buka menu setting yang Anda miliki, kemudian pilih menu battery.
  • Di menu tersebut, terdapat pilihan low power mode.
  • Aktifkan fitur tersebut dan secara otomatis penggunaan daya baterai menjadi lebih baik.

Cara Lain untuk Membuat Baterai iPhone Lebih Awet

Cara lain untuk membuat baterai iPhone lebih awet tidak hanya langkah-langkah diatas, Anda juga bisa menggunakan beberapa langkah berikut ini, diantaranya adalah:

  1. Nonaktifkan Unduhan Pembaruan Otomatis

Pembaruan otomatis akan membuat baterai lebih cepat habis, cara yang bisa dilakukan untuk membuatnya lebih awet adalah mematikan pembaruan otomatis. Umumnya tiap ponsel memiliki pengaturan untuk mematikan fitur yang satu ini.

 

Tips baterai iPhone awet bisa dilakukan dengan mengatur setting yang terdapat di dalam pengaturan. Anda tentu tidak ingin kondisi baterai yang sedang lemah malah menjadi cepat habis karena pembaruan berjalan secara otomatis.

Cara Mengatasi Akun Free Fire Yang di Banned di Hp Android

 

  1. Fitur Dark Mode

Selain menonaktifkan unduhan pembaruan otomatis, Anda juga bisa memanfaatkan fitur dark mode. Fitur ini akan membuat tampilan layar menjadi gelap, yang membuat pemakaian baterai menjadi lebih rendah. Ini juga membuat Anda bisa lebih lama menatap layar tanpa khawatir mata cepat lelah.

 

Kehadiran dark mode di iOS bisa Anda manfaatkan dengan baik untuk membuat tampilan layar menjadi lebih menarik selain menghemat baterai yang dimiliki. Konsumsi baterai terbukti menjadi lebih irit dibandingkan dengan menggunakan mode biasa.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghemat baterai. Dengan cara tersebut, bukan tidak mungkin ponsel iPhone yang Anda miliki menjadi lebih cepat habis daya yang dimilki. Jangan lupa untuk segera melakukan charging ponsel ketika baterai iPhone sudah mulai menipis.

Informasi mengenai tips baterai iPhone awet semoga menambah pengetahuan Anda, sehingga pemakaian ponsel menjadi lebih awet. Cara ini juga bisa membuat Anda lebih mudah dalam mengatur penggunaan ponsel dan pemakaian listrik. Makin sedikit Anda melakukan proses charging, maka makin sedikit pula daya listrik yang dihabiskan, sehingga penggunaan daya listrik tidak melambung tinggi.