18 Cara Menghilangkan Ngantuk

Rasa kantuk memang merupakan rasa yang sering menghampiri setiap saat. Tidak perlu khawatir dengan rasa kantuk, anda bisa dengan mudah menghilangkan rasa kantuk dengan berbagai cara di bawah ini. Anda bisa mengusir rasa kantuk dengan melakukan berbagai cara. Berikut merupakan dua belas cara menghilangkan ngantuk yang bisa anda lakukan.

1. Stretching atau Peregangan

Cara menghilangkan ngantuk pertama yang bisa anda lakukan adalah stretching atau peregangan. Cara ini sangat mudah untuk diaplikasikan baik orang yang bisa bergerak dengan bebas atau orang yang harus selalu berada di depan kantor. Anda hanya perlu menyisihkan beberapa detik untuk membuat badar anda segar kembali.

Regangkan badan anda selama satu hingga dua menit. Alihkan pandangan anda ke arah jauh. Lakukan berulang sampai anda bisa kembali konsentrasi terhadap pekerjaan yang anda lakukan. Bila anda masih merasa ngantuk, anda bisa melakukan stretching dengan berdiri.

Lakukan stretching seperti saat anda akan melakukan olahraga. Gerakan seluruh badan anda secara keseluruhan. Dengan cara ini anda bisa mengusir rasa kantuk dan membuat badan anda segar kembali seolah anda telah bangun tidur di pagi hari.

2. Working Out atau Olah Raga

Apabila anda memiliki waktu luang yang banyak, anda bisa melakukan olah raga atau working out selama beberapa menit atau jam. Selain bisa menjaga kesehatan anda, cara ini juga bisa membuat anda segar kembali. Anda bisa mendapat energi yang telah hilang selama aktivitas selama sehari penuh. Cara menghilangkan ngantuk ini sangat efektif dan menyehatkan.

Anda bisa memilih untuk berlari, bersepeda atau pergi ke gym untuk kembali mengusir rasa kantuk yang ada di tubuh anda. Sesuaikan dengan hobi dan waktu yang anda miliki untuk anda habiskan sebelum anda perlu kembali ke pekerjaan atau kegiatan awal anda. Jika tidak memungkinkan, anda bisa melakukan home work out atau olah raga di rumah.

Olah raga simpel yang hanya memakan waktu singkat bisa dengan mudah mengembalikan semangat anda untuk kembali melanjutkan aktivitas anda. Hal ini juga bisa meningkatkan kesehatan anda dan membuat anda kembali senang melakukan aktivitas kembali. 

Home work out yang bisa anda lakukan dapat berupa push up, jumping jacks, sit up atau sekadar lari di tempat. Olah raga yang bisa dilakukan di tempat tanpa menggunakan alat tambahan ini bisa meningkatkan semangat anda kembali untuk melanjutkan pekerjaan dan menghilangkan kantuk.

3. Meminum Kopi

18 Cara Menghilangkan Ngantuk

Kopi memang dikenal bisa menghilangkan kantuk. Tidak mengherankan banyak orang yang menyiapkan kopi sebagai teman mereka untuk begadang. Meminum kopi bisa membantu anda untuk menghilangkan kantuk dan terjaga semalaman. Pilihan ini bisa dipilih bila anda tidak menyukai olah raga.

Cara ini juga bisa dipilih bagi mereka yang tidak memiliki pilihan untuk bergerak secara bebas. Meminum kopi yang sesuai dengan selera anda bisa kembali membangkitkan semangat anda untuk terjaga tanpa rasa ngantuk. Anda bisa memilih kopi hitam tanpa tambahan susu atau gula untuk tambahan energi yang maksimal.

4. Meminum Minuman Bersoda

Apabila anda tidak menyukai kopi, anda bisa memilih untuk meminum minuman bersoda. Dengan banyaknya merek minuman dengan soda di pasaran, anda bisa memilih sebuah merek yang sesuai dengan selera anda. Minum secara perlahan agar tidak membuat perut anda kembung.

Hindari minum kopi secara berlebihan karena hal ini akan berakibat buruk bagi kesehatan anda. Anda bisa meminum sedikit demi sedikit hingga rasa kantuk anda hilang.

5. Minum Air Putih

Untuk anda yang tidak menyukai kopi atau minuman dengan soda, anda bisa memilih untuk meminum air putih. Meminum air putih bisa mengembalikan energi yang telah digunakan untuk melakukan aktivitas seharian. Dibandingkan dengan kopi dan soda, air putih bisa menjadi pilihan yang lebih sehat.

Minum air putih paling tidak delapan gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan air putih anda setiap hari. Jika memungkinkan, anda bisa meminum lebih dari itu untuk mengusir rasa kantuk yang kerap mengunjungi di hari anda.

6. Mandi atau Mencuci Muka

Cara menghilangkan kantuk yang paling umum adalah dengan mandi atau mencuci buka. Buat wajah anda menjadi lebih segar dengan mencuci muka agar anda bisa melihat dunia dengan tatapan yang lebih segar. Apabila memungkinkan, anda bisa mandi untuk mengembalikan seluruh kesegaran di tubuh anda.

Dua cara ini bisa dilakukan dengan cepat jika memang waktu yang anda miliki terbatas. Jika keduanya masih tidak memungkinkan, anda bisa memilih untuk sekadar mengelap muka dengan air untuk membangunkan anda secara cepat. Bila memungkinkan cuci wajah dengan sabun untuk efek membangunkan yang lebih efektif.

7. Sosialisasi atau Mengobrol dengan Orang Lain

Jika anda tidak sendirian, anda bisa memanfaatkan momen dengan sosialisasi atau mengobrol dengan orang lain di dekat anda. Berbagi informasi dengan orang lain bisa membangkitkan semangat anda dalam sekejap. Tinggalkan komputer anda sejenak dan pergilah sebentar untuk bercerita.

Dengan mengobrol, anda bisa mendapat informasi dan memberi informasi yang bisa membuat semangat anda kembali. Hal ini juga bisa menambah semangat orang lain, sehingga anda tidak hanya menghilangkan kantuk anda namun juga orang lain.

Bersosialisasi bisa menjadi cara untuk mempererat hubungan dan juga menghilangkan rasa kantuk yang kerap melanda di waktu yang tidak tepat. Akan tetapi, anda perlu memastikan untuk tidak bercerita secara berlebihan yang akan mengakibatkan anda kehilangan waktu untuk produktif.

8. Konsumsi Makanan Rendah Gula

Makanan bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan kantuk anda. Jika anda merasa bosan dan ngantuk akibat kegiatan yang monoton, anda bisa beralih untuk konsumsi makanan rendah gula untuk mengembalikan semangat anda. Kacang kacangan atau umbi umbian bisa menjadi pilihan yang baik.

Energi yang telah hilang bisa kembali setelah anda mengkonsumsi makanan yang rendah gula dan bergizi. Jika memungkinkan, siapkan makanan ringan yang dekat dengan jangkauan anda sehingga setiap saat anda merasa ngantuk, anda bisa memakan makanan tersebut dan mengembalikan semangat beraktivitas milik anda.

9. Berjalan-jalan ke Luar Rumah

Kegiatan yang sama untuk waktu yang lama memang cenderung membuat anda merasa bosan hingga menyebabkan anda merasa ngantuk. Jika anda merasa lelah, anda bisa menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan ke luar rumah untuk sekejap menghilangkan rasa bosan dan menyegarkan kembali pikiran anda.

Jauhkan gadget dan juga kertas atau buku di sekitar anda. Beralihlah kepada alam. Jalan-jalan di alam bebas bisa kembali membuat semangat anda kembali. Jalan ke luar rumah sekitar lima belas menit bisa kembali mengaktifkan semangat anda untuk kembali bekerja atau menyelesaikan tugas sekolah anda.

10. Tidur Siang Sejenak

Cara yang paling dianjurkan bagi orang yang mengantuk adalah untuk tidur siang sejenak. Tidak semua orang bisa tidur dengan mudah, sehingga cara ini khusus hanya bagi anda yang memang bisa tidur dengan mudah, dan juga terbangun tanpa masalah.

Atur alarm dekat dengan tangan anda untuk memastikan anda tidak tertidur untuk terlalu lama. Pastikan alarm anda tidak terlalu jauh dengan jangkauan tangan karena tidur siang yang terlalu lama bisa mengakibatkan anda merasa sakit kepala dan justru merasa lebih sakit dari sebelumnya.

Apabila memungkinkan atur alarm untuk kurang lebih lima belas hingga tiga puluh menit untuk mendapatkan energi dari tidur yang efektif. Tidur untuk waktu yang lebih lama hanya akan mengakibatkan anda merasa lebih lelah dan tidak merasa segar. Hindari tidur terlalu lama agar anda merasa semangat lagi.

11. Menghirup Napas Panjang

Menghirup napas panjang bisa membuat dada anda lega dan kembali bersemangat. Cara ini bisa mengusir rasa kantuk yang mengganggu. Pejamkan mata sejenak dan tarik napas panjang. Anda bisa kembali merasa segar setelah aktivitas yang panjang dan melelahkan yang telah anda lalui selama seharian.

12. Mendengarkan Musik

18 Cara Menghilangkan Ngantuk

Hal paling seru yang bisa anda lakukan adalah dengan mendengarkan musik. Pilih playlist favorit anda dan pastikan anda memilih lagu yang upbeat untuk meningkatkan semangat anda. Hindari lagu ballad yang sedih karena anda akan merasa sedih dan merasa lebih mengantuk dari sebelumnya. 

Pada waktu yang bersamaan pastikan anda tidak mengalihkan fokus anda kepada musik tersebut. Tetap fokus kepada pekerjaan yang anda lakukan. Apabila anda merupakan orang yang memiliki kesulitan untuk fokus kepada dua hal dalam satu waktu, anda bisa memilih untuk mendengarkan musik tanpa lirik.

Musik instrumental bisa membangkitkan semangat anda tanpa membuat anda menyanyi bersama dengan lirik lagu yang anda dengarkan. Dengan mendengarkan musik instrumental anda bisa kembali bersemangat tanpa gangguan dari lirik lagu yang malah membuat anda fokus kepada hal lain.

13. Menggambar atau Menulis

Bila anda memiliki selembar kertas dan sebuah pensil atau pulpen, anda bisa memilih untuk mencurahkan perasaan anda ke kertas tersebut. Tulis atau gambarkan yang anda rasakan. Buat diri anda fokus  kepada kertas di depan anda, dan apabila memungkinkan habiskan sepuluh menit untuk hanya fokus kepada kertas di depan anda.

Membuat diri anda fokus kepada hal lain di saat anda merasa ngantuk bisa membuat anda kembali fokus kepada sebuah hal dari awal. Semangat awal yang anda rasakan ini bisa menghapuskan rasa kantuk yang sudah anda rasakan. Anda bisa kembali merasa senang untuk melanjutkan kegiatan anda.

14. Memakan Permen Karet

Mengunyah permen karet bisa menjadi opsi untuk mengembalikan semangat anda yang sudah hilang selama sehari sibuk melakukan sebuah kegiatan. Dengan mengunyah untuk waktu yang lama, rasa kantuk akan sirna dan anda akan kembali merasa senang kembali.

Anda bisa dengan sengaja menyiapkan permen karet rendah gula dekat dengan meja anda untuk mengembalikan semangat anda yang hilang karena merasa ngantuk. Hindari menyediakan permen karet yang terlalu banyak karena mengkonsumsi permen karet dalam jumlah yang banyak bisa mengakibatkan anda merasa sakit baik sakit gigi atau sakit perut.

15. Menghirup Minyak atau Aroma Terapi

Apabila anda menyukai aroma minyak, anda bisa menghirup minyak untuk menghilangkan rasa kantuk. Aroma terapi bisa menjadi pilihan bagi anda yang tidak menyukai aroma minyak yang menyengat. Anda bisa juga memilih untuk menyalakan lilin dengan aroma yang menenangkan. Selain bisa mengusir kantuk, cara ini juga bisa mengubah aura seluruh ruangan.

Untuk anda yang keberatan untuk menyalakan lilin, anda bisa memilih opsi yang lebih mudah dengan menyalakan diffuser. Alat ini bisa menyesuaikan udara di ruangan anda serta memberi aroma yang bisa mengembalikan semangat anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Alat ini bisa anda dapatkan dengan mudah di toko online maupun toko yang berada di kota anda. Dengan rentang harga yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan, anda bisa membeli sebuah diffuser yang sesuai dengan selera anda dan sesuai dengan dana yang anda miliki.

16. Menggunakan Mist Wajah

Mist wajah beraneka brand dengan jenis yang sangat beragam bisa menjadi obat untuk menghilangkan kantuk anda. Aroma yang menyegarkan dari mist wajah tidak hanya bisa untuk meningkatkan kesehatan kulit anda, mist bisa anda semprot ke wajah anda untuk mengusir rasa kantuk.

Dengan aroma yang harum dan fungsi yang bagus, anda bisa sekaligus meningkatkan kesehatan kulit anda dan menghindari rasa kantuk. Aplikasikan mist secara berkala setiap lima menit untuk merasakan kesegaran setiap saat. Anda juga bisa menyemprot lebih sering sesuai dengan rasa kantuk yang anda rasakan. 

Jika masih tidak berhasil, anda bisa mengganti jenis aroma dari mist yang anda gunakan. Pilih mist dengan aroma yang segar untuk membantu anda merasa kembali bersemangat untuk melanjutkan kegiatan yang sedang anda lakukan. 

17. Makan Tepat Waktu

18 Cara Menghilangkan Ngantuk

Rasa kantuk yang menyerang anda bisa saja disebabkan oleh waktu makan anda yang acak. Waktu makan yang tidak tepat bisa membuat anda merasa lapar dan justru merasa ngantuk. Pastikan anda memiliki waktu makan yang tepat dan selalu makan di waktu yang sama untuk meningkatkan kesegaran untuk beraktivitas.

Apabila anda tidak bisa makan tepat waktu akibat situasi yang sangat sibuk atau situasi lain yang tidak memungkinkan, anda bisa menyediakan camilan untuk keseharian anda. Camilan yang sehat bisa menjadi opsi yang baik untuk menghindari penyakit. Anda bisa menyiapkan buah atau sayuran untuk camilan selama anda melakukan aktivitas.

18. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Berjemur bisa menjadi suatu aktivitas yang bermanfaat bagi tubuh anda. Selain meningkatkan imunitas, rasa ngantuk yang sudah melanda juga pasti akan hilang. Sisakan waktu anda meski hanya sekadar sepuluh menit untuk berjemur di bawah sinar matahari. Dengan berjemur, anda bisa kembali merasa segar.

Pastikan anda berjemur di antara jam 7 hingga jam 9 pagi untuk memastikan bahwa sinar matahari tidak terlalu pagi atau terlalu terik yang bisa membuat anda mengantuk. Dengan memilih waktu yang tepat, anda bisa mengusir rasa kantuk sekaligus meningkatkan imunitas tubuh anda.

Anda bisa melakukan kegiatan ini di jam yang sama setiap harinya untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Apabila tidak memungkinkan, anda bisa memastikan ruangan anda mendapat sinar matahari yang cukup untuk menyinari ruangan anda.

Ruangan yang terang akan menghindarkan anda dari rasa kantuk yang selalu melanda terutama di siang hari saat anda sedang beraktivitas. Buka jendela ruangan anda untuk memudahkan pertukaran udara. Udara yang segar serta sinar matahari yang cukup bisa membuat tubuh anda merasa lebih segar.

Berikut tadi merupakan 18 cara yang bisa anda lakukan untuk mengusir kantuk. Pilih cara yang paling sesuai untuk menghilangkan rasa kantuk anda.

Obat Herbal Untuk Mengatasi Flu Pada Anak