10 Jenis Alat Musik Melodi

7 min read

10 Jenis Alat Musik Melodi

Musik merupakan sesuatu yang tidak bisa dilewatkan oleh banyak orang. Tiada hari tanpa musik. Banyak orang yang tidak pernah melewati hari tanpa mendengarkan paling tidak satu musik. Banyak sekali platform streaming yang memudahkan orang orang untuk mendengarkan musik. Berikut pengertian dan 10 jenis alat musik melodi yang biasa anda dengarkan.

Pengertian 

Alat musik melodi merupakan sebuah alat yang bisa digunakan untuk menghasilkan melodi dalam lagu. Nada dalam sebuah lagu bisa dibuat menggunakan alat ini. Berperan untuk membuat sebuah lagu yang baik dan enak didengar, alat musik memiliki berbagai jenis.

Ada tiga jenis alat musik yang bisa anda bedakan berdasar fungsi masing masing. Alat musik tersebut adalah alat musik ritmis, alat musik ritmis dan alat musik melodi. Ketiga alat ini berfungsi untuk menciptakan musik yang sempurna.

Untuk alat musik melodi, anda bisa membentuk nada atau irama notasi musik yang baik dengan alat alat tersebut. Tidak hanya dimainkan oleh satu orang, alat musik melodi bisa juga merupakan alat musik yang memang dimainkan oleh kelompok yang terdiri dari banyak orang yang memainkan alat musik secara bersamaan untuk menghasilkan nada yang indah.

Fungsi

10 Jenis Alat Musik Melodi

Setelah memahami pengertian dari alat musik melodis, anda bisa langsung memahami tentang fungsinya. Fungsi dari alat ini adalah untuk memberikan melodi utama pada sebuah lagu. Notasi do, re, mi, fa, sol, la, si do perlu dibuat oleh alat ini untuk menciptakan sebuah komposisi musik yang enak didengarkan. 

Umumnya notasi perlu dibuat oleh berbagai macam alat, sehingga anda tidak bisa membuat notasi sendirian dan memainkan kord secara solo. Perpaduan dari berbagai jenis alat musik dibutuhkan untuk memberikan harmoni yang baik bagi sebuah lagu. Tempo serta notasi perlu diperhatikan juga dalam hal ini. 

Alat musik tersebut di dalam sebuah komposisi musik berfungsi sebagai pengatur nada utama dalam kombinasi semua alat musik. Dengan peran yang besar, tidak jarang banyak orang mencari pemain yang benar benar handal untuk memastikan bahwa musik yang diciptakan akan enak didengarkan nantinya.

Contoh

 

Bila anda telah memahami mengenai pengertian dan fungsinya, anda bisa lanjut memahami contoh alat musik yang ada. Banyak sekali alat musik melodi di dunia ini. Untuk mengenal lebih dekat mengenai alat musik jenis ini, berikut 10 contoh alat musik untuk membuat nada yang bisa anda ketahui.

Piano

Piano merupakan alat yang paling populer untuk digunakan dalam membuat sebuah komposisi musik. Banyak musisi yang hanya menggunakan piano untuk menciptakan sebuah lagu yang enak didengarkan. Piano telah dikenal oleh banyak masyarakat. Segala macam musik bisa dibangun menggunakan sebuah piano.

Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa banyak musisi yang menggunakan piano sebagai alat utama yang mereka gunakan untuk membuat sebuah musik yang enak didengarkan. Berbagai genre bisa memiliki dasar suara piano yang baik. Sehingga banyak musisi memilih menggunakan piano untuk menciptakan kreasi lagu baru.

Piano merupakan alat musik yang hampir selalu digunakan dalam pembuatan sebuah karya musik. Eksistensi piano ini lah yang membuat banyak orang tertarik untuk melatih skill bermain piano mereka. Untuk membuat lagu yang enak didengar, piano bisa menjadi alat utama yang digunakan oleh pencipta lagu. 

Ada tiga jenis piano yang bisa anda ketahui. Jenis yang pertama bernama grand piano, lalu upright piano dan baby grand piano. Ketiga jenis piano ini bisa dimainkan dengan cara yang sama yaitu dengan menekan dengan jari jari tangan. Ketiganya bisa digunakan untuk mengiringi berbagai genre musik yang anda mainkan.

Gitar

10 Jenis Alat Musik Melodi

Alat musik modern yang satu ini banyak digunakan untuk mengiringi sebuah lagu. Banyak orang menggunakan alat ini dalam membawakan sebuah lagu. Gitar terdiri dari tiga bagian yang terdiri dari senar, lalu stang gitar, serta badan gitar. Gitar bisa dimainkan dengan cara dipetik.

Banyak musisi menggunakan gitar untuk membawakan versi akustik dari lagu asli yang mereka punya. Variasi ini bisa menarik pendengar karena mereka memperdengarkan lagu yang sama dengan nada yang berbeda. Gitar versi ini biasa dinamakan dengan gitar akustik.

Tak jarang banyak orang juga menggunakan gitar elektrik untuk jenis musik yang lebih modern. Band serta live band dari sebuah grup musik biasanya menggunakan pemain gitar elektrik untuk mengiringi live session yang mereka lakukan.

Dua buah gitar tersebut baik gitar akustik atau gitar elektrik memiliki fungsi sebagai instrumen melodi serta instrumen ritme. Fungsi ganda yang dimiliki gitar ini lah yang membuat gitar sebagai alat musik modern yang digunakan oleh banyak orang.

Gitar bisa dimainkan secara solo, dan musik yang dihasilkan pun tidak kalah dengan musik yang dihasilkan oleh banyak alat musik. Oleh karena itu, banyak orang memilih untuk mempelajari cara bermain gitar sedari mereka masih kecil.

Angklung

Alat musik tradisional yang dimiliki oleh negara kita, negara Indonesia ini merupakan kebanggaan bangsa yang sudah dikenal hingga ke mancanegara. Anda bisa memainkan angklung dengan cara menggoyangkan atau menggetarkan angklung. Dengan melakukan hal itu, nada dari angklung akan terdengar.

Angklung dimainkan secara berkelompok dan membutuhkan kerja sama tim yang baik. Karakter suara di tiap angklung berbeda. Setiap angklung yang dimainkan oleh satu orang hanya menghasilkan satu notasi saja. Contohnya sebuah angklung bisa menghasilkan notasi sol, fa mi dan angklung lainnya bisa menghasilkan notasi do, re, mi.

Yang membedakan notasi dari angklung adalah ukuran dari angklung tersebut. Tinggi rendah notasi dari sebuah angklung ditentukan dari ukuran angklung yang dimainkan. Hal ini yang membuat alat tradisional ini unik di mata banyak orang.

Angklung umum diajari oleh para pelajar di Indonesia. Banyak sekali komunitas traditional yang masih menggunakan angklung sebagai alat musik utama di dalam permainan musik mereka. Penggabungan alat musik tradisional dan modern juga membantu angklung tetap eksis di era ini.

Biola

10 Jenis Alat Musik Melodi

Biola dibagi menjadi beberapa jenis yaitu biola bass, lalu biola besar, biola menengah dan yang terakhir biola kecil. Ketiga jenis biola ini biasa digunakan oleh pemain sesuai dengan keahlian khusus yang mereka miliki. Biola dimainkan dengan cara digesek.

Berbeda dengan gitar, biola hanya bisa menghasilkan nada G-D-A-E dengan empat buah senar. Untuk nada G merupakan nada terendah yang dibuat oleh alat ini. Biola memiliki bentuk yang lebih kecil dari gitar kecil, dan memiliki bentuk seperti gitar kecil. Perbedaan yang mencolok terletak pada bagian leher gitar yang tidak rata.

Tidak banyak orang yang bisa memainkan biola. Diperlukan teknik dan kemampuan yang dipelajari bertahun tahun untuk bisa memainkan biola dengan benar. Hal ini lah yang membuat biola menjadi instrumen dengan tingkat kesulitan yang rumit.

Pianika

Alat musik ini mungkin familiar bagi anda. Semenjak anda berada di bangku sd atau smp, mungkin guru seni anda sudah menyuruh anda untuk membawa alat ini ke sekolah. Pianika dimainkan dengan cara yang mirip dengan memainkan piano. Dengan menekan jari jari tangan, anda bisa menghasilkan suara yang berbeda dengan piano.

Hasil suara yang dihasilkan oleh pianika cenderung terdengar lebih cempreng jika dibandingkan dengan suara yang dihasilkan oleh piano. Untuk memainkan sebuah pianika, anda perlu menekan tuts dar meniup secara bersamaan agar menghasilkan nada yang enak didengar.

Alat ini memiliki bilah tuts seluas tiga oktaf yang bisa digunakan sebagai alat perkenalan terhadap seni musik untuk para siswa. Pianika memiliki fungsi untuk membuat melodi, kontra melodi serta ritme dalam sebuah komposisi notasi musik.

Pianika biasa digunakan untuk praktik anak SD karena cara memainkan pianika cenderung mudah dan bisa dipelajari dalam waktu yang singkat. Hal inilah yang menjadikan banyak guru seni memilih untuk menggunakan pianika dalam mata pelajaran yang mereka ampu.

Harmonika

Harmonika identik dengan musik dengan genre country atau blues. Alat musik melodi yang satu ini memiliki asal dari China. Alat musik tradisional China ini dikenal sejak lima ribu tahun yang lalu. Kekaisaran Nyu-Kwa lah yang memulai penggunaan alat musik ini.

Alat musik harmonika yang digunakan oleh masyarakat modern merupakan alat musik yang dibuat oleh Christian Friedrirch Buschmann. Harmonika yang lebih modern diciptakan pada 1821, dan masih banyak digunakan hingga sekarang.

Anda bisa meniup dan menghisap alat ini untuk memainkan melodinya. Terlihat mudah, namun latihan intensif dalam waktu yang lama dibutuhkan untuk benar benar menguasai penggunaan alat musik ini. Alat musik kecil dengan suara yang impresif ini banyak menjadi pilihan musisi untuk membuat nada atau melodi.

Sasando

Sasando juga merupakan alat musik tradisional asal Indonesia yang banyak digunakan untuk menciptakan melodi. Alat ini tepatnya berasal dari Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur. Alat musik Sasando dimainkan dengan cara dipetik. Cara memainkan alat ini hampir sama dengan kecapi atau gitar.

Sasando terbuat dari bambu yang dibentuk seperti tabung panjang dengan bagian tengah yang diberikan ganjalan. Ganjalan ini melingkar dari atas ke bawah. Fungsi dari ganjalan tersebut adalah sebagai rumah bagi senar. Sasando banyak dimainkan saat upacara adat tradisional. Wadah dari Sasando berbentuk seperti anyaman daun lontar yang dibentuk seperti kipas.

Sasando terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Peningkatan kualitas diberikan untuk menyesuaikan pertunjukan musik yang diikuti tidak hanya sebagai pengiring acara tradisional. Bahkan, sudah terdapat Sasando Elektrik yang telah diubah sedemikian rupa untuk pertunjukan yang lebih modern.

Inovasi baru pun dibuat oleh pemain Sasando profesional yang bernama Natalino Mella Sasando. Alat ini bernama SaSando Bariton. Suara atau bunyi yang dihasilkan dari alat ini pun berbeda dengan Sasando yang sebelumnya. 

Bentuk yang lebih modern serta suara yang lebih banyak pilihannya membuat Sasando jenis ini populer. Memiliki 32 senar yang bisa dipindahkan, pemain bisa menggunakan 10 jari untuk memainkan alat musik ini. Jenis senar yang dimiliki pun berbeda sesuai dengan ketebalan dari alat musiknya. 

Akordion

10 Jenis Alat Musik Melodi

Akordion merupakan alat musik tradisional dari Jerman yang ditemukan di abad 19. Alat ini berbentuk kotak dengan instrumental musik yang bisa dimainkan. Pemain Akordion dinamakan Akordionis. Akordion memiliki ukuran yang lebih besar dari harmonika yang ditemui di Amerika.

Untuk memainkan Akordion, anda perlu memencet tombol atau kunci kunci untuk mengeluarkan suara dari alat tersebut. Udara harus bisa keluar mealui brass atau stell untuk menghasilkan suara dari dalam badan Akordion. Bagian yang berlawanan di tiap notasi digunakan untuk membuat Akordion mengeluarkan suara yang lebih keras.

Pengguna Akordion menyebar ke seluruh dunia karena proses imigrasi dari Eropa ke America pada zaman dahulu. Imigrasi ini menyebabkan banyak musik yang menggunakan Akordion sebagai dasar dari musik mereka. Genre musik yang biasa menggunakan alat ini sebagai instrumen umumnya merupakan genre dance pop dan musik folk.

Di Eropa atau pun Amerika Utara, beberapa musisi terkenal juga menggunakan alat musik ini. Akordion banyak digunakan dalam permainan solo atau orkestra untuk musik klasik. Pada zaman dahulu Akordion emiliki nama harmonika, namun berbagai variasi nama Akordion pada masa kini lebih umum di masyarakat.

Seruling

Seruling juga merupakan salah satu alat musik tradisional dari Indonesia. Berasal dari Jawa Barat, alat ini banyak dimainkan dalam acara musik tradisional. Bambu yang tipis dan panjang dimainkan dengan ditiup untuk menghasilkan notasi nada yang baik. 

Ada dua hal yang memengaruhi nada suling. Hal yang pertama adalah posisi jari pemain seruling. Hal yang kedua adalah kecepatan tiupan angin oleh pemain. Posisi jari dan juga kecepatan tiupan angin oleh pemain sangat bisa memengaruhi suara yang dihasilkan oleh seruling. Oleh karena itu, keahlian yang baik diperlukan agar suling bisa menghasilkan suara yang merdu. 

Kecepatan tiupan akan membuat nada yang dihasilkan berbeda. Pemain bisa melakukan modifikasi dari nada seruling dengan meniup sesuai yang mereka mau untuk menghasilkan nada yang diinginkan. Suling yang dimainkan di musik tradisional Bali pun ada jenisnya sendiri.

Suling jenis ini menjadi instrument penting dengan bentuk yang mirip dengan suling dari Jawa. Yang membedakan adalah bagaimana cara memainkan suling dari kedua tempat ini berbeda. Permainan suling di Bali fokus kepada cara mereka meniup suling. Teknik mereka penting untuk menciptakan musik yang dramatis untuk diiringi dengan gamelan.

Kecapi

Alat musik yang berasal dari Jawa Barat ini merupakan sebuah alat musik traditional yang dimainkan dengan cara dipetik. Bagian senar atau dawai dari kecapi perlu dipetik untuk menghasilkan nada yang nyaring. Dawai atau senar ini terletak di atas papan kayu.

Teknik yang baik diperlukan untuk menghasilkan suara atau nada yang baik. Teknik yang baik akan menghasilkan suara atau nada yang nyaring dan enak didengar. Bagi mereka yang belum mahir dalam memainkan alat musik kecapi, nada yang dihasilkan pada petikannya bisa terdengar canggung dan tidak enak didengar.

Kecapi dibedakan menjadi dua jenis. Dua jenis tersebut adalah kecapi indung dan kecapi rincik. Perbedaan dari dua jenis ini dibedakan dengan ukuran yang dimiliki kedua alat. Senar yang dimiliki pun bisa mulai dari 18 sampai 20 tergantung jenis yang anda gunakan.

Kecapi rincik memiliki ukuran yang kecil dengan jumlah senar sebanyak 15. alat ini biasa digunakan untuk mengiringi komposisi musik yang sudah terbentuk berbeda dengan kecapi indung yang bisa digunakan sebagai alat utama untuk membentuk sebuah komposisi musik.

  Daftar Game HP yang Harus Ada di HP Anda, Wajib Download Sekarang!